Curug Pengmpu, wisata air terjun eksotis di Tabanan Bali - WisataHits
wisatahits

Curug Pengmpu, wisata air terjun eksotis di Tabanan Bali

Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Seribupati, Cau Belayu, Kec. Marga, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Pengmpu memang tidak terlalu terkenal dibandingkan objek wisata lainnya di Tabanan Bali. Namun bukan berarti tidak ada keindahan alam yang bisa dilihat disini. Seperti halnya air terjun pada umumnya, daya tarik utamanya adalah pesona alam yang dihadirkan, baik air terjun itu sendiri maupun panorama yang mengelilinginya.

Seperti yang kita tahu, Bali adalah pulau dengan banyak pantai. Ada ratusan rentang yang bisa Anda pilih berdasarkan karakteristiknya masing-masing. Meski pada dasarnya kecantikannya tetap sama, namun semuanya memiliki ciri kas yang juga menjadi daya tarik utama mereka.

Bukan berarti tidak ada objek wisata lain yang bisa ditemukan di pulau dewata ini. Kategori selain wisata bahari juga ada, misalnya gua, wahana hiburan, budaya, sejarah, bahkan pendidikan. Dengan kontur alam yang berbukit-bukit, Bali juga memiliki banyak air terjun dengan segala keindahan dan pesonanya.

Objek Wisata Air Terjun Pengmpu

Objek wisata air terjun Pemmpu di TabananFoto melalui Twitter Ridwan Prasetya

Alasan tempat wisata banyak dikunjungi wisatawan tentunya karena daya tariknya, begitu juga Air Terjun Pengmpu. Jika sudah pernah ke sini mungkin ada keinginan untuk kembali karena terpesona dengan keindahan alam yang disajikan.

1. Keindahan Air Terjun Pengmpu

Keindahan air terjun di Tabanan ini tidak boleh dianggap remeh. Meski sudah mengunjungi banyak objek wisata, berkunjung ke sini pasti tidak akan membuat Anda bosan. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter, cukup menghasilkan cipratan air yang mampu membasahi wisatawan di sekitarnya.

Debit airnya tidak terlalu besar, bahkan akan berkurang di musim kemarau. Inilah salah satu kelebihannya, dimana bebatuan tebing sebagai tempat aliran air terlihat begitu eksotis. Alamnya masih begitu asri, pepohonan rindang menutupi hampir semua tempat utama. Sepertinya karena belum banyak pengunjung yang datang.

Selama perjalanan kesana, keindahan air terjun Pengmpu sudah sangat terasa. Kerapatan pepohonan di hutan memberikan keteduhan alami, sehingga Anda tidak kepanasan selama perjalanan. Meski pepohonan rapat menutupi pemandangan, masih ada jalan setapak yang bisa dilalui dengan aman.

2. Eksotisme tebing

Atraksi berikutnya datang dari tebing batu raksasa yang melapisinya. Terlihat sangat eksotis, itulah perasaan yang Anda rasakan saat pertama kali melihatnya. Bebatuan ini seakan mengelilingi dan melindungi keindahan air terjun. Dari jarak yang mirip dengan ceruk yang cukup besar, samar-samar terlihat semburan air.

Lokasinya dekat dengan dasar tebing, agak serem memang. Namun siapa sangka ternyata banyak wisatawan yang justru merasa tertantang untuk mengunjunginya. Permukaan tebing dipenuhi tumbuhan hijau yang sebagian besar berupa tanaman merambat. Akar pepohonan di atas terkadang terlihat menembus tebing batu yang eksotis.

3. Akses jalan yang nyaman

Daya tarik lain dari Air Terjun Pemmpu TabananFoto dari Google Maps Thotsapaul Lumpamoke

Meski lokasi air terjun Pengmpu berada di dasar jurang, namun akses jalan sudah sangat baik. Obyek wisata ini dikelola secara swadaya oleh warga setempat yang cukup piawai menjalankannya. Hal ini terlihat dengan adanya tangga beton, sehingga tidak perlu takut jatuh ke bawah jurang.

Penghuni juga menyediakan pegangan di sepanjang tangga yang terbuat dari besi. Dalam perjalanan menuju lokasi, semua jalan menuju wisata juga sudah bagus, lebar dan sebagian besar beraspal. Namun, ada beberapa titik yang masih belum tercover manajemen karena keterbatasan dana.

4. Bersihkan Kolam

Air Terjun Pengmpu memiliki kolam yang menjadi daya tarik selanjutnya. Hampir semua air terjun di Indonesia memiliki kolam, fungsinya untuk menyimpan air sementara. Kolam di sini tidak terlalu besar, namun airnya cukup bersih sehingga tidak sedikit pengunjung yang ingin merasakan kesejukan.

