Daftar kota terdingin di Indonesia termasuk Lembang dan Ciwidey - WisataHits
Jawa Tengah

Daftar kota terdingin di Indonesia termasuk Lembang dan Ciwidey

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA – Beberapa daerah di Indonesia mengalami suhu yang cukup dingin. Bahkan, suhu di kota ini bisa mencapai 10 hingga 18 derajat Celcius.

Padahal, Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis karena dilintasi garis khatulistiwa. Meski demikian, kawasan ini mampu menarik wisatawan.

Sementara itu, dinginnya udara di kota ini bukan tanpa alasan. Pasalnya tempat-tempat tersebut berada di dataran tinggi.

Di sisi lain, kota ini juga ditumbuhi vegetasi. Udara yang dingin membuat kota ini menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan tempat berlibur.

Berikut daftar kota terdingin di Indonesia, seperti dikutip dari Skyscanner, Senin (29/8/2022).

1. Batu, Jawa Timur

Hanya kurang dari 30 menit dari Malang, kota Batu menawarkan banyak atraksi alam dan buatan yang mempesona. Kota kecil yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga. Karena kota Batu memiliki cuaca yang sejuk dan banyak tempat wisata edukasi untuk anak-anak. Untuk wisata alam, Batu menawarkan pemandian air panas di Cangar, Air Terjun Coban Rondo dan Coban Sewu, olahraga paralayang dan outbond, taman bermain seperti Jatim Park, Museum Satwa dan juga Batu Secret Zoo.

2. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Lembang yang tidak jauh dari pusat kota Bandung juga menjadi tempat wisata yang populer bagi wisatawan akhir pekan, terutama yang berasal dari Jakarta. Tidak hanya terkenal dengan perkebunan strawberry dan Gunung Tangkuban Perahu, Lembang juga merupakan rumah bagi observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha. Berada di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang juga memiliki air terjun yang masih sangat alami, yaitu Maribaya.

3. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Hanya 44 km dari pusat kota Bandung, Ciwidey adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Barat. Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, Ciwidey terkenal dengan pemandian air panas Kawah Putih dan Cimanggu dan Walini. Selain itu, Ciwidey juga memiliki perkebunan teh yang sangat luas yaitu Rancabali.

4. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo adalah kota terdingin di Jawa Tengah. Kota ini memiliki suhu hingga 18 derajat Celcius pada siang hari dan 13 derajat Celcius pada malam hari. Wonosobo juga terkenal dengan tanahnya yang subur. Sedangkan untuk alam, Wonosobo memiliki pemandangan alam yang eksotis dan merupakan salah satu jalur pendakian ke beberapa gunung terkenal di Indonesia, seperti Gunung Prau dan Dieng.

5. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah

Baturraden terletak di daerah pegunungan di selatan Gunung Slamet dan berada pada ketinggian 980 meter di atas permukaan laut. Posisi ini membuat Baturraden sejuk di siang hari dan dingin di malam hari. Meskipun kota kecil, Baturraden memiliki wisata alam yang menarik seperti air terjun Pitu dan Pancuran Telu, tempat berkemah dan kompleks wisata edukasi yang menampung banyak satwa dari seluruh dunia, yaitu Kaloka Widya Mandala.

6. Gayo Lues, Aceh

Gayo Sebuah kabupaten terpencil di Aceh, Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Gayo memiliki daya tarik yang luar biasa seperti jalur pendakian ke Gunung Leuser dan sumber air panas di Puri Betung. Selain itu, kabupaten ini merupakan penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Tentu saja, Gayo Lues adalah penghasil Kopi Gayo paling terkenal di dunia.

7. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, Ruteng memiliki udara yang cukup dingin. Ruteng juga istimewa karena memiliki pemandangan seperti Praha dengan bangunan bergaya Eropa. Selain itu, Ruteng memiliki persawahan yang masih luas dan hijau serta pemandangan pegunungan yang indah. Ruteng juga memiliki gua tempat ditemukannya sisa-sisa manusia purba Homo floresenesis, yaitu Gua Liang Bua. Sedangkan bagi Anda yang menyukai wisata sejarah bisa mengunjungi kampung adat Compang Ruteng yang memiliki rumah adat seperti Honai di Papua.

8. Padang Panjang, Padang Sumatera Barat

Padang Panjang berada pada ketinggian 650 hingga 950 meter di atas permukaan laut dan memiliki udara yang cukup dingin. Tiga gunung mengelilingi Padang Panjang yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat. Tak heran jika Padang Panjang memiliki cuaca yang sejuk. Di sini pun curah hujan cukup tinggi rata-rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah 21,8 derajat Celcius.

9. Berastagi, Karo Sumatera Utara

Berastagi berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut dan memiliki udara yang cukup dingin. Diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, Berastagi menawarkan pemandangan yang menakjubkan, seperti Air Terjun Sikulikap. Sekitar 1,5 jam dari Berastagi Anda bisa mengunjungi Danau Toba yang tak kalah indahnya. Selain wisata alam, Berastagi juga menawarkan wisata sejarah, seperti desa Lingga dan Tongkoh. Bagi Anda yang menyukai buah, Berastagi bisa menjadi tempat yang cocok untuk berbelanja karena Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara.

10. Mulia, Puncak Jaya Papua

Mulia adalah kota pegunungan di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Meski kecil, Mulia cukup sibuk dengan banyaknya kantor pemerintahan yang hadir. Jalan juga sudah diaspal dan infrastruktur pendukungnya memadai, meski jumlahnya masih sedikit. Mulia memiliki bandara kecil yang hanya bisa dilayani oleh pesawat jenis karavan. Untuk sampai ke sini, Anda bisa naik pesawat dari Jayapura selama satu jam dan mengambil rute yang mengasyikkan karena pesawat harus berkelok-kelok melewati pegunungan.

Penerbit : Rizal Fadillah

Source: bandungraya.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button