Daftar 5 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba Selain Gudeg - WisataHits
Yogyakarta

Daftar 5 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba Selain Gudeg

Daftar 5 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba Selain Gudeg

Bisnis.com, JAKARTA – Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata. Pada musim liburan saat ini, Jogja banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Saat berlibur ke Jogja sempatkan untuk mencicipi makanan khas Yogyakarta yang terkenal dengan kelezatannya.

Daftar makanan khas jogja kecuali gudeg

Salah satu makanan khas Yogyakarta adalah gudeg. Makanan ini sangat terkenal dan sering diburu oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Padahal, selain masakan hangat, ada juga beragam masakan khas dari kota ini. Berikut adalah beberapa daftar makanan khas dari daerah istimewa Yogyakarta kecuali panas.

1. Sate Klatak

Makanan khas daerah Yogyakarta yang pertama adalah sate klatak. Sate ini memiliki keunikan tersendiri dibanding sate dari kota lain. Bukan daging yang digunakan yang membuat sate ini unik, tetapi kisi-kisi besi yang digunakan untuk membakar sate ini.

Daging kambing dibumbui dengan rempah-rempah dan kemudian ditusuk di atas jeruji besi. Inilah ciri khas dari makanan Jogja ini.

Keistimewaan lain dari sate ini adalah bumbu yang digunakan. Hanya sedikit ketumbar dan garam yang digunakan untuk membumbui sate ini.

2.Oseng Mercon

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah petasan goreng yang terkenal dengan rasa pedasnya. Salah satu tempat makan kembang api goreng yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah kembang api goreng Bu Narti.

Mercon Goreng Bu Narti diketahui sudah ada di pasaran sejak tahun 1997. Potongan daging sapi panggang beserta bumbu dan cabai rawit memberikan cita rasa yang sangat menggugah selera pada hidangan ini.

Tidak hanya itu, ada bahan lain yang digunakan untuk menyelesaikan kembang api seperti: Daging ayam, hati ampela, jeroan dan kikil. Oseng Mercon biasanya disajikan dengan nasi putih untuk mengurangi rasa pedasnya.

3. Belalang goreng

Makanan khas jogja sebelah gudeg selanjutnya belalang goreng. Makanan ini cukup ekstrim dan unik karena terbuat dari belalang goreng.

Anehnya, ternyata belalang dikemas dengan nutrisi. Bahkan belalang mengandung 14 gram protein dalam 100 gram belalang. Nilai gizinya sesuai dengan nilai gizi ikan salmon.

Nah bagi anda yang sedang berkunjung ke kota yogyakarta jangan lupa untuk mencoba belalang goreng yang merupakan makanan khas daerah jogja.

4. Tengkleng Gajah

Pilihan makanan khas Jogja lainnya adalah Tengkleng Gajah. Meski namanya gajah Tengkleng, pakan ini tidak terbuat dari daging atau bagian tubuh gajah.

Tengkleng Gajah khas Jogja adalah sejenis gulai yang berisi jeroan kambing, daging, dan tulang. Dinamakan Tengkleng Gajah karena ukuran dan porsinya yang seperti gajah.

5. Gatot

Makanan khas Jogja selanjutnya adalah Gatot. Nama makanan ini cukup unik dan tidak biasa, membuat semua orang penasaran ketika mendengarnya. Gatot adalah makanan yang terbuat dari singkong yang sudah dikupas kemudian dijemur.

Singkong yang digunakan untuk membuat gatot tidak diolah menjadi tiwul. Ciri khas makanan jogja yang manis tidak terdapat pada gatot ini karena makanan ini cenderung memiliki rasa yang gurih.

Setelah itu, gatot dijemur dan diolah dengan cara dikukus hingga matang. Kemudian tambahkan kelapa parut yang dibumbui dengan garam.

Makanan khas Jogja yang satu ini wajib dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini merupakan sajian yang akan membuat liburan Anda di Jogja semakin menyenangkan.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button