Deburan ombak Pantai Dewa Ruci Purworejo, melepas penat di jalur Pansela - WisataHits
Yogyakarta

Deburan ombak Pantai Dewa Ruci Purworejo, melepas penat di jalur Pansela

Harianjogja.com, PURWOREJO—Bila berkunjung atau transit melalui Purworejo, Jawa Tengah, Pantai Dewaruci di Purworejo dapat menjadi tujuan pilihan bagi pengguna Jalur Pantai Selatan (Pansela) atau Jalur Lintas Selatan (JJLS) Jawa. Ombak di Pantai Dewaruci bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat.

Pantai Dewaruci adalah nama modern untuk Pantai Jatimalang. Pantai ini dipopulerkan dengan nama baru setelah dipasang ikon khusus berupa patung Dewa Ruci setinggi 6 meter yang merupakan mahakarya seniman Muntilan berdarah Bali bernama Nyoman Alif. Didirikan pada tahun 2018, patung tersebut dapat ditemukan di pantai.

BACA JUGA: Awalnya hanya selebar becak, JJLS kini menumbuhkan perekonomian kebumen

Sangat mudah untuk sampai ke Pantai Dewaruci. Lokasinya hanya 700 m dari JJLS. Di ruas JJLS kawasan Jatimalang, pengunjung bisa berbelok ke arah pantai. Dengan biaya masuk Rp 7.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati suasana pantai sepuasnya.

Selain patung Dewaruci, ada banyak objek wisata yang menjadikan pantai ini sebagai idola pariwisata Purworejo. Ciri pertama adalah deburan ombak yang menerpa pantai seolah-olah menggulung kepenatan jiwa dan memulihkan semangat hidup. Duduk dan menikmati suara deburan ombak adalah pilihan terbaik bagi anda yang membutuhkannya obat Pikiran.

Jika Anda suka bermain air, mengejar ombak bisa menjadi permainan yang menyenangkan. Ingatlah bahwa Anda tidak diperbolehkan berenang di pantai ini karena ombaknya langsung menyapu pasir pantai, yang berbahaya.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di pantai ini adalah wahana buatan seperti gubuk, kolam renang dan mengendarai sepeda motor ATV. Saung kecil cukup untuk sewa empat orang seharga Rp 15.000, pergi ke kolam renang anak-anak seharga Rp 10.000 dan naik ATV seharga Rp 50.000 hingga Rp 70.000.

Salah satu operator ATV, Purwito, mengumumkan bahwa wahana ATV bermunculan di Pantai Dewaruci karena semakin banyak wisatawan yang datang. “Dulu hanya wisatawan lokal, sekarang setelah JJLS dibangun banyak wisatawan dari luar daerah, berkelompok-kelompok,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Dikatakannya, pembangunan JJLS berdampak besar terhadap pariwisata di Dewaruci. Pantai juga berbenah dengan saling belajar dengan perusahaan pariwisata daerah lainnya untuk meningkatkan fasilitas dan daya tarik.

Stephanus Aan Isa Nugroho, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, mengatakan Pantai Dewaruci merupakan ikon pariwisata di Kabupaten Purworejo. “Kebetulan Pansela Line berada di wilayah pesisir. Jadi ada banyak desa wisata Purworejo di daerah pesisir. Ada satu desa yang menjadi ikon, yaitu Desa Jatimalang dan Pantai Dewaruci,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkot Jogja Dorong Koperasi Konvensional Beralih ke Koperasi Modern

Pelaporan ini merupakan bagian dari program Jelajah Pansela Trail: Membangun Perekonomian Pantai Selatan Jawa yang diadakan Jogja setiap hari bekerjasama dengan Pertamina Patra Niaga dan Bank BPD DIY.

Dalam program ini, Tim Jogja setiap hari Menelusuri dan merekam setiap segmen pantai selatan Jawa mulai dari Kebumen, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul hingga Wonogiri. Jelajah Pansela dimulai pada Selasa (19/7/2022) dan berakhir pada Jumat (22/7/2022) di Wonogiri.

Source: news.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button