Curug Jaka Tarub, keajaiban di tengah hutan pinus di Purworejo - WisataHits
Jawa Tengah

Curug Jaka Tarub, keajaiban di tengah hutan pinus di Purworejo

Curug Jaka Tarub merupakan wisata alam yang terletak di Kecamatan Pituruh, Purworejo dan diresmikan pertama kali pada tahun 2016.

Curug Jaka Tarub merupakan salah satu objek wisata air terjun di Purworejo yang masih asri dan belum buatan manusia termasuk jalan menuju lokasi utamanya.

Meski demikian, air terjun ini tetap populer, terutama di kalangan anak muda. Dan memang Curug Jaka Tarub Purworejo ini belum cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

Air Terjun Jaka TarubAir Terjun Jaka Tarub. Google Maps. Sumber: Puguh Asnawi

lihat juga: bukit sikepel

Namun secara keseluruhan, Curug Jaka Tarub memiliki potensi yang luar biasa untuk menarik perhatian wisatawan.

Salah satu alasannya adalah karena lokasinya yang berada di kawasan hutan pinus. Dan kini sudah banyak kawasan hutan pinus yang disulap menjadi wisata modern.

Lokasi Curug Jaka Tarub

  • Lokasi Curug Jaka Tarub terletak di kawasan hutan pinus desa Somogede.
  • Alamat Curug Jaka Tarub berada di Desa Silempung, Desa Somogede, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Rute air terjun Jaka Tarub

Padahal, jalan menuju Curug Jaka Tarub bisa ditempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja mengingat kondisi jalan lebih baik menggunakan sepeda motor.

Di sisi lain, selain memperpendek jarak trekking, tampaknya menjadi sulit untuk menyalip kendaraan lain.

Pengunjung bisa memarkir mobilnya di dekat rumah warga. Namun, jika menggunakan sepeda motor, Anda bisa parkir di tempat yang dekat dengan kawasan hutan pinus.

Trekking di antara hutan pinusTrekking di antara hutan pinus. Google Maps. Sumber: Ngaliman Ngaliman

Lihat juga: Taman Wisata Air Terjun Kaliurip

Jarak dari Alun-Alun Purworejo ke Curug Jaka Tarub atau desa Somogede sekitar 34 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam.

Mengapa air terjun sering disebut sebagai surga tersembunyi? Salah satu alasannya adalah karena lokasi utamanya berada di lokasi yang tersembunyi.

Begitu juga dengan wisata di Curug Jaka Tarub Somogode Pituruh Purworejo yang dianggap sebagai surga tersembunyi di balik pesona hutan pinus.

Dan pendakian pertama ke kota utama adalah melalui kawasan hutan pinus. Kondisi jalur trekking dari awal hingga akhir masih berupa tanah merah dan belum tertata.

Sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin datang kesana ditemani oleh orang-orang yang pernah berkunjung ke Curug Jaka Tarub.

Karena dikhawatirkan jalur trekking setelah kawasan hutan pinus tertutup semak belukar. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor cuaca juga…

suakaorang suci. Google Maps. Sumber: Ngaliman Ngaliman

Lihat juga: Taman Pahlawan

Selain itu, pengunjung diharapkan membawa perbekalan terlebih dahulu. Karena dalam perjalanan ke kota utama tidak ada fasilitas umum, warung juga tidak ada.

Tiket Masuk Air Terjun Jaka Tarub

Tiket masuk ke Curug Jaka Tarub gratis.

Jam buka Air Terjun Jaka Tarub

Belum ada keputusan resmi mengenai jam buka atau jam operasional Curug Jaka Tarub. Baru pada sore hari pengunjung pulang.

air terjun tersembunyi yang masih asriair terjun tersembunyi yang masih asri. Google Maps. Sumber: Aris Priyantoro

lihat juga: kerusuhan rusa

Fasilitas air terjun Jaka Tarub

Fasilitas wisata di Curug Jaka Tarub Purworejo masih sangat minim. Oleh karena itu, persiapkan perbekalan serta kebutuhan lainnya yang menunjang kepuasan wisatawan di Curug Jaka Tarub.

Landmark air terjun Jaka Tarub

1. Kisah Jaka Tarub dan 7 Bidadari

Menurut penulis, daya tarik pertama Curug Jaka Tarub adalah namanya. Karena objek wisata air terjun di Indonesia erat kaitannya dengan legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari.

Hampir semua wisata air terjun mengklaim bahwa tempat tersebut adalah tempat Jaka Tarub mencuri salah satu selendang 7 bidadari.

Begitu juga dengan Curug Jaka Tarub Purworejo. Meski sempat mampir untuk penamaan, ia mampu mengajak pengunjung untuk datang ke sana.

bersenang-senang bersamaberteriak bersama. Google Maps. Sumber: Puguh Asnawi

lihat juga: Air Terjun Cyclothok

2. Berada di kawasan yang masih asri

Pesona lain dari Curug Jaka Tarub adalah lokasinya yang berada di kawasan yang masih asri. Selain hutan pinus, aliran air juga masih terjaga kebersihannya di sepanjang jalur trekking.

Curug Jaka Tarub cukup tinggi dan airnya mengalir deras. Curug Jaka Tarub juga memiliki kolam utama yang dikelilingi bebatuan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button