Curug Cilember, air tawar bikin tak lekang oleh waktu! Cocok untuk akhir pekan - WisataHits
Jawa Barat

Curug Cilember, air tawar bikin tak lekang oleh waktu! Cocok untuk akhir pekan

Bogor

Bogor diberkati dengan banyak air terjun yang indah. Salah satunya adalah air terjun Cilember yang kesegarannya masih sangat alami. Ada mitos abadi yang dipercaya orang.

Wisata Bogor memang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Keindahan kota hujan ini selalu bisa memukau para traveler, terutama keindahan air terjunnya.

Salah satunya adalah air terjun Cilember. Air terjun ini terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Curug Cilember sangat mudah dijangkau. Disarankan wisatawan hanya menggunakan sepeda motor untuk menghindari kemacetan lalu lintas di lantai atas.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dari atas setelah pasar Cisarua dari kanan jalan, kita harus jeli melihat papan penunjuk arah menuju Curug Cilember. Sekitar 200 meter dari pasar Cisarua Anda akan melihat jalan beraspal kecil menuju desa dan berakhir di Curug Cilember.

Setelah sampai di tiket masuk, Anda perlu membeli tiket seharga Rp15.000 per orang dan mendaki untuk mencapai air terjun ini. Saat Anda memasuki kawasan air terjun Cilember, Anda akan disambut oleh sebuah tangga berjajar deretan hutan pinus.

Air Terjun CilemberCurug Cilember Foto: Suyoto Achmadi/d’Traveler

Setelah 10 menit berjalan kaki, Anda dapat mencapai Taman Cinta dan Peternakan Kupu-Kupu. Dari Taman Cinta Anda harus mendaki lagi untuk sampai ke air terjun pertama yaitu Curug 7.

Ya benar sekali. Padahal, ada 7 air terjun di Cilember yang masih dalam satu kawasan. Air terjun ini sering disebut sebagai Curug 7 Cilember. Setelah puas dengan Curug 7, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Curug 5 yang jaraknya sangat dekat. Dari Curug 5 masih ada Curug 4, 3, 2 dan 1, namun untuk menuju air terjun ini membutuhkan fisik yang sangat kuat.

air terjunAir Terjun Cilember Foto: (Idris/d’Traveler)

Curug Cilember sendiri memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 18-25 derajat Celcius. Sangat sejuk dan segar, cocok untuk wisatawan yang ingin melepas penat dari kehidupan kota yang sibuk.

Di balik keindahannya, Curug Cilember ternyata merupakan mitos atau cerita yang diturunkan secara turun temurun oleh warga setempat. Konon air terjun ini pada awalnya merupakan tempat pemandian para putri kerajaan Siliwangi.

Menurut warga sekitar, mandi di Curug Cilember membuat kita awet muda. Selain itu, jika Anda mandi di tempat ini, Anda akan dengan mudah mendapatkan informasi tentang pasangan Anda atau orang penting lainnya.

Air yang jatuh dari Curug Cilember juga konon bisa digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit. Anda bisa percaya, Anda tidak bisa. Sudah bisa dipastikan Curug Cilember bisa menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya.

Tonton video “Air Terjun Cilember, Asyiknya Menikmati Segarnya Air Terjun Bogor”.
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button