Curug Cipeuteuy Majalengka, pesona air terjun yang indah dan alami - WisataHits
wisatahits

Curug Cipeuteuy Majalengka, pesona air terjun yang indah dan alami

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Cipeuteuy merupakan salah satu destinasi wisata di Majalengka. Menghadirkan keindahan air terjun yang asri dengan suasana yang masih sangat asri dan alami, membuat Cipeuteuy selalu ramai dikunjungi pengunjung. Air tawar memanjakan siapa saja yang mandi atau mandi di kawasan Cipeuteuy.

Untuk dapat mencapai titik yang tepat dari air terjun ini, wisatawan harus melalui jalan hutan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada tepat di tengah hutan. Dengan lokasi air terjun jenis ini, sangat membantu para pecinta Jungle Trekking untuk menjelajahi kawasan hutan Cipeuteuy. Pepohonan di sekitar hutan masih sangat asri dan rindang.

Sambil menghabiskan liburan di air terjun Cipeuteuy ini, pengunjung juga berkesempatan mengunjungi sirkuit lain yang ada di sekitar dan tidak jauh dari lokasi air terjun. Berbagai fasilitas juga disediakan oleh pengelola air terjun dan dapat dinikmati pengunjung kapan saja selama liburan wisata ini. Pasti akan sangat seru dan seru liburan disini.

Tempat Wisata Curug Cipeuteuy

Air Terjun CipeuteuyKredit gambar: Google Maps Xavier Gaubert-Amy

Cipeuteuy merupakan salah satu destinasi wisata air terjun di Majalengka, Jawa Barat. Menampilkan keindahan air terjun atau air terjun yang menawan, menjadikan air terjun ini banyak diminati oleh para wisatawan. Berada di tengah hutan membuat wisatawan nyaman dan tenang. Wisata ini cocok untuk pengunjung yang datang dari kota.

1. Pemandangan alam yang mempesona

Pemandangan alam air terjun ini cukup terkenal karena sangat indah dan rindang. Berada di tengah hutan dan jauh dari kota membuat suasana sekitar masih sangat alami. Rasanya seperti tidak pernah disentuh oleh manusia. Keindahan air terjunnya pun tak kalah indah. Air terjunnya bisa jadi spot foto yang unik juga lucu.

Biasanya beberapa wisatawan yang berkunjung adalah fotografer. Kebanyakan dari mereka sangat menyukai fotografi alam konseptual. Inilah mengapa Cipeuteuy selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama pada hari libur nasional, perayaan akhir tahun dan tahun baru. Wisata air terjun ini bisa menjadi tujuan liburan Anda saat berkunjung ke Majalengka.

2. Pesona Kolam Berjenjang

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Curug Cipeuteuy adalah adanya kolam renang bertingkat. Sebelum memasuki kawasan air terjun atau air terjun sebenarnya, wisatawan akan dibuat takjub dengan kolam renang yang ada di kawasan Cipeuteuy. Kolam renang ini menjadi ciri khas wisata bahari di Majalengka ini.

Sangat berbeda dengan kolam renang pada umumnya, kolam ini dibuat dengan bentuk yang unik dan menarik. Pemandian umum ini dibangun dalam bentuk berjenjang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Tentu saja kolam di tingkat paling bawah adalah kolam yang dangkal, begitu juga sebaliknya.

3. Perasaan mengunjungi lebih dari satu objek wisata lainnya

Sedikit informasi, Curug Cipeuteuy merupakan destinasi wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dari sirkuit lain di Majalengka. Ada beberapa objek wisata lain selain air terjun yang bisa dikunjungi semua wisatawan selama liburan di wisata air terjun ini. Tentunya hal ini akan menghemat biaya liburan Anda karena Anda datang langsung ke lebih dari satu kali kunjungan.

Inilah alasan utama para pecinta liburan alam datang ke Cipeuteuy. Selain dapat menikmati keindahan air terjun Kabupaten Majalengka ini, wisatawan juga dapat menikmati wisata lain yang tidak kalah indah dan indahnya dari wisata air terjun. Liburan Anda bersama keluarga atau teman akan lebih ceria dan seru.

