Curug Siluman, pesona keindahan air terjun dan telaga biru di Langkat - WisataHits
wisatahits

Curug Siluman, pesona keindahan air terjun dan telaga biru di Langkat

Harga tiket: Rp 50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Langkat sudah lama dikenal memiliki segudang wisata alam yang sangat seru dan menarik untuk dikunjungi. Destinasi tersebut antara lain pantai, sungai dan air terjun. Tak heran jika kabupaten ini menjadi destinasi yang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama mereka yang menyukai wisata bahari.

Tak jarang wisatawan yang datang ke tempat ini rela mengeluarkan banyak uang dan tenaga yang cukup untuk bisa menikmati keindahan pesona wisata yang ditawarkan oleh Kabupaten Langkat. Apalagi menjelang hari raya. Sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung ke kota ini.

Salah satu tempat wisata yang sangat populer dan direkomendasikan bagi anda yang ingin berlibur ke Langkat adalah Air Terjun Siluman. Wisata alam ini memiliki nama lain yaitu air terjun Namo Belanga. Ada banyak keseruan yang bisa Anda dapatkan di tempat ini.

Atraksi Air Terjun Setan

Atraksi Air Terjun SetanKredit Gambar: kunjungi Instagram.langkat

1. Ini adalah air terjun musiman

Air Terjun Siluman merupakan destinasi wisata yang sangat populer yang bisa Anda temukan saat berada di kawasan Langkat. Menurut sejarah, air terjun ini merupakan tempat pemandian para bidadari yang turun dari kahyangan. Itu sebabnya tak sedikit juga orang yang menyebut air terjun ini sebagai air terjun bidadari.

Daya tarik air terjun ini adalah merupakan air terjun musiman. Dikatakan musiman karena memang Anda tidak akan selalu menemukan air di sana. Hal inilah yang terkadang juga membuat seseorang merasa tertantang untuk berkunjung.

Pengunjung harus bersiap-siap untuk kecewa ketika menemukan diri mereka di tempat ini padahal sebenarnya mereka tidak dapat menemukan air terjun atau kering. Biasanya air terjun akan meluap begitu deras di musim penghujan. Bahkan luapannya dapat menggenangi daerah di sekitarnya. Namun saat musim kemarau, air akan langsung berkurang dan mengering.

2. Danau Biru

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Air Terjun Siluman adalah Anda akan menemukan telaga berwarna biru. Telaga biru yang terletak di sini tampak bercahaya di bawah pepohonan yang tumbuh tinggi dan rindang. Saat tidak ada orang yang berenang, Anda bisa melihat airnya begitu jernih dengan warna kebiruan.

Apalagi saat matahari sedang terik, cahayanya bisa menembus hingga ke dasar kolam alami di tengah hutan. Tempat keren yang melengkapi Air Terjun Langkat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan hunting foto di bawah air.

3. Air nutrisi

Tak hanya pemandangannya yang begitu indah, daya tarik lain di sini yang membuat banyak orang mengunjungi Air Terjun Siluman adalah airnya yang konon manjur. Anda bisa mandi atau sekedar bermain air. Beberapa wisatawan yang datang percaya bahwa air di tempat ini akan memberikan khasiat tersendiri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SetanKredit Gambar: Instagram St

Air Terjun Siluman ini terletak di Desa Rumah Galuh, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Jika anda berangkat dari kota Binjai, maka anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 36 km menggunakan kendaraan pribadi. Tempat wisata ini buka pada pukul 9 pagi dan kemudian tutup pada pukul 6 sore.

Sebelum Anda sampai ke lokasi, ada dua halte yang harus Anda singgahi. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini menggunakan sepeda motor.

Hal ini dikarenakan akses untuk mencapai halte pertama kurang memungkinkan jika ditempuh dengan mobil atau kendaraan roda empat lainnya. Di pos pemberhentian pertama, Anda akan menemukan banyak pemandu yang menawarkan jasanya untuk menjadi pemandu di lokasi.

Disini anda harus menggunakan jasa mereka, karena medan yang akan anda lalui cukup berat dan sulit. Juga sebagai pengaman bila terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Disarankan untuk membawa barang-barang yang diperlukan saja. Barang-barang yang tidak perlu dapat dikirim melalui pos. Karena medan yang akan dipinjam nantinya cukup berat, item-item tersebut hanya akan semakin memberatkan Anda nantinya.

