Curug Randusari, air terjun eksotik yang dikelilingi pepohonan Randu di Bantul - WisataHits
wisatahits

Curug Randusari, air terjun eksotik yang dikelilingi pepohonan Randu di Bantul

Curug Randusari, air terjun eksotik yang dikelilingi pepohonan Randu di Bantul
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 06.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Randusari No. Rt 03, Rejosari, Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Untuk menikmati liburan, ada banyak pilihan tempat yang bisa Anda gunakan seperti Air Terjun Randusari. Tentunya setiap tempat memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi jika berbicara tentang keindahan alam Indonesia, ada banyak sekali pilihan yang bisa dikunjungi.

Anda juga bisa datang ke berbagai tempat untuk mengisi waktu luang Anda. Berwisata untuk tujuan menenangkan pikiran memang cocok jika memilih Jogja sebagai lokasinya. Berbagai keindahan alam yang diinginkan banyak orang terdapat di tempat ini. Jadi bukan hanya makanan atau kerajinannya saja yang menarik.

Dibandingkan menghabiskan banyak uang di luar negeri, Anda masih bisa menikmati wisata lokal. Bantul memang salah satu kawasan yang menawarkan banyak pemandangan indah bagi masyarakat. Itu sudah menjadi rahasia umum. Untuk itu, Jogja akan diprioritaskan untuk wisata alam.

Objek wisata air terjun Randusari

Objek Wisata Air Terjun RandusariKredit Gambar: Instagram Ratno Jogja

Sebelum memulai wisata seru, sebaiknya Anda mengetahui alasan memilih tempat wisata yang tepat. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kecewa setelah tiba di lokasi. Berikut informasi terkait daya tarik yang memang dimiliki air terjun tersebut:

1. Banyak pohon Randu

Daya tarik pertama yang dimiliki Air Terjun Randusari adalah banyaknya pohon randu. Pohon ini juga dikenal dengan nama lain yaitu pohon kapuk. Posisinya sangat dekat dengan air terjun. Karena itu, banyak orang menyebut air terjun ini sebagai Randu. Kemudian Sari dihadirkan dari kata Utama.

Jadi, arti dari nama tempat ini adalah sumber air bersih yang utama. Sebelumnya, banyak orang yang menggunakan tempat ini sebagai sumber air. Oleh karena itu wajar untuk diberi nama utama.

2. Pemandangan yang bagus

Daya tarik lain yang membuat air terjun Randusari adalah pemandangan alamnya yang indah. Bagi Anda yang memang datang dengan tujuan untuk menikmati pemandangan yang tenang, tempat ini juga akan melebihi ekspektasi Anda.

Pemandangan yang disediakan bukan hanya air terjun yang menarik. Anda juga akan mendapatkan pemandangan alam luar biasa lainnya. Salah satunya kesan alami berupa hutan hijau yang mengelilingi air terjun. Tenang saja, hutannya juga bersih karena ada pengelola wisata.

3. Air Terjun Tinggi

Air Terjun Randusari bisa dibilang air terjun yang cukup tinggi. Bagi Anda yang menyukai air terjun dengan posisi tinggi, opsi ini sangat cocok digunakan. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter. Kedalamannya 2 meter. Oleh karena itu berhati-hatilah saat membawa anak-anak ke tempat ini.

Meski begitu, kedalaman 1-2 meter masih aman untuk berenang dan bermain air. Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa berfoto saja. Pemandangan yang ditawarkan juga bagus dari berbagai sisi.

4. Air Terjun Kembar

Perlu juga diketahui tempat-tempat lain yang membuat tempat ini terkenal. Itu karena air terjun kembar. Air terjun ini disebut kembar karena memiliki dua sumber. Namanya Ngreboh dan banyak digunakan untuk keperluan irigasi. Keunikan tempat ini terletak pada airnya yang tidak pernah kering.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun RandusariKredit Gambar: Wisatawan Instagram Galero

Tentu saja banyak orang yang bingung rute mana yang bisa digunakan dan lokasi mana yang cocok. Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini juga mudah ditemukan. Anda dapat langsung mengakses Gmaps untuk mendapatkan lokasi di arah rute.

