Daftar Makam Pahlawan di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Daftar Makam Pahlawan di Jawa Barat

bandung

Saat ini terdapat 10 Taman Makam Pahlawan (TMP) di Provinsi Jawa Barat (Jabar). 10 TMP ini berada di 10 wilayah.

TMP merupakan tempat peristirahatan khusus para pahlawan, tokoh-tokoh yang berjasa dalam perjuangan bangsa Indonesia baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan. Dari 10 TMP, hanya satu TMP yang berkategori nasional, yaitu TMP Cikutra Kota Bandung.

Pengaturan standar pengelolaan VMP tertuang dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 23 Tahun 2014, khusus VMP nasional. Berikut daftar TMP di Jawa Barat:

1. TMP Cakrabuana

TMP Cakrabuana terletak di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Menurut Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, hanya 43 pahlawan yang dipindahkan ke TMP Cakrabuana pada 2019.

Pemerintah Kabupaten Cirebon mencatat total 159 pahlawan di Kabupaten Cirebon. Pemerintah kabupaten saat ini masih melakukan pendataan untuk pemindahan pahlawan tersebut.

Lokasi TMP Cakrabuana berada di Desa Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya.

2. TMP Kesenden

TMP Kesenden terletak di Desa Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. TMP ini menjadi tempat upacara pada setiap Hari Kemerdekaan dan Hari Pahlawan. Sekitar 500 pahlawan dimakamkan di TMP.

Salah satu pahlawan terkenal yang dimakamkan di TMP Kesenden adalah Kapten Samadikun. Pahlawan militer dari Cirebon. Kapten Samadikun adalah anggota Angkatan Laut Indonesia. Dia meninggal melawan Belanda pada tahun 1947.

3. TMP Dreded

Makam Pahlawan Keruk (TMP) terletak di Jalan Pahlawan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Konon nama Dreded berasal dari suara pistol. Versi lain berasal dari suara yang dibuat ketika orang diseret.

Kompleks TMP Dreded kurang lebih seluas tiga hektar. Tahun lalu tugu peringatan itu direnovasi oleh TMP Dreded. Kini tugu TMP Dreded menampilkan ornamen pahlawan nasional Jenderal Sudirman, serta pahlawan dari Bogor, Kapten Muslihat dan Mayor Oking.

4. TMPN Cikutra

TMPN Cikutra terletak di Kecamatan Cibeunying, Kota Bandung. TMP Cikutra dibangun pada tahun 1958. Ikon kuburan ini adalah dua monumen tinggi. Selain tugu yang menjulang tinggi, makam ini juga berisi tugu peringatan yang mencantumkan nama-nama pahlawan yang dimakamkan. Mayoritas berasal dari militer. Monumen One Lost Dua Terbilang juga didirikan.

TMPCitra merupakan salah satu tempat wisata religi dan sejarah. Cukup banyak pahlawan terkenal yang dimakamkan di Cikutra, seperti Douwes Dekker atau Setiabudi Danudirdja. Kemudian Moestopo dikenal sebagai tokoh pendidikan. Dan Moh Yogie SMet, mantan Pangdam III/Siliwangi yang juga Gubernur Provinsi Jawa Barat ke-11 dan Menteri Dalam Negeri.

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button