Dari Kota Batu, ratusan pendaki bersiap menggelar upacara bendera di puncak Gunung Arjuno - WisataHits
Jawa Timur

Dari Kota Batu, ratusan pendaki bersiap menggelar upacara bendera di puncak Gunung Arjuno

Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 digelar di berbagai lokasi, salah satunya di puncak gunung. Di Mojokerto, ribuan pendaki gunung menggelar upacara di Gunung Arjuno.

SuaraMalang.id – Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini digelar di berbagai lokasi, salah satunya di puncak gunung. Di Mojokerto, ribuan pendaki menggelar upacara di puncak Gunung Penanggungan.

Sementara itu, di Malang, ratusan pendaki gunung menggelar upacara serupa di puncak Gunung Arjuno. Ratusan pendaki dikabarkan sedang bersiap untuk melakukan upacara tersebut.

Gunung Arjuno sendiri terletak di perbatasan antara Kota Batu dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan di Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 119 pendaki meninggalkan objek wisata Pemandian Air Panas Cangar di Kota Batu.

Mereka akan menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan di puncak gunung di ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut, yang berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden: Selamat Hari Kemerdekaan untuk Jokowi dan Rakyat Indonesia

“Ada 119 pendaki yang meninggalkan Sumber Brantas. Besok akan diadakan upacara di puncak Gunung Arjuno,” kata Kepala Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi, Selasa di Kota Batu.

Wahyudi menjelaskan, di antara para pendaki yang tergabung dalam Tim Ekspedisi 77 Jatim tersebut adalah anggota komunitas pecinta alam, relawan Tahura Raden Soerjo dan perwakilan dari Pramuka Saka Wanabakti.

Kemudian oleh staf Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dan Women Climbers. “Ada sekitar tujuh komponen yang mengikuti kegiatan ini,” katanya, dikutip dari Antara, Selasa (16/8/2022).

Tim ekspedisi Jatim 77 berangkat dari Sumber Brantas di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Selasa dan akan bermalam di Box Field, Gunung Arjuno.

“Semua keluar jalur melalui Sumber Brantas. Malam ini kita istirahat di box field dan besok jam 05:00 WIB kita akan menuju puncak,” kata Wahyudi.

Baca Juga: Memperingati Hoso Kyoku Bandung, Jejak Perjuangan Pemuda Menyebarkan Berita Kemerdekaan Melalui Radio

Para pendaki yang tergabung dalam Tim Ekspedisi 77 Jatim ini akan melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung pada keesokan harinya, 17 Agustus 2022.

Source: malang.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button