Curug Cikahuripan, curug alami dengan suasana alam hijau yang asri di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Curug Cikahuripan, curug alami dengan suasana alam hijau yang asri di Kuningan

Curug Cikahuripan, curug alami dengan suasana alam hijau yang asri di Kuningan

Apakah Anda suka berlibur di tempat-tempat yang indah? Rasakan keindahan alam Air Terjun Cikahuripan Kuningan dan nikmati aktivitas menarik seperti bermain air, hiking, atau piknik.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Cikahuripan, Kec. Maleber, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Cikahuripan di Kuningan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun yang terletak di tengah alam yang masih hijau ini menawarkan pesona keindahan alam yang mempesona. Selain itu, suara gemericik air yang jernih membuat suasana semakin sejuk dan tenang.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 hingga 30 meter dan memiliki genangan air yang cukup dalam. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun sambil merendam kaki di kolam yang airnya cukup sejuk. Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dijadikan background.

Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup berat. Namun, perjalanan tidak akan terasa lama atau melelahkan bagi Anda karena pemandangannya sangat indah. Oleh karena itu, bagi pecinta alam dan petualangan, Air Terjun Cikahuripan menjadi destinasi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun Cikahuripan

Objek wisata air terjun Kuningan CikahuripanFoto: Google Maps/Iksan Sandra

Air terjun atau curug ini merupakan salah satu yang terbaik di kawasan Kuningan dan sekitarnya. Lokasinya mungkin agak sulit dijangkau, tetapi memiliki banyak hal yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun ini.

✦ Trek pendakian

Untuk mencapai air terjun ini, wisatawan harus menempuh jalur pendakian yang sulit. Namun, kendala yang harus diatasi terbayar dengan keindahan alam yang memukau di sepanjang jalan. Setelah sampai di Curug Cikahuripan, wisatawan akan disambut oleh air terjun yang airnya jernih dan sejuk. Apalagi pemandangan di sekitar air terjun juga sangat mempesona.

Tak hanya itu, air terjun ini juga memiliki udara sejuk yang segar, sehingga membuat wisatawan tenang dan damai. Bagi pecinta alam, air terjun ini juga menawarkan jalur pendakian yang memanjakan mata dengan pemandangan alam yang indah.

✦ Air Terjun Keren

Air Terjun Cikahuripan juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi dan air yang jernih memberikan kesan menyejukkan bagi wisatawan yang datang mengunjunginya. Suasana tenang dan damai di sekitar air terjun juga membuat wisatawan betah dan rileks.

Selain itu, air terjun ini juga menawarkan keindahan alam yang selalu asri dan terjaga. Wisatawan dapat menikmati jalur pendakian yang menantang menuju air terjun dan menikmati keindahan alam di sepanjang jalan.

✦ Sungai jernih dan sejuk

Daya tarik Curug Cikahuripan tidak hanya terletak pada keindahan air terjunnya yang mempesona, tetapi juga pada sungai yang sejuk dan jernih yang mengalir di sekitarnya. Sungai menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam dan santai.

Suasana sejuk dan alami di sekitar sungai membuat wisatawan merasakan kedamaian yang sulit ditemukan di perkotaan. Selain itu, sungai ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dengan air yang mengalir dengan tenang di antara bebatuan yang ada.

✦ Tempat piknik

Curug ini juga cocok dijadikan tempat piknik bagi wisatawan yang ingin bersantai bersama keluarga atau teman. Dengan suasana alam yang tenang dan segar, tempat ini sangat ideal untuk menghabiskan liburan.

Pengunjung dapat memilih dari berbagai tempat piknik yang tersedia, seperti di dekat air terjun atau di sekitar sungai yang mengalir santai. Ada juga fasilitas seperti lapangan luas, toilet yang bisa memudahkan wisatawan.