Saat cuaca sangat dingin, sebaiknya gunakan baju atau jaket yang tebal. Bentuk kolam air terjun ini hampir melingkar menyesuaikan dengan tebing bebatuan yang mengelilinginya. Sebagian besar alasnya terdiri dari pasir dan bebatuan kecil sehingga tetap jernih meski digunakan untuk bermain air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Pengmpu, TabananFoto dari Google Maps Chris Bali

Jika ingin mengunjungi Air Terjun Pengmpu, silahkan menuju Jalan Seribupati, Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Memang secara administratif terletak di Tabanan, namun bisa diakses dari Badung karena jaraknya yang cukup dekat.

Dari alun-alun Tabanan sendiri jaraknya sekitar 16 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu 30 menit melalui Jalan Celagi. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Point lalu ke Jalan Wisnu. Gunakan standar utama pasar tradisional Marga agar lebih mudah.

Begitu Anda sampai di Balai Banjar Beng Marga, silakan belok kiri lalu 200 meter lagi ke kanan. Lanjutkan perjalanan melewati Jalan Kekeran Manikgunung, Jalan Pandu dan Jalan Raya Denpasar. Air terjun Pengmpu tidak jauh dari desa wisata Cau Belayu, hanya berjarak sekitar 300 meter.

Begitu sampai di sini, silakan ikuti petunjuk yang sengaja diberikan warga setempat. Setibanya di lokasi, cari tempat parkir yang nyaman di sepanjang jalan yang disediakan warga. Memang tidak terlalu luas, namun cukup untuk menampung beberapa kendaraan sekaligus.

Mengunjungi objek wisata ini tidak memerlukan biaya masuk. Namun jika Anda ingin memberikan donasi, silakan masukkan jumlah uang pada kotak yang tersedia. Begitu juga untuk biaya parkir, ada loker khusus yang disediakan oleh penduduk setempat bagi mereka yang ingin menyisihkan uang berlebih.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Pengmpu

Aktivitas Air Terjun Pengmpu TabananFoto oleh Google Maps Budi Mustapa Husin Sagala

Air Terjun Pengmpu tidak mematok harga khusus bagi yang ingin menikmati segala pesonanya. Itu tidak berarti tidak ada hal menarik untuk dilakukan di sana. Seperti air terjun pada umumnya, aktivitas yang bisa dilakukan di sini tidak jauh berbeda.

1. Mandi di Kolam Air Terjun Pengmpu

Lupakan sejenak perjalanan ke tempat itu, fokuslah pada aktivitas yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah mandi di kolam yang airnya jernih, siapapun pasti tergiur untuk langsung basah. Jika belum puas mandi dan bermain air, silahkan berenang. Kolam di sini sangat tenang, tergantung aliran air yang mengalir melewatinya.

Namun kedalamannya belum diketahui secara pasti. Karena itu, cobalah untuk berhati-hati saat berenang. Bagi yang tidak bisa berenang, bermain air di pinggir kolam sepertinya sudah cukup merasakan kesejukan airnya. Ada kalanya air di kolam surut atau menjadi keruh, silahkan menuju aliran Tukat Yet Peneh yang berada di bawah air terjun.

2. Nikmati pesona alam yang indah

Aktivitas menarik selanjutnya di Air Terjun Pengmpu adalah menikmati pesonanya. Tentu saja karena sayang sekali jika melewatkan pemandangan alam yang indah di tempat tersebut. Seindah apapun air terjun ini, tebing bebatuannya yang eksotis, vegetasinya yang menghijau, semuanya dijamin kondusif untuk kegiatan peremajaan.

3. Mencari objek foto yang indah

Jika menikmati pesonanya saja tidak cukup, jangan ragu untuk mengabadikan momen tersebut dengan foto atau video. Kegiatan ini sangat menarik, terutama bagi mereka yang menyukai fotografi. Hampir semua titik lokasi cocok sebagai background foto. Hasilnya akan lebih bagus jika Anda menjadikan air terjun serta tebing bebatuan yang mengelilinginya sebagai backdrop.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Pemmpu, TabananFoto dari Google Maps Gung Istri

Sebelumnya, Air Terjun Pengmpu disebut-sebut dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Hal ini berdampak pada keberadaan fasilitas yang ada di lokasi yang tidak terlalu banyak. Namun untuk fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia. Selain itu, ada juga warung kecil yang menawarkan makanan dan minuman.

Bagi para traveller, berkunjung ke Bali tidak akan pernah membosankan. Banyak objek wisata yang kita temukan dengan segala kelebihannya. Salah satu contohnya yang kita bahas kali ini yaitu Air Terjun Pengmpu. Meski singkat, rasanya sudah lebih dari cukup untuk memberikan gambaran sebelum kunjungan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button