Danau Labuan Cermin, danau dua rasa yang unik di Kalimantan Timur - WisataHits
wisatahits

Danau Labuan Cermin, danau dua rasa yang unik di Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin menjadi tujuan rekreasi yang menarik ketika Anda di KalSayatimur tua. Sebuah danau unik yang memiliki dua rasa, segar di permukaan dan asin di dasar danau.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 07:00-17:00 WITA, Alamat: Biduk, Kec. Biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Tempat wisata air yang bisa Anda kunjungi tidak hanya sebatas pergi ke pantai saja. Seringkali orang bosan karena sudah beberapa kali ke sana. Anda harus mencoba suasana baru dengan berlibur ke danau yang ternyata tidak kalah serunya dengan bermain di pantai. Nikmati sejuknya air danau yang jernih serta keindahan lingkungan sekitar.

Salah satu danau yang menjadi rekomendasi khususnya di wilayah Kalimantan Timur adalah Danau Labuan Cermin yang memiliki warna air yang jernih. Objek wisata ini cukup diminati masyarakat. Sudah banyak wisatawan domestik dari luar daerah hingga wisatawan asing yang datang ke objek wisata air yang unik ini.

Terkadang cara terbaik untuk menghilangkan penat adalah dengan berlibur sambil menghirup udara segar. Jadwal padat kegiatan sehari-hari tentu membuat Anda tidak nyaman. Oleh karena itu, disarankan untuk pergi ke Danau Labuan Cermin dengan pemandangan alam yang indah yang dapat memanjakan mata Anda. Namun, sebelum ke sana, akan lebih baik jika Anda mengecek informasi wisata terlebih dahulu.

Asal Usul Nama Danau Labuan Cermin

Asal Usul Danau Labuan CerminKredit gambar: Google Maps Triono T

Danau ini disebut Labuan Cermin bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah karena danau ini terletak di sebuah desa bernama Labuan Kelambu, sehingga penduduk setempat berinisiatif untuk menamakannya. Sedangkan asal muasal cermin didasarkan pada jernihnya air danau yang dengan sangat jelas memantulkan bayangan luar seolah-olah berada di dalam cermin.

Saking jernihnya, Anda bisa melihat dengan jelas ke dalam air yang mengandung biota danau. Dari ikan kecil, terumbu karang, lumut, dll. Apalagi jika matahari bersinar terik, isi telaganya dijamin terlihat transparan. Pantulan sinar matahari juga membuat air danau berkilauan seperti cermin.

Objek wisata danau Labuan Cermin

Objek Wisata Danau Labuan CerminKredit gambar: Facebook Jalan2.com

Berbeda dengan danau lain yang tergolong air asin atau air tawar. Danau Labuan Cermin memiliki dua rasa yang berbeda dan inilah ciri utamanya. Kedua rasa tersebut terdiri dari kombinasi air tawar dan air asin. Di bagian bawah permukaan air, rasanya asin sedangkan permukaan atas terasa asin.

Hasil perpaduan dua rasa ini menciptakan keunikan baru. Anda tahu sendiri bahwa ikan hidup di berbagai jenis air. Misalnya ada ikan yang hidup di air tawar dan air asin. Keduanya tidak dapat hidup dalam tipe lingkungan yang sama. Karena itu, keberadaan ikan di danau cantik ini terbagi menjadi sisi atas dan sisi bawah.

Klasifikasi ikan ini dapat digunakan sebagai pelajaran tentang jenis ikan air tawar dan air asin. Jika ikan berenang di daerah di atas permukaan, maka dapat dipastikan ikan tersebut tergolong ikan air tawar. Sebaliknya, jika ikan berenang di daerah danau yang dalam, dianggap asin.

Saat Anda berada di Danau Labuan Cermin, selain menikmati keindahan danau, Anda juga bisa melihat pepohonan tropis yang tumbuh subur di sekitar danau ini. Pulau Kalimantan memang merupakan daerah yang memiliki sebaran hutan hujan tropis yang luas, yang menjadikan danau ini jauh lebih menarik dan mengesankan.

Perpaduan pepohonan tropis hijau yang menjulang tinggi dan pantulan di permukaan air Danau Tosca yang hijau meninggalkan kesan wah yang sangat mempesona. Selain itu, jika dibantu oleh sinar matahari, membuat air menjadi lebih jernih dan memiliki nilai estetika yang tinggi saat difoto.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Labuan Cermin

Aktivitas di Danau Labuan CerminKredit gambar: Twitter backpacker indonesia

Jangan mengira kunjungan Anda ke Danau Labuan Cermin hanya untuk menikmati keindahan airnya saja. Padahal, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, berenang, hingga menyewa perahu. Dijamin setelah datang kesini kamu akan sibuk melakukan semuanya karena seru.

Meski airnya terlihat dangkal dari luar, namun kedalaman danau ini sekitar 4 hingga 5 meter. Jadi bagi anda yang kurang percaya diri dengan kemampuan renang anda, disarankan untuk tidak melompat. Namun, jika Anda hobi berenang, jangan ragu untuk berendam di danau yang sangat indah ini.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya mengenai jernihnya air danau, sayang sekali jika Anda melewatkan salah satu olahraga air selain berenang yaitu snorkeling. Di setiap kawasan wisata bahari, snorkeling adalah suatu keharusan. Untuk perlengkapannya sendiri, Anda bisa membawanya dari rumah atau menyewanya di toko perangkat keras.

