Demokrat Karanganyar Siapkan Pemimpin Daerah, Partai Politik Lainnya Tunggu dan Lihat - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Demokrat Karanganyar Siapkan Pemimpin Daerah, Partai Politik Lainnya Tunggu dan Lihat – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Harian JIBI/Jogja/Khusus)

Solopos.com, KARANGANYAR — Partai politik (parpol) peraih kursi di DPRD Kabupaten Karanganyar memilih: kita lihat saja pada konstelasi pemilihan bupati yang akan datang pada tahun 2024 (pilbup).

Mereka belum mengumumkan secara resmi siapa calon bupati yang akan dipilih. Hal ini berbeda dengan sikap Partai Demokrat Karangangar yang secara terbuka akan mengangkat Rinto Subekti sebagai Bupati Karangangar.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, mengatakan terlalu dini untuk memikirkan pilbup. Menurut dia, agenda politik yang paling dekat adalah persiapan partai-partai dalam agenda pemilihan presiden dan parlemen (pileg) di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat.

“Pemilu ini masih November 2024. Kita juga belum tahu seperti apa hasil pemilihan anggota parlemen (Pileg). Jadi kita belum ke sana untuk pilbup,” katanya dalam sebuah wawancara Solopos.comSenin (19/9/2022).

Baca Juga: Rinto Subekti Siap Bangkit dari Partai Demokrat Jadi Bupati Karanganyar

Dalam pemilihan parlemen terakhir, Golkar memenangkan 12 kursi di DPRD Karanganyar. Pada 2024, Ilyas menargetkan untuk memenangkan lebih banyak kursi dengan partai politiknya. Setelah mengetahui berapa kursi yang diraih di DPRD, pihaknya hanya akan membahas kepala daerah. Perolehan kursi juga menentukan perlu atau tidaknya mereka membentuk koalisi untuk mengusung CACUP.

“Peta konstelasi dan dinamika politik bisa berubah, termasuk koalisi. Nanti kita hitung ulang setelah melihat hasil pilkada nanti,” ujarnya.

Ilyas tidak mempersoalkan sikap partai lain yang sudah mengajukan calon bupati. Termasuk sikap Partai Demokrat Karanganyar yang telah membesarkan nama Rinto Subekti sebagai bupati. “Adalah sah bagi seseorang untuk dicalonkan,” katanya.

Ilyas mengatakan Golkar terus menjaga komunikasi yang baik dengan semua pihak. Pertemuan dengan partai politik terus dilakukan.

Baca juga: Satpol PP Salin Poster Bergambar Ketua Partai Golkar Sragen Bayu

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo juga mempertanyakan manuver sejumlah parpol untuk mencari dukungan, termasuk mengusulkan nama kepala daerah. “Lanjutkan. Dan itu sah-sah saja. Itu taktik untuk mendorong perolehan suara di kursi DPR sebagai prasyarat pencalonan calon Bupati pada 2024,” katanya.

Partai yang mengusung lambang banteng putih yang diberangus itu memilih fokus pada pemilihan umum terlebih dahulu. Siapapun yang dipromosikan dalam pemilihan bupati mendatang, partainya menunggu rekomendasi DPP PDIP. “Kita akan langsung ke pesta,” katanya.

Ketua DPD PAN Karanganyar Sutoyo menyambut baik langkah Rinto Subekti yang secara terbuka menyatakan kesediaannya mencalonkan diri sebagai calon Bupati. Anda telah merespons secara positif. Dengan banyaknya calon dalam Pilbup mendatang, masyarakat akan memiliki banyak pilihan.

Baca Juga: PDIP Lihat Kursi Bupati Karanganyar di Pilkada 2024

“Saat ini PAN Karanganyar belum memikirkan calon bupati atau dengan partai mana dia akan berkoalisi,” katanya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button