Daerah terpadat dan padat di Jawa Timur dengan infrastruktur modern untuk mendukung kehidupan - WisataHits
Jawa Timur

Daerah terpadat dan padat di Jawa Timur dengan infrastruktur modern untuk mendukung kehidupan

Daerah terpadat dan padat di Jawa Timur dengan infrastruktur modern untuk mendukung kehidupan

SurabayaNetwork.id – Pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di Indonesia sudah tidak asing lagi bagi warganya. Salah satu provinsi yaitu Jawa Timur juga turut menyumbang kepadatan pulau ini.

Jawa Timur memiliki luas wilayah 27.830 kilometer persegi dengan total 38 wilayah yang terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota.

Jumlah penduduk Provinsi Jawa Timur adalah 40,666 juta jiwa pada tahun 2022, menurut Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca Juga: 5 Kota Terdingin di Jabar, Tetap Sejuk Meski Musim Panas

Letak geografis Provinsi Jawa Timur berada di utara Laut Jawa, selatan Samudera Hindia, barat Provinsi Jawa Tengah dan barat Selat Bali.

Wilayah terpadat dan tersibuk di Jawa Timur adalah kota Surabaya dengan luas wilayah 326,8 km persegi dan jumlah penduduk 2.874 juta jiwa berdasarkan data BPS Jawa Timur.

Surabaya merupakan wilayah terpadat di Jawa Timur karena menurut data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya tahun 2022, sebanyak 8.867 jiwa tinggal dalam 1 kilometer persegi wilayahnya.

Profil Kota Surabaya

Surabaya adalah kota tersibuk di Jawa Timur karena merupakan ibu kota provinsi dan kawasan dengan kawasan industri.

Letak Surabaya sebagai pusat pemerintahan provinsi menjadikan kota ini terpadat di Jawa Timur, dengan 31 kecamatan dan 154 kelurahan.

Di sebelah utara, Surabaya dibatasi oleh Selat Madura sedangkan di sebelah selatan dibatasi oleh Kabupaten Sidoarjo. Berbatasan dengan Kabupaten Gresik di sebelah barat dan Selat Madura di sebelah timur.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/889/KPTS/013/2022 tentang Upah Minimum Kabupaten atau Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, Kota Surabaya merupakan daerah dengan UMK tertinggi yaitu sebesar Rp4.525.479.

Metropolis terbesar kedua di Indonesia.

Surabaya dinobatkan sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta karena kepadatan dan keramaiannya, serta berbagai infrastruktur dan fasilitas modern telah dibangun di kota ini.

Sebagai kota metropolis, kota pahlawan tentunya menjadi pusat kegiatan ekonomi.

Berbagai industri telah bermukim di kota ini, bahkan salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia terletak di Surabaya yaitu Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan besar lainnya yang juga berkantor pusat di kota Surabaya.

Beberapa universitas ternama di Indonesia juga berlokasi di Surabaya, menjadikan kota ini sebagai tujuan para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa universitas tersebut adalah Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Kristen Petra, Universitas Negeri Surabaya (Ubaya), Universitas Ciputra dan masih banyak universitas lainnya.

Selain banyaknya pendatang yang datang untuk bekerja, mahasiswa dari berbagai daerah juga belajar di kota pahlawan. Hal ini memberikan kontribusi terhadap kepadatan penduduk kota Surabaya secara keseluruhan.

Baca Juga: Anda Seorang Perfeksionis? Jika ya, Anda wajib mampir ke 5 kota dengan tata kota terbaik di Indonesia

Fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, sekolah, universitas dan tempat wisata dengan konsep modern menjadikan Surabaya sebagai kota terpadat dan tersibuk di Jawa Timur.***

Terima update berita pilihan, berita terkini dan artikel dari Surabayanetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button