Anda bisa menyelam di kedalaman air sekitar 1-3 meter dengan memakai masker snorkel dan alat bantu kaki lainnya seperti kaki katak untuk membantu pergerakan. Saat menyelam, semua biota di danau terlihat jelas oleh mata sehingga Anda mendapatkan pengalaman snorkeling terbaik.

Nah, kegiatan yang paling umum dilakukan wisatawan adalah menyewa perahu dan berkeliling danau. Meski terkesan tidak berbahaya, aktivitas ini banyak diminati oleh sebagian besar pengunjung. Karena Anda hanya dapat melihat pemandangan bawah laut yang terpantul dengan jelas dari dalam.

Harga Tiket Masuk Danau Labuan Cermin

Harga Tiket Danau Labuan CerminKredit Gambar: Google Maps M Syahnur

Kelebihan tempat wisata ini adalah tidak menarik sepeser pun untuk masuk. Wisatawan dapat masuk dan keluar tanpa memasukkan tangan ke saku dompet. Namun, untuk sampai ke lokasi Danau Labuan Cermin, Anda harus terlebih dahulu menuju dermaga kemudian naik perahu untuk mengantar Anda ke tempat tujuan.

Di dermaga Anda harus membayar uang untuk menyewa perahu. Biasanya untuk pulang pergi biayanya sekitar 100.000 rupee. Nominalnya tidak terlalu mahal jika Anda tiba di danau dan menikmati pesonanya yang luar biasa. Selama perjalanan menuju lokasi danau, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang tiada tara.

Jalan Menuju Danau Labuan Cermin

Jalan Danau Labuan CerminKredit gambar: Google Maps Mira Arisanti

Pertama-tama, bagi wisatawan yang berada di luar wilayah Kalimantan Timur perlu membeli tiket pesawat untuk melakukan perjalanan ke Tanjung Redeb. Tanjung Redeb merupakan salah satu bandara yang terletak tidak jauh dari Danau Labuan Cermin. Salah satu pemberhentian yang akan Anda tuju adalah Balikpapan.

Kemudian mulai dari bandara Tanjung Redeb, jalan selanjutnya yang harus ditempuh adalah menuju desa Biduk Biduk. Transportasi yang biasa digunakan adalah travel dan memakan waktu lama, sekitar 6-8 jam untuk sampai. Jika lelah selama perjalanan, sesampainya di Biduk, Anda bisa menginap di hostel.

Setelah Anda tiba di Biduk dan ingin segera melanjutkan perjalanan, Desa Labuan Kelambu adalah tempat yang harus Anda tuju. Namun, untuk mencapai lokasi Danau Labuan Cermin, Anda harus melalui dermaga, sehingga Anda perlu menyewa perahu yang bisa mengantar Anda ke destinasi wisata air ini. Perjalanan membutuhkan perjuangan, tetapi itu akan segera terbayar.

Spot foto keren di Danau Labuan Cermin

Titik foto danau Labuan CerminKredit Gambar: Google Maps M Syahnur

Hal yang perlu kamu bawa saat akan berlibur ke Danau Labuan Cermin adalah kamera. Pesona alamnya yang indah tidak akan pernah berhenti memukau Anda. Untuk itu, pastikan untuk berfoto di semua sudut danau agar bisa kembali lagi nanti sebagai oleh-oleh.

Sesi foto dengan latar belakang danau ini sangat estetis. Apalagi jika Anda naik perahu dan berfoto, hasilnya akan membuat perahu Anda terlihat seperti melayang di udara. Bahkan jika itu karena air danau yang sangat jernih sehingga dapat menciptakan ilusi seperti itu. Sampai banyak yang bilang itu foto retouched padahal asli.

Danau Tosca yang berwarna biru dengan kombinasi pepohonan yang menjulang tinggi sangat strategis sebagai spot foto. Tak jarang seorang fotografer datang ke tempat ini untuk mengabadikan sudut danau yang terbilang keren dan bergaya. Bahkan jika kamera diarahkan ke atas permukaan laut, bagian bawahnya juga difoto dengan jelas.

Fasilitas yang tersedia di Danau Labuan Cermin

Fasilitas di Danau Labuan CerminKredit Gambar: Instagram Fijay

Tidak mungkin suatu tempat wisata tidak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan wisatawan jika mereka selalu lupa untuk membawanya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di danau ini adalah snorkeling. Akan lebih baik jika Anda membawa peralatan sendiri dari rumah. Namun, bagaimana jika Anda lupa atau tidak memilikinya?

Alternatif solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa alat snorkeling dari tempat yang sudah ada di sekitar danau. Bahkan jika Anda harus membayar ekstra, hasilnya sepadan. Kemudian, jika sudah terlambat untuk pulang, Anda bisa pergi ke penginapan yang tidak jauh dari lokasi danau, termasuk menumpang ke warga yang baik hati.

Nah, berikut ini beberapa aneka barang menarik dari Danau Labuan Cermin yang sering disebut sebagai Danau Dua Rasa Kalimantan Timur. Dengan membaca referensi di atas, Anda setidaknya memiliki sedikit dan tahu apa yang bisa dilakukan di sana. Pergi bersama keluarga dan teman di akhir pekan. Terhubung satu sama lain dengan memiliki pengalaman hangat di danau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button