Delapan Spot Sunrise Keren dan Menakjubkan di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Delapan Spot Sunrise Keren dan Menakjubkan di Yogyakarta

BacaJogja – Matahari yang muncul pertama kali di pagi hari merupakan pemandangan yang indah. Tak heran, saat matahari terbit menjadi hiburan tersendiri bagi para pemburu sunrise. Pemburu matahari terbit rela bepergian ke mana saja untuk menemukan momen itu.

Ada banyak spot sunrise yang menarik dan indah di Yogyakarta. Sangat keren untuk diabadikan. Banyak orang menyebutnya golden sunrise karena matahari terbit memancarkan warna keemasan yang indah.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Bumi Menoreh Kulon Progo

Berikut delapan spot sunrise keren di Yogyakarta yang dirangkum visitjogja:

1. Bukit Cendana
Lokasinya di Tegiri 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Bukit Cendana Anda bisa menikmati dua momen sekaligus, yaitu sunrise dan sunset. Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat menawan, dengan disediakannya gardu pandang sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sejuk, hamparan hijau dan hamparan Waduk Sermo terlihat jelas dan menarik dari atas Bukit Cendana.

Lokasinya berjarak 38 kilometer dari Tugu Yogyakarta. Dapat dicapai dengan mobil sekitar 1 jam 18 menit. Tarif masuk ke lokasi Rp 5.000 dan parkir sepeda motor Rp 2.000.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta Paling Banyak Dicari Versi Google

2. Gunung Ireng
Gunung Ireng terletak di Ngrancahan, Pengkok, Kapanewin Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung ini terdiri dari bebatuan hitam yang dikelilingi oleh beberapa pohon. Bebatuan di situs ini mirip dengan yang ada di Bukit Nglanggeran.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat suasana di kawasan Gunung Ireng sejuk dan dingin, dijamin bikin betah saat menikmati sunrise.

Lokasinya berjarak 25,6 km dari Tugu Yogyakarta. Untuk sampai ke sana Anda membutuhkan 1 jam perjalanan. Biaya masuk ke Gunung Ireng hanya Rp 5.000.

3. Bukit Panguk
Situs ini terletak di Kediwung, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang berjarak 28 kilometer dan memakan waktu 1 jam 2 menit dari Tugu Yogyakarta.

Tempat ini disarankan untuk dikunjungi sebelum matahari terbit, karena sajian alam di pagi hari sangat mempesona dan memanjakan mata, pikiran, dan hati. Lautan awan di kaki Bukit Panguk dan matahari yang mengintip dari balik bukit menjadi poin utama pemandangan Bukit Panguk ini.

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Tiket masuk Bukit Panguk sangat murah yaitu Rp 3.000 dan parkir hanya Rp 2.000. Dengan kata lain, Rp 5.000 sudah bisa menikmati keindahan matahari terbit yang mempesona.

4. Pantai Sundak
Pantai ini terletak di Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 67 km atau 1 jam 53 menit.

Pantai Sundak merupakan tempat pemandian yang menarik dan menakjubkan karena hamparan pasir putih di pantai ini cukup luas. Selain itu, tebing atau bebatuan menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke pantai ini. Kesan eksotik dan natural tercipta.

Di pantai ini Anda dapat melakukan banyak kegiatan seperti B. Sepak bola pantai, voli atau permainan kelompok sambil menikmati keindahan pantai.

Baca Juga: Sensasi Menjelajahi Hutan Wisata Mangrove Baros Bantul dengan Kano

5. Bukit Ngisi
Bukit Ngisis terletak di Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini disebut Bukit Ngisis, yang berarti “Ngisis” dalam bahasa Jawa, tempat di mana angin sepoi-sepoi ditemukan.

Bukit ini berada di titik nol Kebun Teh Nglinggo di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari atas bukit Anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Pada hari yang cerah Anda dapat melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.

Anda juga bisa menunggu sunrise dan sunset di puncak bukit ini. Sangat cocok untuk berwisata ke sini pada pagi hari sebelum matahari terbit. Masuk hanya Rp 5.000.

Baca Juga: Tujuh Tempat Wisata Hits di Yogyakarta Selain Malioboro

6. Gunung Merapi
Sering dijadikan titik kompas, gunung ini terlihat gagah dari sudut kota Yogyakarta. Berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, gunung ini memiliki salah satu spot sunrise terbaik di Yogyakarta.

Meski menjadi salah satu gunung api teraktif di Indonesia, keindahan alamnya selalu memikat dari puncaknya. Namun untuk saat ini pendakian masih ditutup karena status gunung tersebut masih waspada.

7. Pantai Krakal
Di Pantai Krakal, keindahan matahari terbit bisa dinikmati dengan sangat mempesona, berpadu dengan hamparan lautan lepas pantai. Bebatuan di tengah pantai menjadi pemandangan yang eksotik dan mempesona.

Disarankan untuk mengunjungi pantai ini dalam cuaca yang sangat cerah. Pesona sunrise dan sunset terlihat keren.

Pantai Krakal terletak di Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan jarak 65 km dengan waktu tempuh 1 jam 51 menit dari Tugu Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar Enam Besar Desa Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

8. Pantai Jungwok
Pantai Jungwok terletak di Pendowo, Kaluraan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 76 km atau 2 jam 19 menit dari pusat Kota Jogja.

Pantai ini memiliki keindahan matahari terbit yang sulit diungkapkan dengan kata-kata karena begitu indah. Berada di tepi pantai timur Yogyakarta, pantai ini masih sedikit dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai pantai ini dibutuhkan usaha yang cukup banyak karena dari tempat parkir menuju pantai harus berjalan kaki sejauh 1 km yang memiliki jalan berbatu yang cukup terjal.

Namun sesampainya di pantai ini, tentu terbayar sangat lelah yang kita jalani, apalagi menikmati pantai ini di pagi hari saat matahari terbit. Perpaduan antara panorama alam lautan dan langit dengan matahari terbit menjadi satu kesatuan yang padu. (mengunjungi Jogja)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button