Curug Balong Endah Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Curug Balong Endah Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Lokasi, dan Harga Tiket – Air Terjun Balong Endah salah satu air terjun populer di Bogor, Jawa Barat yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Memiliki air yang jernih dan lingkungan alam yang asri.

Harga tiket: Rp7.500, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Curug Pangeran, Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Sebagai daerah berjuluk kota hujan, Bogor sebenarnya memiliki segudang tempat wisata yang menakjubkan. Tak hanya Kebun Raya Bogor atau Puncak Bogor, tapi juga air terjun yang begitu memesona. Curug adalah air terjun dalam istilah yang berbeda. Di Bogor sendiri ada air terjun yang bernama Curug Balong Endah.

Air terjun ini merupakan objek wisata yang baru dibuka pada tahun 2016. Namun karena keindahannya, air terjun yang eksotis ini banyak dikunjungi oleh para pecinta alam. Bagaimana destinasi wisata alam ini tidak memiliki perasaan air terjun yang berbeda. Dilihat dari lokasinya, Balong Endah masih berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Gunung Halimun.

Dengan tampilan alami yang begitu luar biasa. Ditambah dengan suara burung yang hinggap di pepohonan, hal ini seolah menambah indahnya suasana. Apalagi di air terjun ini Anda tidak akan merasakan beban apapun. Karena begitu banyak mata melihat bahwa yang ada hanyalah rasa syukur atas ciptaan Tuhan.

Daya Tarik Curug Balong Endah

Objek wisata air terjun Balong EndahKredit gambar: Google Maps

1. Kolam renang alami yang luar biasa

Air terjun ini memiliki aliran air terjun yang cukup besar dengan kolam di bawahnya. Lokasi air terjun ini berada di dalam hutan belantara dengan letak yang mencapai 900 meter di atas permukaan laut. Pembuatan air terjun ini terlihat sangat segar. Apalagi di pagi dan sore hari, udara segar cenderung mendinginkan kulit.

Air terjun dengan air yang jernih dan area kolam yang indah memang mempesona. Selain itu, di sekitar kolam Anda akan menemukan bebatuan karang alami. Tebing tinggi juga tampak menjadi tembok kokoh yang melindungi area air terjun.

Di balik airnya yang begitu jernih, Curung Balong Endah dipenuhi bebatuan air. Selain itu, di beberapa tempat juga terdapat bebatuan besar. Meski air terjunnya tidak begitu tinggi, aliran air di sini tidak pernah kering. Pastikan untuk merasakan sensasi mandi di kolam alami yang disajikan oleh alam.

2. Pancuran air jernih

Seperti diketahui air terjun ini memiliki air terjun dengan aliran air yang cukup deras. Sehingga air tidak pernah kering walaupun sedang musim kemarau. Apalagi saat hujan, air terjun ini akan memiliki air dengan debit yang lebih besar.

Harmoni riuh pepohonan yang tertiup angin dan rintik-rintik air yang jatuh di bebatuan alam. Akan menjadi musik indah yang menyambut telinga Anda. Sejenak lupakan semua kerepotan dan rilekskan tubuh dengan air dingin.

3. Terletak di lereng Gunung Salak

Tempat Wisata di Curug Balong Endah BogorKredit gambar: Google Maps yudi Wahyudi

Daya tarik air terjun Balong Endah selanjutnya adalah mengenai lokasinya sendiri. Dimana air terjun ini berada di lereng Gunung Salak. Jadi bisa dibayangkan betapa alaminya air di air terjun tersebut.

Tak heran jika air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus bersiap-siap untuk trekking melewati hutan di lereng Gunung Salak.

Meskipun jalan menuju ke sini cukup curam, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan alam yang akan Anda temukan di sini. Airnya yang jernih, bebatuan air yang alami dan air terjun yang tinggi memberikan nuansa tersendiri. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

4. Pemandangan kolam renang dari atas tebing

Bagi Anda yang ingin melihat pesona air terjun dari ketinggian, Curug Balong Endah bisa dilihat lebih dekat. Artinya, Anda bisa berdiri berdampingan dengan air terjun sambil melintasi medan yang cukup terjal.

Menyaksikan kolam air terjun dari atas tebing memang mendebarkan. Ditambah lagi dengan pemandangan bebatuan besar yang mengelilinginya.

Alamat dan Arah Lokasi Curug Balong Endah

Alamt Balong EndahKredit gambar: Google Maps Gina Marzella Wijiyanto

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Balong Endah bisa langsung menuju Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Karena tempat ini berada di area yang sama dengan taman nasional.

Tepatnya di kawasan Desa Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasi air terjun ini juga begitu dekat dengan wisata air terjun lainnya seperti Pangeran Curug.

Untuk menuju Desa Picung, pengunjung harus menempuh beberapa rute terlebih dahulu. Medan di lokasi memang cukup menantang. Karena tempatnya berada di lereng Gunung Salak. Jadi jangan heran jika harus melintasi perbukitan, turunan dan jalan yang berkelok-kelok.

Jika perjalanan dimulai dari Kota Bogor, Anda bisa langsung menuju IPD Darmaga. Kemudian naik ke Ciampea.

Jika mengikuti jalan akan sampai di perempatan Cikampak, disini anda harus mengambil arah Bunder. Percepat kendaraan Anda hingga mencapai gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Balong Endah ada di daerah tersebut. Dari rute yang dijelaskan di atas, akan memakan waktu sekitar 1h30 untuk tiba. Meski harus menempuh rute yang sulit, semua akan terbayar saat sampai di air terjun yang menawan ini. Segala penat akan hilang dan yang tersisa hanyalah rasa kagum pada ciptaan Tuhan.

