Dear trekkers, ini tips menghindari nyasar saat kabut turun di Gunung Aayayam - WisataHits
Jawa Tengah

Dear trekkers, ini tips menghindari nyasar saat kabut turun di Gunung Aayayam

Dear trekkers, ini tips menghindari nyasar saat kabut turun di Gunung Aayayam

solo

Gunung Abayayam di Jawa Tengah di Kabupaten Purworejo adalah salah satu tujuan paling populer bagi para pendaki gunung. Namun, salah satu tantangan yang dihadapi pendaki adalah kondisi cuaca yang tidak aman.

Saat mendaki gunung, Anda tidak selalu menemui cuaca yang bersahabat. Pendaki sering dihadapkan pada cuaca ekstrem seperti hujan lebat atau kabut. Kondisi cuaca ekstrim ini seringkali membuat beberapa pendaki tersesat.

Hal serupa juga bisa terjadi di Gunung Abayayam. Untuk menghadapi cuaca ekstrem, berikut beberapa tips agar Anda tidak tersesat di Gunung Abayayam saat kabut turun.

Tips anti nyasar saat turun kabut di Gunung Abayayam

1. Kenali area pendakian dengan baik

Untuk memastikan keselamatan diri Anda saat mendaki, sebaiknya Anda mengetahui medan pendakian dengan baik sebelum memutuskan untuk mendaki Gunung Aayayam. Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengenal kawasan pendakian dengan baik adalah dengan mendalami karakter dari jalur pendakian Gunung Abayam itu sendiri.

Penelitian ini diperlukan untuk dapat mengantisipasi kejadian cuaca ekstrem saat mendaki gunung dan mengambil keputusan yang tepat. Yang terpenting, pendaki harus mencari banyak informasi tentang jalur aman untuk dilintasi dalam kondisi cuaca yang tidak aman.

2. Tetap tenang dan jangan panik

Sekalipun kondisi cuaca ekstrem atau kabut mulai turun, Anda tidak boleh dihadapkan pada kepanikan dan kekhawatiran yang tidak semestinya. Kepanikan dan kekhawatiran yang berlebihan justru bisa membuat berpikir menjadi sulit.

Sebaliknya, diskusikan dengan kelompok pendakian untuk menemukan jalan keluar yang aman. Jika Anda dibekali dengan pengetahuan yang baik tentang jalur pendakian, diskusi dengan kelompok dalam kondisi cuaca ekstrim bisa menjadi solusi yang tepat.

3. Gunakan bookmark

Kondisi cuaca yang tidak terduga dapat diatasi dengan menempatkan penanda pada titik-titik tertentu selama perjalanan. Penanda ini bisa berupa pita kecil berwarna terang, tali, atau benda lain yang berwarna terang alami.

Tanda ini bisa menjadi petunjuk yang bisa memandu pendaki saat menuruni gunung.

4. Jaga jarak aman dan jangan biarkan grup memisahkan Anda

Saat berkabut, sebaiknya jaga jarak aman dengan teman-teman di grup agar tidak tertinggal. Kondisi berkabut tentu akan membuat pandangan menjadi kurang jelas.

Solidaritas dan saling peduli sesama teman saat mendaki sangat penting saat memutuskan mendaki gunung.

5. Peka terhadap jalan setapak di sekitarnya

Kepekaan juga diperlukan dalam pendakian gunung, yang sangat berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak pasti dalam pendakian gunung, mulai dari cuaca ekstrim hingga kabut.

Saat mendaki gunung, perhatikan kondisi lingkungan, lebih perhatikan tanda-tanda atau hal-hal unik yang ada di Gunung Ayamayam. Hal ini berguna agar pendaki memiliki daya ingat yang tajam sehingga dapat mengingat jalur yang benar dan tidak tersesat.

Nah itulah kumpulan tips aman bagi para pendaki agar tidak tersesat di Gunung Abayayam saat kabut turun. Hati-hati Lur!

Simak video “Viral Penyelamatan Bocah Terjatuh ke Sumur Candi Borobudur, Begini Ceritanya”.
[Gambas:Video 20detik]
(saya/rih)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button