Contoh teks deskriptif subjektif tentang Halaman Pantai semua - WisataHits
Yogyakarta

Contoh teks deskriptif subjektif tentang Halaman Pantai semua

KOMPAS.com – Teks deskriptif juga bisa disebut sebagai teks deskriptif. Merupakan jenis teks yang berisi deskripsi detail dari suatu objek.

Menurut Ida Widaningsih dalam bukunya Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 (2019) arti dari teks deskriptif adalah:

“Teks deskriptif adalah teks yang berisi uraian rinci tentang peristiwa (kejadian), benda, tempat, atau hal lain.”

Ada tiga jenis teks deskriptif, dan salah satunya adalah deskripsi subjektif.

kutipan dari buku Teks dalam ilmu struktural dan linguistik (2018) oleh Taufiqur Rahman, teks deskriptif subjektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan suatu objek berdasarkan kesan, perasaan, atau interpretasi penulis.

Teks ini bersifat subjektif. Karena mengutamakan atau mengandalkan perasaan pengarang, padahal objek yang dideskripsikan adalah penampakan aslinya.

Baca Juga: 3 Jenis Teks Deskripsi dan Contohnya

Contoh teks deskripsi

Objek yang dideskripsikan dalam teks deskripsi dapat berupa hewan, tumbuhan, atau fitur alam seperti gunung atau pantai.

Tulislah contoh teks deskriptif subyektif tentang pantai!

Berikut adalah dua contoh teks deskriptif subjektif tentang pantai:

Contoh 1:

Bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, Pantai Parangtritis menjadi tujuan wisata yang populer karena keindahan pantainya.

Parangtritis adalah tujuan wisata primadona di Yogyakarta. Setiap musim liburan tiba, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bagi saya, pantai ini tidak pernah gagal menawarkan pemandangan matahari yang luar biasa, terutama saat senja.

Kita bisa melihat indahnya warna jingga di langit yang seolah menyatu dengan birunya pantai. Saat langit cerah kita bisa melihat pemandangan ini setiap hari.

Menurut saya, Parangtritis masih menjadi pantai favorit dan terindah yang pernah saya kunjungi di Yogyakarta.

Baca juga: Contoh teks deskripsi dan strukturnya

Contoh 2:

Salah satu pantai yang harus dikunjungi di Yogyakarta adalah Pantai Samas. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Banyak warga Yogyakarta atau sekitarnya yang belum mengetahui pantai ini dan kondisinya. Hal ini dibuktikan dengan minimnya kunjungan wisatawan ke Pantai Samas.

Pantai ini terlihat sepi dan tidak seramai pantai-pantai lain di Yogyakarta seperti Pantai Parangtris, Pantai Depok dan lain-lain.

Pantai Samas sangat layak untuk dilihat menurut saya. Selain keindahan laut biru, kita bisa menikmati suasana menenangkan di pantai ini.

Saat saya berkunjung, saya bisa dengan jelas mendengar deburan ombak yang saling bergesekan.

Angin yang kencang, pasir pantai yang panas yang menyapa telapak kakiku dan pemandangan laut yang biru benar-benar menghangatkan hatiku.

Walaupun pantai ini masih tergolong sepi, namun Pantai Samas tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta menurut saya.

Baca juga: Struktur teks deskriptif dan kaidah kebahasaan

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button