D'Bawon, Langkah Awal Menyambut Kemakmuran Desa Banyuurip - WisataHits
Jawa Timur

D’Bawon, Langkah Awal Menyambut Kemakmuran Desa Banyuurip

Sumber Karya Makmur, badan usaha milik Desa Banyuurip, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menggelar rangkaian acara pada 2-9 Oktober 2022 untuk memamerkan salah satu anak usahanya, D’Bawon.

Kegiatan yang dimaksud adalah lomba melukis yang berlangsung pada Minggu (10/2/2022) berupa doa dengan musik tabuh, festival Dolanan dan aerobik pada 7-9 Oktober 2022. Selain memperingati Maulid Nabi, ada juga pasar malam yang menawarkan berbagai jenis makanan kuno yang kini bisa dinikmati pengunjung.

Muhammad Nasrul Waton, Kepala Bumdes Sumber, Karya Makmur mengatakan: “D’Bawon adalah singkatan dari ‘Ditoto Bareng Mawon’ (hanya diselenggarakan bersama).

Menurut Nasrul, kegiatan ini telah direncanakan sejak Juni, bertujuan untuk menjadi langkah awal dalam menyongsong kemakmuran desa.

“Minggu lalu ada lomba melukis untuk anak PAUD di Banyuurip. Hari ini adalah Festival Dolanan. Besok ada senam aerobik buat ibu-ibu,” ujarnya saat ditemui Suarasurabaya.net pada Sabtu (10/8/2022) dini hari.

Serangkaian permainan tradisional, mulai dari damparan, bakiak panjang hingga sarung uncal, memeriahkan kegiatan hari ini yang diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai SD di Desa Banyuurip.

Sejak Desa Banyuurip memiliki sentra tanaman hias, beberapa sekolah biasa datang untuk wisata edukasi.

“Selanjutnya kami juga mempromosikan Lab Ekonomi Kreatif karena masih banyak kearifan lokal yang belum mendapat tempat,” imbuhnya.

Ia mengatakan kendalanya adalah menyelaraskan persepsi visi dan misi.

“Pada dasarnya D’Bawon ingin memberikan wadah kreativitas di desa dan secara tidak langsung memajukan perekonomian desa,” ujarnya.

Direktur Bumdes Sumber Karya Makmur juga mengatakan ke depan akan ada program mingguan dan bulanan sebagai wadah kreativitas dengan menyediakan panggung untuk digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat.

Dengan kegiatan ini, banyak anak-anak di desa yang merupakan generasi penerus berharap menemukan kegembiraan yang luar biasa sehingga dapat mengasah idenya untuk bangga menjadi Indonesia dari desa. (merah/makan)

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button