Contoh teks deskriptif dalam pelajaran bahasa Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Contoh teks deskriptif dalam pelajaran bahasa Indonesia

Suara.com – Salah satu materi bahasa Indonesia adalah teks deskriptif. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu apa yang dimaksud dengan teks deskriptif. Hanya saja masih ada kesulitan ketika diminta untuk membuat teks deskriptif. Sebagai ilustrasi, perhatikan contoh teks deskriptif berikut.

Contoh teks deskriptif ini sebenarnya dapat Anda temukan di berbagai media massa seperti surat kabar, internet, majalah, dll. Misalnya sebagai berikut.

Contoh teks deskripsi

Sebagai gambaran, mari kita lihat contoh teks deskriptif di bawah ini, dengan mengambil objek Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Baca juga: 30 Contoh Kalimat Pasif, Ciri-ciri dan Jenisnya

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai dengan panorama indah dan eksotis yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta tepatnya di desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta

Tempat ini dikenal sebagai objek wisata alam dengan pemandangan pantai selatan yang indah dan eksotis. Pasalnya, di Pantai Parangtritis pengunjung bisa melihat hamparan pantai, perbukitan dan sunset yang mempesona.

Pantai Parangtritis tidak hanya menawarkan panorama yang sangat menyenangkan, tetapi juga dapat dijadikan sebagai salah satu tempat penyembuhan terbaik di Yogyakarta bagi mereka yang sedang stres, bingung, bosan atau lelah karena kesibukan pekerjaan atau masalah lainnya.

Keindahan Pantai Parangtritis bisa masuk dalam daftar salah satu destinasi liburan yang wajib dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Baca Juga: 12 Contoh Kalimat Aktif Berdasarkan Jenis dan Sifatnya

Bagi yang masih bingung atau kesulitan dalam memahami teks deskripsi di atas, artikel ini juga akan mengulas materi teks deskripsi lengkap beserta strukturnya.

Struktur teks deskripsi

Saat memulai situs Educationpedia, teks deskriptif ditulis yang menunjukkan suatu objek seperti tempat, makhluk, objek, peristiwa, dan berbagai objek lainnya secara detail. Tujuannya agar pembaca dapat melihat, mendengar, merasakan atau bahkan mengalami hal-hal yang terdapat dalam teks deskriptif.

Saat menulis teks deskriptif, struktur teks itu penting. Jika struktur yang digunakan tidak sesuai, teks menjadi tidak konsisten, sehingga menyulitkan pembaca untuk mencerna informasi yang dikandungnya

Teks deskriptif dibagi menjadi 3 struktur utama, yaitu (1) identifikasi, (2) deskripsi bagian, dan (3) kesimpulan/kesan. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan struktur awal yang terdapat dalam teks deskriptif. Ini berisi gambaran tentang objek yang dijelaskan. Misalnya nama objek, sejarah dan gambaran umum lainnya dari objek.

2. Deskripsi

Garis besar kedua berisi pembahasan rinci tentang objek yang ditulis dari sudut pandang penulis. Umumnya, hal ini didasarkan pada apa yang dilihat, dirasakan, dan didengar oleh penulis dari objek yang ditulis. Misalnya, penulis menggambarkan hutan sehingga penulis dapat menulis bahwa hutan adalah tempat yang segar, hijau, dan damai.

3. Kesimpulan/kesan

Struktur terakhir adalah kesimpulan/kesan, pada bagian ini berisi kesimpulan dan kesan penulis tentang objek yang akan ditulis. Namun, struktur terakhir bersifat opsional, jadi penulis boleh menulisnya atau tidak.

Penjelasan struktur

Setelah melihat contoh teks deskriptif tentang Pantai Parangtritis di atas, maka akan dijelaskan struktur teks di bawah ini.

• Identifikasi: Gambaran umum Pantai Parangtritis diberikan pada paragraf pertama atau paragraf pertama yang menjelaskan lokasinya.

• Bagian Deskripsi: Bagian kedua dan ketiga menjelaskan secara rinci keindahan Pantai Parangtritis dan alasan mengapa pantai ini dijadikan tujuan wisata bagi pengunjung.

• Kesimpulan: Pada paragraf terakhir menyarankan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta untuk mampir dan mengunjungi Pantai Parangtritis.

Demikianlah pembahasan contoh teks deskriptif, lengkap dengan pengertian, struktur, dan penjelasan strukturnya. Semoga informasi pada teks deskripsi ini bermanfaat.

Kontributor: Ulil Azmi

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button