Begitu sampai di stasiun pemberhentian kedua, kendaraan roda dua Anda harus diparkir. Perjalanan selanjutnya akan dilanjutkan hanya dengan melewati jalan setapak. Selama perjalanan itulah Anda akan terkagum-kagum dengan pesona alam yang begitu indah.

Hamparan sawah dan persawahan yang dipenuhi sayuran milik penduduk setempat akan membuat mata Anda begitu segar. Selain itu, Anda juga akan melewati hutan yang sangat rindang dengan medan yang cukup licin dan terjal. Apalagi jika Anda datang saat musim hujan.

Dibutuhkan sekitar 30 menit sampai Anda akhirnya tiba di tempat tujuan. Aliran air yang dimiliki Air Terjun Siluman cenderung berubah-ubah. Kadang-kadang Anda mungkin melihat keluarnya cairan bening, tetapi di lain waktu akan sangat kecil dan bahkan kering.

Harga tiket masuk ke air terjun

Harga Tiket Masuk Air Terjun SilumanKredit Gambar: Pesona Instagram Air Terjun Sumatera

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Air Terjun Siluman, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang sebagai tiket masuk dan membayar pemandu nantinya. Untuk tiket masuk dan biaya guidenya sendiri sekitar Rp 50.000.

Namun jika Anda cukup pintar untuk menawar di sini, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari ini. Hanya dengan harga tersebut anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun yang sangat terkenal ini. Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi untuk segera mendatangi tempat ini.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Siluman

Kegiatan aksi setan yang mendebarkanKredit Gambar: Penyelenggara Tur Instagram Indonesia

1. Nikmati pemandangan dan bermain air

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama liburan di Air Terjun Siluman. Pesona air terjun yang ditawarkan memang sangat indah dan menawan. Berada di tengah hutan, dan diapit oleh pepohonan yang begitu rindang. Saat aliran air sedang besar, Anda bisa menikmati air dengan berenang di bawahnya.

Airnya sangat jernih sehingga bebatuan di bagian bawah terlihat jelas. Anda tidak perlu khawatir karena kedalaman air terjun ini cukup dangkal. Sehingga sangat aman untuk anda bermain air atau berenang di tempat ini.

Bersantai sambil menikmati kesejukan air dan menikmati keindahan alam sekitar yang penuh dengan kehijauan tentunya akan membuat tubuh rileks. Bagi Anda yang penat dari aktivitas sehari-hari dan ingin menyegarkan kembali semangat, maka Anda bisa datang ke tempat ini bersama teman atau keluarga.

2. Berburu Foto

Kegiatan menarik selanjutnya yang juga bisa dilakukan di tempat ini adalah hunting foto. Bagi Anda yang sangat menyukai seni fotografi, tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di air terjun setan ini Anda akan menemukan danau biru yang begitu eksotik. Danau biru ini memiliki air yang sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya. Anda dapat mencari foto di sini.

Memotret di bawah air pasti akan membuat bidikan Anda semakin menakjubkan. Tentu saja, halaman Instagram Anda akan lebih menarik. Tidak hanya di sana, di tempat lain Anda juga akan menemukan spot foto yang menarik.

3. Berburu kuliner

Setelah puas bermain air, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner di tempat wisata ini. Anda dapat menikmati minuman panas dan makanan yang disediakan oleh warung lokal. Makanan ini merupakan masakan khas Kabupaten Langkat yang wajib anda coba.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Pemasangan kaskade iblisKredit Gambar: Instagram St

Untuk masalah fasilitas sendiri, Air Terjun Siluman juga sudah menyediakan beberapa untuk menunjang kegiatan wisata. Di sana Anda akan menemukan dua kios yang menjual berbagai makanan dan minuman hangat. Selain itu, bagi Anda yang menyukai hidangan siap saji, seperti mie instan, Anda juga bisa memesannya di tempat.

Untuk fasilitas berupa toilet dan kamar mandi bisa anda temukan di pos pertama. Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua. Namun bagi anda yang ingin sholat, sebaiknya membawa sajadah sendiri. Karena di sana tidak ada mushola.

Begitu juga untuk area menginap. Anda akan kesulitan menemukan akomodasi di dekat air terjun. Bagi yang ingin bermalam, Anda bisa menginap di hostel yang terletak di kawasan Binjai. Jarak ke tempat wisata ini sekitar 33 km.

Demikian ulasan lengkap tentang wisata alam Air Terjun Siluman di Langkat. Anda yang saat ini sedang mencari tempat liburan dengan pemandangan yang indah dan asri, serta wisata air terjun, bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button