Daftar acara unggulan di Bantul Yogyakarta September 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Daftar acara unggulan di Bantul Yogyakarta September 2022

BacaJogja – Banyak acara yang akan berlangsung di bulan September 2022 di Bantul Yogyakarta. Beberapa event sudah berlangsung, namun masih banyak event unggulan yang siap memanjakan warga dan wisatawan di pertengahan hingga akhir September 2022 ini.

Berdasarkan Acara Bantul, lima acara utama akan berlangsung di Bumi Projotamansari selama 10 hari ke depan. Lihat di bawah untuk lebih jelasnya.

Baca Juga: Siap-siap Michael Belajar Konser Rock di Yogyakarta!

Acara 16-25 September 2022 di Bantul

1. Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022
Lokasi : Jalan Parangtritis, Eks Kampus Kolaborasi STIE, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Tanggal: 16 September – 16 Oktober 2022

Acara ini sering disebut-sebut sebagai pengganti Pasar Malam Sekaten yang biasanya digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 resmi membuka pasar malam ini pada Minggu 18 September 2022. Pada malam pembukaan, artis campursari Cak Diqin didampingi oleh band musik Exstravagongso.

Baca Juga: Jadwal dan Rangkaian Acara “Break Out” FKY 12-25 September 2022

Pria yang pernah menjadi PNS ini akan menyanyikan 10 hits diantaranya; Cinta Tak Terpisahkan, Sido Rondho, Tragedi Tali Kutang, Blebes, Slenco, Pak Mendem, Pindhah Tresna, Cinta Selamanya, Mendem Wedokan, Louhan dan lain-lain.

Beberapa arena bermain yang siap memeriahkan acara ini tak jauh berbeda dengan Pasar Malam Sekaten yang digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta; diantaranya stand penjepit bianglala, rumah hantu, kora kora, korsel, ombak banyu, kincir angin, trampolin, rumah balon, gerbong, istana balon, sepeda air dan lain-lain.

Jogja Japan Festival ke-2
Lokasi: Little Tokyo Jogja Alamat Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
Tanggal : 17-18 Sep 2022

Acara ini memungkinkan warga Yogyakarta dan sekitarnya untuk merasakan budaya Jepang secara langsung. Acara ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Persahabatan Indonesia-Jepang pada bulan September tahun ini.

Baca juga: Daftar 12 Event Jogja Akhir Pekan Ini, Dari Konser Hingga Pasar Malam

Acara tersebut meliputi budaya Yogyakarta dan Jepang; B. Tari Tradisional Bantul, Taiko, Lomba Coswalk, Lomba Karaoke, Lomba Foto, Bon Odori, Kabaret Samurai, Parade UMKM Grebeg Gunungan, Pertunjukan DJ, Bazaar UMK, Aneka Warung Jajanan Jepang dan Jajanan Lokal.

Acara ini bertujuan untuk menjadi ajang promosi pariwisata Bantul di kancah internasional dan mempromosikan Bumi Projotamansari sebagai kota kreatif dunia atau kota kerajinan dan seni rakyat.

3. Sarapan Rebo Pungkasan
Tempat : Desa Wonokromo, Pleret, Bantul
Tanggal: 20 September 2022

Peristiwa ini disebut Rebo Pungkasan atau Rebo Wekasan karena upacara puncaknya terjadi pada hari Rabu terakhir bulan Sapar.
Rebo Pungkasan WonokromoTradisi Rebo Pungkasan Wonokromo Pleret Bantul. (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Tiga Tempat Ini Bakal Jadi Adegan Atraksi Spektakuler di Jogja Air Show 2022

Tradisi tradisional ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Kyai pertama di Wonokromo – Kyai Faqih Usman atau Kyai Welit – yang dapat menyembuhkan segala penyakit dan memberikan berkah untuk kesuksesan bisnis atau untuk tujuan tertentu.

Salah satu ikon dalam tradisi Rebo Pungkasan adalah lemper besar. Puncak acara adalah karnaval Lemper raksasa dengan tinggi 2,5 meter dan diameter 45 cm. Lemper diarak dari Masjid Wonokromo menuju Balai Desa Wonokromo sejauh 2 kilometer.

Jogja Air Show ke-4 2022
Tempat: Lapangan Terbang Pantai Depok, Bantul
Tanggal : 23-25 Sep 2022

Pertunjukan atraksi udara spektakuler Jogja Air Show 2022 ini sebenarnya akan berlangsung di tiga lokasi yakni Lanud Adisutjipto Sleman, Bukit Sriten Gunungkidul dan Depok Air Strip Bantul. Menariknya, atraksi di setiap venue memiliki pertunjukan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Bekakak, Rebo Pungkasan dan Acara Budaya Lainnya di Yogyakarta September 2022

Di Depok Air Strip, Bantul Hadirkan Statis Show Psw FASI, Joy Flight, Free Fall Drop, Kite Air Show, Fly Pass Grob Flight, Fly Pass JAT, Air Show Aeromodeling, Photo Contest, Air Show. Ada juga Joyflight Microlight dengan Jogja Flying Club (JFC) di lokasi ini.

Di Lanud Adisutjipto, acara akan dimeriahkan dengan Psw FASI Static Show, Flying Kite Air Show, Aeromodeling Air Show, Free Fall Drop, Grob Flight, JAT Flight, Drone Race dan Aero Photography Contest. Di Bukit Sriten ada kompetisi paralayang dan paramotor.

Baca Juga: Daftar Artis yang Akan Konser di Yogyakarta September 2022

Festival Lentera ke-5 di Paris 2022
Tempat : Pantai Widuri Alamat Jalan Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.
Tanggal: 24 September 2022 pukul 18:00-23:00 WIB.

Acara ini merupakan festival 1001 lampion yang dikibarkan menghiasi langit malam dan menciptakan suasana “instagramable”. Momen ini sangat menarik bagi semua orang yang ingin mengabadikan perasaan romantis bersama pasangannya atau di antara teman-teman yang ingin melambungkan harapan setinggi mungkin dengan lampion yang membawa harapan sebagai simbolnya.

Baca Juga: Update Kalender Acara September 2022 di Yogyakarta

Lantern Festival de Paris (LF de Paris) 2022 merupakan tahun kedua kegiatan Lantern Flight. Ditemani deburan ombak, indahnya sunset di pesisir selatan Jawa di sore hari menambah suasana romantis menjelang penerbangan lampion. Bersama seni budaya Bantul dan musisi lokal dan nasional yang akan memeriahkan LF de Paris 2002. []

Source: bacajogja.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button