Curug Dengdeng Tasikmalaya, wisata air yang eksotis dengan jalur yang menantang - WisataHits
wisatahits

Curug Dengdeng Tasikmalaya, wisata air yang eksotis dengan jalur yang menantang

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cikatomas, Tawang, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Wilayah Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan tentunya bisa memanjakan mata Anda. Curug Dengdeng salah satunya, wisata Tasikmalaya ini layak menjadi destinasi Anda. Belakangan ini Curug Dengdeng sedang populer di kalangan pecinta alam. Tentu saja popularitasnya dipengaruhi oleh media sosial. Memang, teknologi membuat segalanya menjadi mudah.

Orang Sunda menyebutnya “curug”, sebenarnya curug adalah air terjun. Ciri khas dari Curug Dengdeng sendiri adalah memiliki tebing berbatu yang lebar dan memiliki 3 tingkatan dimana setiap tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Hal ini membuat air terjun ini terlihat eksotis. Banyak orang mengira air terjun ini mirip dengan air terjun di Amerika Serikat.

Menurut bahasa Sunda, “dengdeng” berarti tidak setara. Memang, kondisi Curug Dengdeng tidak merata. Hal ini harus menjadi pertimbangan wisatawan untuk selalu berhati-hati saat menjelajahi air terjun ini. Jangan salah langkah, kamu mungkin mengira itu dangkal, tapi ternyata dalam saat kamu menyeberang. Demikian sedikit ulasan tentang Curug Dengdeng.

Lokasi dan tiket masuk Curug Dengdeng

Lokasi Curug DengdengKredit gambar: Google Maps José Hamra

Perjalanan menuju air terjun ini bisa dikatakan mudah, gampang, susah, gampang karena kondisi jalan yang ada sudah beraspal namun banyak tambalan. Setelah itu kondisi jalan masih aspal. Oleh karena itu, ekstra waspada saat mengambil rute ini dan juga ingat untuk memakai helm demi keselamatan Anda. Akses jalan menuju air terjun sulit dilalui bus.

Jika anda pecinta alam, anda akan merasa tertantang untuk melintasi lapangan tunggal ini karena jalan di wisata ini sebagian masih berupa aspal, namun jangan khawatir perjuangan anda akan terbayar saat melihat air terjun ini di jalan setapak, karena dari sini keindahan air terjun bisa diapresiasi.

Ada 2 jenis tiket masuk untuk wisata ini. Untuk sepeda motor, tiket masuknya Rp 5.000 dan untuk mobil Rp 15.000. Harga masuknya tidak seberapa dibandingkan dengan keindahan wisata ini.

Selain harga tiket yang terjangkau, jam bukanya sendiri ternyata harian dan berlaku selama 24 jam. Dengan jam buka 24 jam, juga disediakan akomodasi jika Anda memang ingin bermalam. Karena itu, Anda bisa datang dan menikmati eksotisme Curug Dengdeng sesuka hati.

Fasilitas air terjun Dengdeng cukup memadai

Fasilitas air terjun Dengdeng cukup memadaiKredit gambar: Twitter Curug Dengdeng

Seiring dengan popularitasnya yang semakin meningkat, di bidang pariwisata, air terjun eksotis ini dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tempat wisata lainnya. Terdapat toilet, mushola, ruang ganti, tempat parkir yang cukup luas, gazebo atau saung dan warung makan di sekitar gubuk.

Untuk tempat parkir mobil letaknya agak jauh dari air terjun, jadi persiapkan bekal atau air minum yang cukup karena harus menempuh medan jalan kaki yang bisa memakan banyak waktu.

Jarak yang jauh mengharuskan Anda untuk berjalan, jadi kenakan perlengkapan yang tepat, seperti memakai sandal atau sepatu dengan tanah yang tidak rata, untuk memudahkan berjalan selama musim hujan. Tanah berlumpur menjadi pemicu terjadinya slip. Dengan demikian, peralatan yang Anda gunakan atau bawa harus sesuai dengan kondisi tersebut.

Gazebo bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat atau berkemah bersama rombongan, bisa juga menjadi tempat makan bersama mereka. Beristirahat di lingkungan alam yang alami akan membuat Anda lebih rileks dan siap untuk melanjutkan kesibukan Anda.

