Curug Lepo, air terjun cantik dengan keindahan 4 kolam alami di Bantul - WisataHits
wisatahits

Curug Lepo, air terjun cantik dengan keindahan 4 kolam alami di Bantul

Curug Lepo, air terjun cantik dengan keindahan 4 kolam alami di Bantul

Pernah Berkunjung ke Air Terjun Lepo? Salah satu tempat wisata paling populer di Bantul, Yogyakarta.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Pohon, Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Yogyakarta sepertinya tidak pernah kehabisan tempat menarik. Ada objek wisata atau tempat menarik yang sebenarnya cukup tersembunyi. Warga sekitar menyebutnya Ledok Pokoh atau air terjun Lepo di kawasan Mangunan, Dlingo Bantul.

Keberadaan air terjun ini seakan menambah pesona Bantul yang memang sudah terkenal dengan tempat wisatanya. Sebut saja Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus.

Penasaran dan ingin mencoba datang ke sini? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Objek wisata air terjun Lepo

Air Terjun LepoKredit Gambar: Google Maps Dionisius Eka Pramudita

Yang membuat akrobat Lepo semakin populer adalah karena memiliki data menariknya sendiri. Dorong orang yang belum pernah ke sana untuk merasa penasaran untuk datang. Bahkan, mereka yang pernah berkunjung pun merasa tertarik untuk kembali. Atraksi yang dimaksud antara lain:

1. Mirip Taman Nasional Erawan di Thailand

Apakah Anda pernah ke Thailand? Air Terjun Lepo dikenal sangat mirip dengan Air Terjun Erawan di Thailand. Anda tidak perlu pergi jauh dengan biaya tinggi. Yogyakarta punya wisata yang tak kalah indahnya dengan negeri gajah putih.

Begitu sampai di lokasi, Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun dengan sungai berwarna hijau jernih. Pendekatan ke sungai dihiasi dengan bebatuan yang tersusun secara alami. Semakin menambah pesona wisata air terjun.

2. Air terjun dengan 3 tingkat dan 4 kolam alami

Sebagai daya tarik selanjutnya, air terjun ini sebenarnya memiliki 3 tingkat dengan 4 kolam alami. Setiap kolam memiliki kedalaman yang berbeda. Begini cara penggunaannya untuk pengunjung. Keempat tambak yang dimaksud adalah:

  • Kolam pertama berada di tingkat atas dengan kedalaman 2 meter. Di sini terdapat tempat khusus untuk melompat yang terbuat dari jembatan bambu yang dipasangi tiang semen. Bagi pengunjung yang bisa berenang dengan baik atau suka melompat, bisa memilih kolam mini.
  • Kolam kedua memiliki kedalaman hingga setinggi orang dewasa. Di sini terdapat air terjun yang paling tinggi dari yang lainnya. Selain itu, kolam kedua nampaknya paling luas dan dikelilingi bebatuan persegi panjang. Bagi Anda yang tidak suka berenang atau mengunjungi anak-anak, disarankan untuk memilih kolam ini.
  • Kolam ketiga adalah kolam yang paling dangkal. Hingga dasar cekungan tampak dipermukaan air sementara diselimuti oleh endapan batugamping. Kekhasan dari kolam ketiga ini terdapat tebing-tebing berbatu yang berbentuk balok-balok yang tersusun secara alami.
  • Kolam keempat terletak di area terendah dengan kedalaman hampir 2 meter. Kira-kira kedalamannya sama dengan kolam pertama, meski sedikit lebih sempit. Air terjunnya juga paling rendah, meski paling eksotis. Pengunjung bahkan bisa duduk di air terjun yang mengalir.

3. Hadirkan pemandangan yang indah

Air terjun Lepo menawarkan pemandangan yang indah. Perpaduan warna batuan karst, warna kolam yang indah dan hutan yang sangat alami membuatnya begitu eksotik dan menakjubkan. Cocok diabadikan dalam bentuk gambar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun LepoKredit gambar: Google Maps Rahmat Hidayat

Untuk menuju air terjun Lepo tentunya harus mengetahui lokasinya terlebih dahulu bukan? Air terjun cantik ini terletak di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Clongo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Anda harus melalui perjalanan yang membutuhkan usaha untuk sampai ke sana. Karena lokasinya sendiri berada di tengah hutan. Begitu akses jalan yang harus dilintasi bisa dibilang sangat tidak bagus meski bisa memberikan perasaan menyenangkan dari unsur alam.