✦ Alam hijau yang indah

Daya tarik air terjun Cikahuripan yang tak kalah menarik adalah pemandangan alam hijau asri yang mengelilinginya. Wisatawan bisa menikmati hamparan pepohonan yang rimbun dan udara segar yang membuat pikiran lebih jernih dan tenang.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun Cikahuripan KuninganFoto: Google Maps/Iksan Sandra

Air terjun ini terletak di Desa Cikahuripan, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini semakin populer di kalangan wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang indah dan suasana yang tenang.

Untuk mengakses sirkuit tersebut, wisatawan dapat mengakses melalui jalan lingkar di luar desa Kahuripan. Rute ini cukup mudah ditempuh dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan hingga air terjun Cikahuripan.

Dari pusat Kota Kuningan, perjalanan menuju air terjun memakan waktu sekitar 60 menit menggunakan sepeda motor atau mobil. Jangan ragu untuk menyempatkan diri mengunjungi destinasi menawan ini selama Anda berada di Kuningan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk Air Terjun Cikahuripan cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 per orang. Dengan biaya tersebut, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan suasana sejuk yang ditawarkan oleh wisata Kuningan yang mempesona ini.

Selain itu, tarif parkir juga ditawarkan dengan harga bersahabat. Wisatawan yang membawa kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya mulai dari Rp 20.000.

Dengan tarif yang terjangkau, Cikahuripan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam yang ditawarkan tentu sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mengakses wisata air terjun ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Air Terjun Cikahuripan KuninganFoto: Google Maps/Iksan Sandra

Ada banyak kegiatan sehingga jika ingin berwisata ke sini tidak akan bosan. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dicoba oleh wisatawan yang ingin menikmati perjalanan akhir pekan atau liburan.

1. Navigasi sampai puas

Curug Cikahuripan menawarkan banyak aktivitas menarik untuk dilakukan. Wisatawan dapat menjelajahi sekitar air terjun sepuasnya, menikmati pemandangan yang indah sambil merasakan udara segar yang sejuk.

Selain itu, wisatawan juga dapat mendaki atau mendaki ke puncak gunung di sekitar air terjun. Di puncak gunung, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, apalagi saat matahari terbit atau terbenam.

2. Menikmati dinginnya air terjun Cikahuripan

Bagi wisatawan yang mencari pengalaman baru, cobalah mandi di air terjun yang dingin di sekitar air terjun. Air terjun yang jernih dan sejuk akan menghadirkan rasa kesegaran yang luar biasa bagi tubuh.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba aktivitas seperti mandi di kolam dekat air terjun atau menyusuri sungai yang mengalir di sekitar kawasan wisata.

3. Main air di sungai

Bagi wisatawan yang senang bermain air, aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah bermain di sungai yang jernih dan sejuk di sekitar air terjun. Wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti berenang, bermain air, atau bahkan mencoba tubing di sungai yang berarus deras namun aman.

4. Piknik di pinggiran

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan disana adalah piknik di dekat air terjun. Wisatawan bisa membawa bekal dan makan di samping air terjun yang indah sambil menikmati suasana alam yang menenangkan. Banyak tempat piknik di sekitar air terjun, seperti di bawah pohon rindang atau di tepi sungai.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati surga dunia yang masih sangat alami di hadapannya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Instalasi Air Terjun Cikahuripan KuninganFoto: Google Maps/Dihar 20

Biasanya air terjun selalu memiliki fasilitas yang kurang memadai. Selain itu, lokasinya berada di area yang cukup sulit dijangkau. Khusus untuk aksi ini, berikut beberapa fasilitas yang bisa didapatkan.

  • toilet sederhana
  • Tempat yang luas untuk bersantai
  • area parkir
  • Fasilitas kios

Curug Cikahuripan menawarkan pengalaman wisata yang menakjubkan dengan keindahan air terjun dan kehijauan alam sekitarnya. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam. Jika Anda ingin datang ke sini, pastikan Anda memiliki fisik yang baik untuk mendaki.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button