Dari traveling sebagai hobi hingga menjadi duta pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Dari traveling sebagai hobi hingga menjadi duta pariwisata

Dari hobi menjadi mata pencaharian. Kurang lebih begitulah Elliyana. Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini sukses menyabet runner-up 1 Duta Pariwisata Jawa Timur (Jatim) 2022. Hal ini dikarenakan hobi traveling yang sudah lama ia geluti. Ia kini menyandang gelar Duta Pariwista Jawa Timur selama satu tahun dari 2022 hingga 2023.

Elly, begitu ia akrab disapa, menjelaskan bahwa saat berwisata ia tidak hanya mencari suasana yang berbeda, tetapi juga untuk mengenal budaya baru. Kecintaannya pada budaya juga mengantarkannya untuk mengikuti kegiatan Duta Batik Sampang tahun 2019. Di sana Elly tidak hanya belajar membatik, tapi juga melestarikannya.

“Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata, antara lain 306 wisata alam dan 264 wisata buatan. Tidak hanya dalam hal pariwisata, budaya juga berbeda di setiap daerah. Mengingat potensi yang besar tersebut, maka perlu dilakukan pengenalan dan pengembangan pariwisata. Hal ini memotivasi saya untuk mengikuti pemilihan Duta Wisata Jatim,” ujarnya.

Elly mengaku perjalanan kompetitifnya cukup berat. Banyak hal yang harus dia korbankan. Salah satunya adalah proses pembelajaran. Beruntung, pihak kampus UMM sangat mendukung keputusannya untuk mengikuti kegiatan tersebut, sehingga mereka memberikan pengecualian kepadanya untuk kuliah.

“Proses kurasi dari 166 peserta menjadi 24 pasangan (putra dan putri) adalah hal yang sulit. Kita tidak hanya diharapkan berpenampilan baik, tetapi juga memiliki pengetahuan yang luas dan budi pekerti yang baik. Dalam kesempatan ini, saya juga menunjukkan bakat saya dalam menari tarian khas Madura yaitu tari Olle Ollang yang diajarkan oleh ayah saya,” tutur mahasiswi kelahiran Sampang ini.

Selain menjadi Duta Wisata Jatim 2022, Elly sebelumnya terpilih sebagai perwakilan daerah seperti

“Selain menyukai budaya, mengikuti kegiatan seperti ini memotivasi saya karena saya selalu mengikuti seleksi Putri Indonesia sejak kecil. Kedepannya saya akan berusaha untuk mengikuti event-event yang lebih besar seperti Raka-Raki Jatim dan Putri Indonesia,” ungkapnya. (*/abm)

Source: radarmalang.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button