Jika ingin ke sana, Air Terjun Lepo berjarak sekitar 31 km dari pusat kota Yogyakarta. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba kurang lebih 60 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalan Jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan. Jika Anda sudah sampai di Pasar Selatan Imogiri, Anda pasti bisa melihat pertigaan, lalu belok kiri.

Setelah itu arahkan kendaraan ke kanan menuju Kebun Buah Mangunan. Jika sudah, cari perempatan lalu ambil jalan menuju distrik Dlingo. Sesampainya di Pasar Dlingo ada jalan ke kanan, selanjutnya ikuti saja rambu yang disediakan.

Bagi yang baru pertama kali ke Jogjakarta, mungkin agak bingung. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa langsung mencari rute menuju air terjun Lepo melalui Google Maps agar lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Curug Lepo masih tergolong baru di Jogjakarta. Jadi, kami masih belum tahu berapa harga tiket masuknya. Sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat menyisihkan Rp 5.000 per orang sebagai persiapan.

Selain itu, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, terutama yang datang dengan kendaraan pribadi. Biaya ini berlaku untuk parkir dimana tarif sepeda motor adalah Rp 3000 dan Rp 5000 untuk mobil.

Bagi yang ingin menyewa peralatan, sudah disiapkan. Seperti pelampung yang bisa disewa seharga Rp 10.000. Sedangkan untuk menyewa tikar sebagai alat jika ingin beristirahat, biayanya hanya Rp 10.000 per unit.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Lepo

Aktivitas Seru di Air Terjun LepoKredit gambar: Google Maps Nadya Haira

Apa yang bisa dilakukan pengunjung saat sampai di wisata air terjun? Tentu, itu banyak, dan pastikan semuanya menyenangkan.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah:

1. Berenang dan bermain air

Air Terjun Lepo menawarkan tempat berenang yang direkomendasikan. Air terjunnya begitu indah dengan warna kehijauan yang unik. Sumber airnya juga dari pegunungan, jadi sejuk dan segar. Silahkan pilih kolam dengan kedalaman yang sesuai agar lebih seru.

2. Kamp

Anda juga bisa berkemah di sekitar air terjun. Jangan salah, banyak wisatawan yang tertarik untuk camping, terutama anak muda. Ingatlah untuk menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan tenda dari rumah terlebih dahulu.

3. Berburu Foto

Penting dan jangan lupa berburu foto menarik sebanyak-banyaknya. Latar belakang air terjun yang menakjubkan jelas merupakan surga bagi para pecinta fotografi. Bawalah kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap momen berharga di sana.

4. Menikmati keindahan air terjun

Menikmati panorama Air Terjun Lepo merupakan kegiatan yang hampir semua pengunjung lakukan. Lokasinya yang masih mempesona dan pemandangan alam yang asri pasti akan memanjakan mata Anda. Anda juga bisa duduk santai di pinggir bebatuan kapur sambil merendam kaki di dalam air.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun LepoKredit Gambar: Kegembiraan dan Kecanduan Google Maps Alind

Meski tergolong baru, pengelola sebenarnya sudah menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap untuk pengunjung. Ada beberapa warung makan yang menjual berbagai macam masakan desa yang menggugah selera.

Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan selama kunjungan Anda. Selain itu, masih banyak fasilitas lain untuk menunjang kenyamanan Anda. Mulai dari ruangan yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengadakan pertemuan.

Selalu ada kamar mandi bersih, parkir luas, spot foto instagenic, destinasi wisata tertata apik dan masih banyak lagi. Bahkan, tempat persewaan pelampung dan tikar sudah disiapkan dengan harga yang telah dibahas sebelumnya.

Ini adalah ulasan singkat tentang aksi Lepo. Terakhir jika Anda berencana untuk datang, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06:00-17:00 WIB. Lebih baik jika Anda datang saat hari cerah karena pemandangannya lebih indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button