Bagi Anda yang lebih menyukai yang praktis atau tidak ribet, Anda bisa membeli makanan dari warung-warung yang ada di sekitar kabin. Tapi kalau mau bawa bekal, masih boleh. Namun jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk harga makanan di toko ini relatif murah.

Dengan membuang sampah pada tempatnya, mungkin keindahan alam Indonesia tidak akan rusak. Bagian ini sangat penting, terutama jika Anda mengajak anak Anda, karena apa yang Anda lakukan pasti akan ditiru oleh anak Anda. Oleh karena itu, dengan hal sepele ini, mari kita lakukan dengan benar.

Perlu diketahui, Curug Dengdeng tidak dikelola oleh pemerintah sehingga fasilitasnya tidak terisi dengan baik, seperti akses jalan yang bisa dikatakan buruk, apalagi tidak ada penunjuk arah. Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini, ada baiknya Anda meminta warga sekitar untuk meminimalisir kerugian.

Objek Wisata Curug Dengdeng, Tasikmalaya

Daya Tarik Curug DengdengKredit gambar: Twitter Penerbangan

Berenang atau sekedar bermain air menjadi favorit banyak orang untuk menghilangkan rasa bosan. Perjalanan, terutama wisata alam, bisa menyegarkan pikiran. Melihat pemandangan alam yang jarang Anda lihat bisa membuat Anda sadar bahwa alam ini tidak diciptakan dengan sia-sia. Mereka ada untuk dinikmati dan juga untuk dirawat.

Wisata Curug Dengdeng destinasi anda pasti tidak akan mengecewakan. Karena air terjun ini memiliki pesona tersendiri. Banyak orang menyebut air terjun ini mirip dengan air terjun terkenal di Amerika.

Tak hanya itu, keadaan air terjun yang memiliki 3 tingkat membuatnya berbeda dengan air terjun lainnya. Tidak hanya itu, kondisi bebatuan di air terjun ini seperti bebatuan, hal ini dikarenakan adanya arus vertikal yang membentuk ijuk dan membuat lubang seperti karang. Tidak hanya itu pemandangan eksotis akan didapatkan saat Anda melihat-lihat.

Dengan kondisi alam seperti di atas, Anda akan bisa berenang di alam terbuka sambil menikmati keindahan panorama alam. Bagaimana tidak, air terjun ini diapit oleh perbukitan yang memancarkan alam eksotis ini. Coba perhatikan juga aliran airnya, saluran airnya cukup deras sehingga terlihat seperti tirai.

Daya Tarik Curug DengdengKredit gambar: Google Maps Yus Tri Pambudhi

Untuk memiliki waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun ini, disarankan untuk mengunjunginya pada saat musim pancaroba atau pancaroba. Karena saat musim hujan, debit air menjadi deras dan airnya keruh. Tentunya hal tersebut membuat hasil foto Anda menjadi kurang bagus bukan?

Tidak berbeda dengan tempat lain, Curug Dengdeng dianggap oleh masyarakat setempat memiliki mitos yang bisa dipercaya atau tidak. Indonesia memang kaya akan mitos dan cerita misterius di balik tempat dan peristiwa tertentu. Jadi terserah Anda untuk percaya silakan, jika tidak silakan juga. Yang pasti jaga kebersihan dan kesopanan dimanapun anda berada.

Eksotisme Curug Dengdeng inilah yang mampu membasuh perasaan penonton. Anda yang belum menemukan destinasi wisata bisa mencoba air terjun ini. Panorama yang jarang dieksplorasi ini layak menjadi tempat wisata unggulan dan terpelihara di Jawa Barat.

Selain panoramanya yang tak terbantahkan, tempat ini buka 24 jam sehari, jadi Anda tidak perlu khawatir akan keterlambatan meninggalkan tempat ini. Di sisi lain, akomodasi disediakan. Ini akan membuat Anda lebih menikmati liburan Anda. Menghabiskan waktu dengan alam menciptakan ketenangan tersendiri bagi penontonnya. Sensasi yang berbeda dapat mempengaruhi kehidupan seseorang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button