Dalam 12 hari beroperasi, kereta wisata tersebut mengangkut 1.613 penumpang – Jawa Tengah Hari Ini - WisataHits
Jawa Timur

Dalam 12 hari beroperasi, kereta wisata tersebut mengangkut 1.613 penumpang – Jawa Tengah Hari Ini

Dalam 12 hari beroperasi, kereta wisata tersebut mengangkut 1.613 penumpang – Jawa Tengah Hari Ini

JAKARTA (jatengtoday.com) – Kereta wisata yang beroperasi sejak 24 Desember 2022 ini mendapat respon positif dari masyarakat. Tingkat hunian terbaru PT Kereta Api Indonesia (KAI) rata-rata 85% per hari.

Joni Martinus, VP Public Relations KAI, mengatakan PT KAI melayani 1.613 pelanggan kereta wisata selama 12 hari beroperasi, yakni sejak 24 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Pada waktu itu awal yang lembut Selain itu, KA Panorama dengan Tambahan KA Taksaka Gambir – Yogyakarta hal.

Pada hari pertama beroperasinya KA Panorama, utilisasi kapasitasnya sekitar 70%. Sejak 28 Desember, utilisasi kemudian meningkat menjadi rata-rata 95% per hari.

Hari perjalanan dengan volume KA panoramik tertinggi adalah 29 Desember 2022. Pada hari ini, KAI melayani total 161 pelanggan KA Panoramik dalam 4 kali perjalanan KA dengan okupansi rata-rata 100%.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang menggunakan KA panorama sebagai pilihan transportasi. Melihat pemandangan alam yang indah melalui jendela kereta api panorama yang sangat besar menjadi salah satu nilai tambah perjalanan dengan kereta api panorama ini,” kata Joni, Kamis (1 Mei 2023).

penikmat panorama

Kereta api panorama merupakan kereta api dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama sepanjang perjalanan. Pelanggan tidak perlu ragu untuk naik kereta wisata karena kaca kereta panorama dirancang khusus untuk menahan pecahan dan panas.

Di kereta panorama. (Foto: dokumentasi pt kai)

Panoramic Train Glass menggunakan tipe duplex yang dikeraskan. Jika kaca terkena benda asing maka penumpang di dalamnya tidak akan terancam karena kaca tidak mudah berlubang. Saat kaca berada di bawah banyak tekanan, kaca itu hanya retak agar aman bagi penumpang.

Kaca jenis ini juga dapat menahan sedikit panas dari luar, sehingga penumpang tidak merasa silau dan panas. Kereta juga didukung oleh sistem pendingin udara dengan kapasitas khusus untuk pengaturan suhu yang optimal.

Saat ini pengelolaan KA panorama dilakukan oleh anak usaha KAI, yaitu KAI Wisata. Kedepannya, informasi terbaru pengoperasian KA wisata setelah periode Nataru dapat diikuti melalui media sosial KAI Wisata di Instagram, Tiktok, dan YouTube.

“KAI Group akan terus mengevaluasi berbagai layanan KA panorama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pelanggan,” tutup Joni.

Per 5 Januari 2023, total penjualan tiket KA jarak jauh periode angkutan Nataru (22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023) berjumlah 2 juta tiket atau sekitar 87% dari kapasitas yang telah KAI sediakan sebanyak 2,4 juta kursi.

Sedangkan selama 14 hari periode Nataru, yakni sejak 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, KAI melayani 1.845.438 pelanggan KA jarak jauh dengan rata-rata tingkat okupansi 99%.

Hubungan favorit di Nataru adalah Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Purwokerto pp, Bandung – Surabaya pp, Yogyakarta – Surabaya pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp dan lain-lain. Tanggal keberangkatan terpopuler untuk perjalanan pulang pergi adalah 23 Desember 2022, dan 1 Januari 2023 untuk perjalanan pulang pergi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button