Harga tiket masuk Curug Balong Endah Bogor

Harga tiket masuk Curug Balong Endah BogorKredit gambar: Google Maps

Menjadi salah satu air terjun yang menjadi tujuan wisata di Bogor, Curug Balong Endah juga menetapkan tarif untuk setiap pengunjungnya. Meski begitu, harga tiketnya cukup murah. Karena berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Anda juga perlu membayar tiket masuk.

Jika dirinci lebih lanjut, tiket masuk ke taman nasional ini adalah Rp 10.000. untuk masuk ke lokasi air terjun anda membutuhkan tambahan biaya Rp 7500. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi juga dikenakan biaya parkir.

Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya Rp 5.000. Bagi yang membawa mobil akan dikenakan tarif lebih tinggi yaitu Rp 10.000.

Balong Endah memang terkenal dengan keindahan alam dan airnya yang jernih. Tak heran, banyak juga wisatawan yang datang dari luar kota. Meski begitu, hanya pada waktu-waktu tertentu saja Anda bisa menikmati wisata alam ini. Karena air terjun ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Ini juga dimulai pada pukul 08:00 – 15:00.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Balong Endah

Aktivitas seru di Balong EndahKredit Gambar: Google Maps muhamad maulana

1. Duduk dan nikmati pemandangan di sekitar Anda

Padahal, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Curug Balong Endah. Di antara banyak kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah waktu yang dihabiskan untuk melihat alam yang indah di sekitar air terjun.

Anda dapat duduk dan bersantai sambil melihat-lihat. Dari sejauh mata memandang, yang tampak hanyalah tebing tinggi, pepohonan, air terjun, dan kolam jernih di bawahnya. Sungguh ciptaan Tuhan yang luar biasa dan patut kita syukuri.

Duduk di tepi kolam sambil merendam kaki di air akan langsung membuat tubuh Anda rileks. Jangan lupa nyanyian burung terbang dari pohon ke pohon.

2. Berenang

Tidak enak rasanya jika pergi ke wisata air terjun tapi tidak merasakan kesejukan air pegunungan. Nah, di Air Terjun Balong Endah, jangan lupa untuk melakukan aktivitas ini.

Bahkan, di tempat ini terdapat beberapa kolam tempat air terjun jatuh. Sehingga pengunjung dapat memilih kolam mana yang ingin digunakan untuk berenang.

Apalagi air terjunnya juga berwarna biru kehijauan. Sehingga pengunjung dipastikan akan mendapatkan liburan yang tidak akan terlupakan. Meski begitu, berhati-hatilah saat berada di sini. Bebatuannya cukup licin, kolamnya juga memiliki kedalaman yang berbeda-beda, dari 1 hingga 3 meter.

Pengunjung bisa berenang dan berendam sepuasnya di air terjun. Segala penat dari trekking melewati medan yang cukup terjal akan hilang begitu Anda tiba di lokasi air terjun dan meluncur sendiri ke dalamnya.

3. Berburu foto di sekitar air terjun

Berada di tempat yang menawarkan pemandangan indah, pasti kamu akan mengabadikan momen tersebut bukan? Ya, Curug Balong Endah yang terkenal dengan keindahannya memiliki banyak spot foto yang instagramable. Ada beberapa poin yang harus benar-benar sesuai dengan layar potret Anda. Pemandangan kolam air terjun salah satunya.

Selain itu, Anda juga bisa berpose di atas bebatuan besar yang ada di sana. Yang pasti mengabadikan momen kenangan sebanyak mungkin. Untuk itu, jangan lupa membawa perlengkapan untuk foto-foto keren kamu.

4. Kuliner

Perlu Anda ketahui bahwa di lokasi Curug Balong Endah juga terdapat tempat makan yang wajib dikunjungi. Wisata kuliner Bogor, Jawa Barat akan menjadi hal yang mengasyikkan. Ada banyak hidangan lezat yang patut dicoba termasuk toga goreng, pala glasir, laksa, acar dan masih banyak lagi.

5. Jelajahi area sekitar sungai

Bagi yang tidak suka atau tidak bisa berenang, ada aktivitas lain yang bisa dicoba yaitu river trekking. Anda bisa berjalan menyusuri aliran air terjun sambil menikmati keindahan pepohonan yang tumbuh di sekitar tempat wisata. Tempat yang jauh dari keramaian akan membuat suasana lebih tenang.

Fasilitas yang tersedia di Curug Balong Endah Bogor

Perlengkapan Curug Balong Endah BogorKredit Gambar: Google Maps Muhamad Umaidi

Air terjun eksotis ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke sini. Di tempat ini terdapat fasilitas umum berupa tempat parkir, toilet dan mushola. Selain itu, bagi yang terpaksa tidak membawa perbekalan, juga terdapat beberapa warung makan di sini. Jadi ketika perut mulai lapar,

Anda bisa makan langsung di tokonya. Ada banyak menu yang bisa dipilih. Menikmati makanan sambil melihat pemandangan alam sekitar akan menjadi hal yang menyenangkan. Bagi yang ingin bermalam, di sekitar lokasi Curug Balong Endah juga tersedia penginapan. Lokasinya masih di desa Pamijahan, Pondok Rosamala. Tempat menginap ini banyak dipilih wisatawan karena memiliki suasana pedesaan.

Udaranya juga begitu segar, khas Kota Hujan Bogor. Di lereng Gunung Salak, inilah tempat terbaik untuk rehat sejenak dari aktivitas yang padat. Itulah berbagai hal tentang Curug Balong Endahd di Bogor. Tempat yang sejuk, indah dan alami yang masih eksis sampai sekarang. Tempatnya tepat berada di lereng Gunung Salak. Pastikan untuk berhenti di sini ketika mengunjungi Bogor.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button