Alamat dan rute menuju air terjun Cipeuteuy

Alamat air terjun CipeuteuyKredit gambar: Google Maps Nurfadhilah Septiandi Harhari

Curug Cipeuteuy merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Majalengka. Alamatnya tepatnya di Jalan Dusun Pasir, Bantaragung, Kabupaten Sindangwangi, Jawa Barat. Wisatawan dapat mengunjungi Cipeuteuy dengan menempuh jarak yang diperkirakan sekitar 25 km dari pusat kota Majalengka.

Rute umum yang biasa dilalui wisatawan dari Cipeuteuy adalah jalan raya Majalengka. Dari jalan raya, arahkan kendaraan Anda menuju Desa Sindangwangi. Saat tiba di kawasan Sidanwangi, Anda hanya perlu menuju desa terakhir yaitu Desa Bantaragung. Setelah itu ikuti saja petunjuknya.

Perkiraan waktu tempuh sendiri akan memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Waktu tempuh adalah waktu tempuh dari pusat kota Majalengka. Namun, perkiraannya bisa lebih tinggi jika terlalu banyak pengunjung. Jalan menuju kawasan air terjun bisa sangat ramai karena banyaknya pengunjung yang datang.

Untuk antisipasi, ada baiknya Anda berangkat lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko keterlambatan di lokasi stunt. Biasanya, situasi seperti ini biasanya terjadi saat musim perayaan menjelang liburan sekolah atau saat tahun baru. Pengunjung yang datang akan lebih banyak dari pada hari-hari biasa.

Bisa dikatakan akses dan rute yang biasa digunakan wisatawan untuk menuju lokasi Curug Cipeuteuy cukup baik dan dalam kondisi baik. Dengan akses jalan seperti ini, sangat memungkinkan bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi. Pergi sebagai sebuah kelompok untuk membuat perjalanan Anda lebih seru dan menyenangkan.

Sedikit informasi, walaupun jalan menuju air terjun ini cukup bagus dan bagus, beberapa ruas jalan dikatakan cukup sempit dan berbahaya. Ada baiknya sebelum berangkat periksa kendaraan pribadi Anda terlebih dahulu untuk menghindari bahaya di jalan, seperti rem blong atau blong. Periksa klakson, lampu, dan kopling terlebih dahulu agar tetap aman.

Harga tiket masuk air terjun Cipeuteuy

Harga tiket masuk air terjun CipeuteuyKredit gambar: Google Maps Nur Rohidin

Tidak jauh berbeda dengan wisata air terjun lainnya di Jawa Barat, pengelola membebankan biaya masuk kepada seluruh pengunjung Curug Cipeuteuy tanpa terkecuali. Besarnya biaya masuk ini tergantung pada usia pengunjung. Ada kategori tiket, yaitu tiket untuk anak-anak, usia 1 sampai 4 tahun, serta untuk remaja dan dewasa.

Untuk anak-anak, pengelola mematok harga Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk remaja hingga dewasa pengelola mematok tarif Rp 15.000 per orang. Tentunya dengan biaya yang murah dan terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Cipeuteuy yang menakjubkan dan eksotis.

Bagi yang membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah, yaitu antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000,00 per kendaraan. Tentunya dengan harga yang terjangkau untuk sebuah tempat liburan atau tempat wisata. Tak heran jika wisata Cipeuteuy cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Cipeuteuy

Aktivitas seru Cascade de CipeuteuyKredit gambar: Google Maps di Kitty

1. Rasakan Sendiri Konservasi Elang Jawa

Hal menarik yang jarang diketahui oleh pengunjung Cipeuteuy adalah kawasan ini dijadikan sebagai kawasan konservasi satwa langka, seperti elang jawa. Hewan ini merupakan salah satu spesies hewan asli pulau jawa yang populasinya sangat sedikit dan terancam punah. Populasi juga bisa dihitung di sana.

