Daftar 5 destinasi wisata di sekitar kota Banjarmasin, di luar Jembatan Barito - WisataHits
Jawa Tengah

Daftar 5 destinasi wisata di sekitar kota Banjarmasin, di luar Jembatan Barito

TEMPO.CO, Banjarmasin -Selain kuliner yang nikmat, pulau kalimantan juga memiliki pesona yang luar biasa dengan berbagai destinasi wisatanya. Kalimantan memiliki keindahan alam dan budaya asli yang menakjubkan termasuk beberapa tujuan wisata di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Beragam destinasi wisata

Kota Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan, dijuluki Kota Seribu Sungai. Terletak di delta 2 sungai yaitu Barito dan Martapura, Banjarmasin memiliki ciri khas tersendiri dari segi pariwisata dan budaya. Berikut daftar destinasi wisata di sekitar kota Banjarmasin yang diambil dari berbagai sumber antara lain:

1. Jembatan Barito

Jika Anda berada di Kalimantan Selatan tidak lengkap tanpa mengunjungi Jembatan Barito yang legendaris. Tempat wisata di Bajarmasin yang diresmikan pada 24 April 1997 ini masuk dalam rekor MURI sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Baca: Sandiaga Temui Menteri Pariwisata Arab Saudi, Salah Satunya Bahas Kereta Gantung di…

Jembatan sepanjang 1.082 meter ini melintasi Sungai Barito dan Pulau Bakut dan merupakan bagian dari Jalur Trans-Kalimantan yang menghubungkan kota Banjarmasin dan Palangkaraya di dalam dan sekitar Kalimantan Tengah. Karena ketinggian jembatan mencapai 15-18 meter di atas permukaan air, bagian bawah jembatan masih bisa dilintasi angkutan air seperti tongkang.

Jika ingin mengunjungi destinasi wisata ikonik Banjarmasin ini, Anda perlu berkendara sekitar 15 km dari pusat kota menuju Kabupaten Barito Kuala tempat jembatan ini berada.

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Dikutip dari dpmptsp.kalselprov.go.id : Pasar Terapung Lok Baintan merupakan salah satu wisata paling terkenal di kota Banjarmasin dan sekitarnya. Ada beberapa pasar terapung di kota ini dan yang terbesar adalah pasar terapung Lok Baintan yang terletak di Sungai Pinang, Banjar.

Keunikan dari pasar terapung ini adalah semua pedagang menjajakan dagangannya di atas jukung atau perahu tradisional khas Kalimantan. Selain itu yang menarik adalah sistem pembayarannya masih sangat tradisional, tanpa mata uang tetapi tetap dengan sistem tukar.

Perahu pedagang Pasar Terapung yang mengikuti Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018 membentuk formasi mirip bunga di Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu 2 Desember 2018. Mayoritas pedagang yang mengikuti festival ini adalah menjual Sayuran. DIBAWAH

Aktivitas di pasar terapung dimulai pada pagi hari pukul 06.00-09.30 WITA. Jika ingin merasakan suasana pasar yang unik ini, Anda harus bangun pagi. Seperti di pasar lain, para pedagang di sini berdagang sembako seperti sayur, buah, dan ikan. Anda juga bisa menemukan kue dan makanan tradisional khas Kalimantan Selatan.

3. Taman Wisata Pulau Kembang

Dikutip dari tripzilla.id, Pulau Kembang terletak di tengah Sungai Barito. Pulau ini sebenarnya merupakan sebuah delta yang terbentuk secara alami, membentuk sebuah pulau yang dihuni oleh kawanan monyet. Pulau Kembang merupakan suaka margasatwa bagi monyet ekor panjang dan bekantan. Jika Anda mengunjungi Taman Wisata Pulau Kembang, Anda bisa melihat kawanan ramah yang riuh. Selain itu, kamu juga bisa berfoto ria di hutan mangrove yang instagramable.

4. Menara Pandang Banjarmasin

Destinasi wisata Menara Pandang yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Banjarmasin karena menara ini dianggap sebagai landmark kota Banjarmasin yang diresmikan pada tahun 2004 silam. Bangunan 3 lantai setinggi kurang lebih 21 meter ini menawarkan pengalaman menikmati pemandangan menakjubkan dari setiap sudut kota. Dari atas menara Anda bahkan dapat melihat kota dari sudut.

5. Danau Cempaka Biru

Ada banyak tempat wisata alam di sekitar Banjarmasin yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Telaga Biru Cempaka di Banjarbaru. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang menawan sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang ke tempat yang satu ini.

Jika anda berkunjung ke tempat ini anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja. Tersedia tempat parkir yang cukup luas sehingga Anda tidak perlu memikirkan untuk memarkirkan kendaraan pribadi Anda. Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya bisa menikmati keindahan telaga biru, tapi juga bisa berfoto di spot-spot yang disediakan. Salah satu yang paling populer di tempat wisata ini adalah rumah jendela gantung di dekat danau.

RINDI ARISKA

Baca Juga: Keindahan Pulau Tawale di Halmahera Selatan Disebut Raja Ampat Baru

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terhangat dan berita pilihan di saluran Telegram “tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button