Air Terjun Randusari ini berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Posisinya berada di dalam dusun Rejosari. Anda juga dapat melacak koordinat GPS langsung. Ada juga rute perjalanan yang berbeda. Anda dapat memilih rute mana yang ingin Anda gunakan sendiri.

Akan lebih mudah jika Anda memulai dari kota Yogyakarta dan memasukkan istilah Giwangan. Anda bisa mengambil arah lain menuju Jalan Imogiri Timur. Segera belok ke arah Hutan Pinus Mangunan ketika sudah sampai di Pasar Imogiri. Setelah melintasi hutan, ambil jalan lain dengan jalan Puncak Becici dan ikuti rambu-rambunya.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Bagi Anda yang ingin membawa banyak anggota keluarga ke Air Terjun Randusari, biaya masuk menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Penting untuk menemukan tempat yang tepat dengan harga murah. Aksi ini mungkin jawabannya.

Karena ini adalah wisata alam, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda hanya perlu membayar biaya 2.000 rupee untuk setiap tiket. Setelah itu, Anda bisa langsung menikmati pemandangan. Uang tiket ini dikumpulkan semata-mata untuk kepentingan pemeliharaan lokasi.

Tentunya wisata alam ini juga ada jam bukanya. Anda dapat mengunjungi di waktu luang Anda dari jam 6 pagi sampai jam 5:30 sore. Lebih baik datang saat cuaca masih bagus. Jadi ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Randusari

Aktivitas Seru di Air Terjun RandusariKredit gambar: Google Maps FT17B_ Asep Pujangga

Sebelum memutuskan untuk datang ke suatu tempat, Anda juga harus mencari tahu tentang kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Ada juga berbagai macam kegiatan menyenangkan untuk dilakukan. Anda dapat melakukan kegiatan berikut ketika Anda tiba di air terjun:

1. Nikmati alam

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah duduk dan menikmati alam. Anda akan mendapatkan panorama yang mempesona dari air terjun Randusari. Selain menikmati keindahan pohon Randu yang besar, Anda juga bisa melihat hujan air yang jernih.

Tak hanya itu, tempat ini bisa Anda gunakan sebagai tempat refleksi. Banyak yang merasa nyaman merenung di tempat yang dipenuhi angin sepoi-sepoi ini. Air terjun eksotis ini cenderung membawa ketenangan penyembuhan.

2. Berenang

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Anda dapat menikmati waktu Anda sambil berenang. Jangan memilih air yang terlalu dalam karena takut bahaya. Anda bisa menggunakan sisi yang lebih aman untuk berenang.

Apalagi jika tumpukan air yang turun jauh lebih deras. Bagi yang membawa anak-anak, kemungkinan bisa bermain di samping juga. Namun, Anda harus berhati-hati karena bebatuannya agak licin. Jadi, Anda juga harus mengawasi anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun RandusariKredit Gambar: Instagram Ananta ‘Anta’ Dwihasto

Ada berbagai jenis fasilitas yang cocok untuk Anda menikmati waktu bermain di air terjun. Tersedia tempat parkir yang luas dan juga gazebo untuk bersantai.

Anda juga dapat menggunakan toilet umum yang bersih dan tempat sampah. Ada berbagai pilihan warung makan yang juga bisa Anda kunjungi.

Anda dapat melakukan Air Terjun Randusari sebagai pilihan untuk bersantai. Jangan ambil pusing karena tidak mencari informasi yang jelas terlebih dahulu. Bagi anda yang membutuhkan penyembuhan dan mencari inspirasi baru, air terjun ini adalah pilihan yang memuaskan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button