Curug Gado Bangkong Tasikmalaya, Wisata Misteri Kodok Raksasa - WisataHits
Jawa Timur

Curug Gado Bangkong Tasikmalaya, Wisata Misteri Kodok Raksasa

Curug Gado Bangkong Tasikmalaya, Wisata Misteri Kodok Raksasa

Curug Gado Bangkong Tasikmalaya merupakan objek wisata dengan air terjun di kaki Gunung Galunggung. Selain pemandangan air terjun yang mempesona, objek wisata ini juga menyimpan rahasia tersembunyi di balik namanya.

Lokasi Air Terjun Gado Bangkong berada di Kampung Pasir Malang Kepunpuhan Cigaleuh, Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jalan menuju objek wisata ini cukup mudah dibandingkan dengan air terjun lainnya karena medan trekking tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Oleh karena itu, Curug Gado Bangkok bisa menjadi destinasi liburan keluarga sambil mengajak anak-anak.

Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi Curug Gado Bangkong.

Obyek Wisata Curug Gado Bangkok Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak perbukitan yang masih alami namun keindahan air terjun tersembunyi ini tersebar dari mulut ke mulut. Arti kata air terjun sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu “air yang jatuh dari bebatuan yang tinggi”.

Baca juga: Tasikmalaya Sepuluh Ribu Bukit, Wisata Sepuluh Ribu Bukit

Untuk Curug Gado Bangkong tingginya sekitar 70 meter, sehingga view air terjunnya sangat indah.

Rute, fasilitas, tempat menarik

Jika Anda ingin mengunjungi Curug Gado Bangkong Tasikmalaya, Anda dapat mengambil rute Singaparna menuju desa Santanamekar. Jarak dari pusat kota ke Santanamekar sekitar 15 kilometer. Sesampainya di gapura Kampung Cicurug berarti tempat air terjun yang ingin dituju sudah dekat.

Wisatawan yang datang hanya membayar Rp2.000 untuk parkir kendaraan dan Rp5.000 sebagai biaya retribusi. Harganya tentu cukup murah, jadi bisa jadi ide liburan hemat.

Juga, tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak penduduk lokal yang menjual bahan makanan lokal seperti pecel dan buah.

Di sekitar air terjun juga terdapat danau yang tidak terlalu dalam dimana anak-anak bisa berenang. Namun, untuk alasan keamanan, mohon jangan biarkan anak-anak lepas dari pengawasan orang dewasa.

Baca juga: Air Terjun Putih Tasikmalaya, air terjun penyucian diri

Misteri Katak Raksasa

Menurut informasi dari warga sekitar, Gado Bangkong merupakan kata bahasa Sunda yang berarti Gadu kodok. Pada waktu-waktu tertentu terdengar suara katak yang berasal dari makhluk gaib berupa katak raksasa.

Hingga saat ini, warga setempat masih mempercayai bahwa katak tersebut benar-benar ada. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk menjaga etika saat berkunjung ke objek wisata Curug Gado Bangkok Tasikmalaya. Beberapa tindakan sederhana seperti mengembalikan sisa makanan dan tidak berbicara adalah etiket yang baik. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button