Kepunahan ini disebabkan oleh perburuan manusia, dengan rusaknya habitat aslinya. Pengunjung Cipeuteuy dapat melihat langsung spesies langka ini, namun tidak diperbolehkan mendekatinya secara langsung. Hewan-hewan ini akan merasa terganggu dan menganggap dirinya terancam jika didekati oleh makhluk hidup lain, kecuali sesama makhluknya.

2. Berenang di kolam berjenjang

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang di kolam bertingkat yang terletak di dekat pintu masuk kawasan air terjun Cipeuteuy. Kolam ini sengaja ditata sebagai teras agar semua orang bisa berenang dengan santai dan nyaman. Duduk bersantai di tepi kolam renang juga akan menjadi aktivitas yang seru dan mengasyikkan.

Kolam renang ini akan menjadi spot favorit bagi pengunjung yang menyukai aktivitas berenang. Anda bisa berenang bersama keluarga atau bayi Anda. Air kolamnya sangat sejuk dan segar, pastinya akan sangat ramai saat suasana sangat panas. Maka tidak heran jika pada siang hari kolam akan sangat ramai atau penuh.

3. Berenang di area air terjun

Kegiatan Seru di Curug CipeuteuyKredit gambar: Google Maps Rafika Ratik Sripure

Air terjun ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Ketinggian ini tentu relatif rendah. Namun meski tidak terlalu tinggi, air terjun ini tetap memberikan sensasi menyegarkan. Apalagi kondisi air terjun yang bersih menjadi nilai tambah bagi wisata air terjun di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Agar wisatawan yang mandi di air terjun langsung merasa nyaman, pengelola membangun bundaran, lebih tepatnya sebagai pembatas melingkar sehingga bisa diatur tempat khusus untuk mandi. Dengan pembatas ini, wisatawan tetap bisa mandi menikmati tenangnya arus air terjun.

4. Berburu Foto

Aktivitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto di tempat-tempat alami yang tersedia. Salah satu yang paling menarik adalah jembatan yang berada tepat di atas kolam bertingkat. Ini adalah tempat foto favorit bagi pengunjung. Jangan lupa untuk berfoto di lokasi lain. Dijamin foto kamu akan sangat cantik dan instagramable.

Fasilitas wisata yang tersedia di Curug Cipeuteuy Majalengka

Perlengkapan Curug Cipeuteuy MajalengkaKredit gambar: Google Maps Maman Permana

Fasilitas paling populer di sini adalah gazebo yang banyak tersebar di kawasan Curug Cipeuteuy. Belvedere ini umumnya digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi pengunjung yang baru saja tiba di kawasan Cipeuteuy. Menariknya, pengelola telah menambahkan atap agar pengunjung tidak kepanasan dan tetap sejuk.

Selain gazebo, setelah pengunjung puas berenang, mandi dan bermain air, pengelola telah menyediakan toilet untuk berkumur. Toilet yang bersih dan nyaman menjadi daya tarik tersendiri. Toilet ini juga terbuka untuk umum dan bisa digunakan kapan saja di area air terjun.

Selain itu pengelola juga menyediakan tempat penyewaan ban atau pelampung, serta perlengkapan renang lainnya yang bisa disewa sewaktu-waktu. Dengan membebankan biaya sewa yang murah dan terjangkau agar semua pengunjung dapat menikmati fasilitas tersebut. Anda akan merasa puas dan nyaman dalam wisata air terjun ini.

Terakhir, yang tidak boleh dilewatkan adalah tersedianya restoran yang menawarkan makanan khas Majalengka yang enak dan lezat. Aktivitas seharian di air terjun pasti akan membuat perut lapar. Jangan khawatir, Anda mungkin akan menemukan masakan khas Majalengka yang tersedia di restoran terdekat.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Curug Cipeuteuy yang perlu anda ketahui. Informasi ini dapat menjadi referensi dan referensi Anda sebelum Anda mengunjungi air terjun ini sebagai tempat liburan bersama keluarga, teman, kerabat atau orang yang Anda cintai. Menghabiskan liburan di sini pasti akan sangat seru dan asik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button