Contoh Soal Materi Argumentasi Umum UTBK IPA 2022 beserta kunci jawaban dan pembahasannya - WisataHits
Yogyakarta

Contoh Soal Materi Argumentasi Umum UTBK IPA 2022 beserta kunci jawaban dan pembahasannya

koranmemo.com – Hai semuanya, mari kita simak Contoh Soal Tes Penalaran Umum UTBK IPA 2022 beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya.

Beberapa contoh soal UTBK Sains dan Teknologi 2022 untuk materi tes berpikir umum berikut mungkin akan keluar sebagai ujian masa depan, jadi mari kita pelajari dengan senang hati beserta kunci solusi dan pembahasannya.

Seperti dikutip dari sumber Fellow Learning.com, berikut adalah contoh soal UTBK 2022 materi Tes Penalaran Umum, lengkap dengan Kunci Jawaban dan pembahasan lengkapnya.

Baca Juga : Contoh Soal UTBK 2022 Biologi Iptek Disertai Kunci Jawaban Lengkap dan Pembahasan

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaan 1-5!

Kunjungan wisatawan ke Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama di daerah-daerah yang alam dan budayanya masih terjaga kelestariannya (sustainable), seperti Bali dan Yogyakarta. Kunjungan wisatawan, baik wisatawan asing maupun domestik, ke berbagai daerah di Indonesia menjadi agenda wisata bagi para wisatawan tersebut. Oleh karena itu, kawasan yang menjadi objek wisata harus menjaga kelestarian alam dan budayanya.

Namun daerah lain juga bisa berkembang menjadi destinasi wisata. Peningkatan kunjungan wisatawan dapat dilihat dan sangat bervariasi. Varians tersebut terjadi karena berbagai faktor yaitu keterjangkauan, pelayanan dan keunikan daya tarik wisata. Ketiga faktor tersebut secara bersama-sama atau sendiri-sendiri mempengaruhi jumlah wisatawan, perkembangan kunjungan wisatawan dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Baca Juga : Contoh Soal Soshum 2022 Materi Ekonomi UTBK Dilengkapi Kunci Jawaban

1. Pernyataan manakah yang paling sesuai dengan isi tabel di atas?

sebuah. Peningkatan jumlah wisatawan paling stabil tercatat di wilayah Medan
b. Peningkatan jumlah wisatawan yang paling tidak stabil terjadi di wilayah Bali
c. Peningkatan jumlah wisatawan yang paling tidak stabil terjadi di wilayah Manado
yaitu Setiap tahun, Jakarta adalah daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan
e. Setiap tahun, Bali selalu paling banyak dikunjungi wisatawan

Kunci jawaban:b. Peningkatan jumlah wisatawan yang paling tidak stabil terjadi di wilayah Bali

Pembahasan: Wilayah Bali merupakan wilayah yang paling tidak stabil dalam hal peningkatan, terlihat dari peningkatan dari tahun 2008 ke tahun 2009 yang meningkat secara drastis.

Baca Juga : Contoh Soal Soshum 2022 Materi Ekonomi UTBK Dilengkapi Kunci Jawaban

2. Kalimat manakah yang paling sesuai dengan isi tabel di atas?

sebuah. Kunjungan wisatawan ke Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini terjadi karena setiap daerah selalu menawarkan pelayanan yang baik kepada wisatawan. Daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Bali dan Yogyakarta.

b. Bali adalah daerah dengan pengunjung terbanyak. Hal ini terlihat dari angka yang terus meningkat sejak tahun 2008, terutama dari tahun 2008 hingga 2009.

c. Dari tabel tersebut terlihat bahwa Jakarta merupakan daerah yang cukup menarik bagi wisatawan. Wisatawan dapat mengunjungi ibu kota sambil menikmati keindahannya, dan setelah kembali dari berwisata, mereka dapat menceritakan tentang keindahan yang mereka nikmati di Jakarta.

yaitu Tabel tersebut menunjukkan bahwa tujuan wisata sangat beragam. Keragaman ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain keterjangkauan, pelayanan dan keunikan tempat wisata. Ketiga faktor tersebut mempengaruhi kunjungan wisatawan.

e. Penurunan jumlah wisatawan Yogyakarta terjadi pada tahun 2011. Penurunan terjadi karena Gunung Merapi meletus, sehingga wisatawan ketakutan. Selain itu, akses menuju kawasan Yogyakarta bagi wisatawan dinilai cukup sulit.

Kunci jawaban:b. Bali adalah daerah dengan pengunjung terbanyak. Hal ini terlihat dari angka yang terus meningkat sejak tahun 2008, terutama dari tahun 2008 hingga 2009.

Pembahasan: Berdasarkan tabel tersebut, Bali merupakan daerah dengan jumlah kunjungan terbanyak dibandingkan dengan daerah lain.

Baca Juga: Lihat Contoh Soal UTBK Mandiri Iptek Tahun 2022, Lengkap dengan Kunci Jawabannya

3. Destinasi wisata yang paling jarang dikunjungi tapi MUNGKIN paling stabil adalah…
sebuah. Bali
b. Yogyakarta
c. jakarta
yaitu Medan
e. Manado

Kunci jawaban: mis. Manado

Diskusi: Jika melihat isi tabel, daerah Manado memiliki kunjungan paling sedikit dibandingkan daerah lain. Namun jika dicermati, jumlah kunjungan cukup stabil setiap tahunnya.

4. Kesimpulan yang dapat mewakili isi tabel adalah..

sebuah. Manado adalah tujuan wisata yang paling sedikit dikunjungi karena sulitnya akses ke daerah tersebut bagi wisatawan, meskipun tingkat peningkatan jumlah pengunjung tahunan relatif stabil.

b. Dibandingkan daerah lain, Bali paling banyak dikunjungi karena faktor pelayanan yang dinilai cukup memuaskan.

c. Bali merupakan destinasi yang paling banyak diminati oleh wisatawan karena memiliki jumlah kunjungan tertinggi dibandingkan daerah lain

Baca Juga : Kumpulan Contoh Soal Soal UTBK Mandiri Soshum Group Tahun 2022 Terbaru, Lengkap Dengan Kunci Jawaban

yaitu Jakarta memiliki jumlah pengunjung yang relatif kecil karena daerah ibu kota bukanlah tujuan wisata yang unik.

e. Semua area wisata di tabel mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang stabil

Kunci jawaban:c. Bali merupakan destinasi yang paling banyak diminati oleh wisatawan karena memiliki jumlah kunjungan tertinggi dibandingkan daerah lain

Diskusi: Dilihat dari isi tabel, Bali merupakan daerah dengan pengunjung terbanyak dari daerah lain. Hal ini menunjukkan bahwa wilayah Bali sangat menarik bagi wisatawan.

5. Pernyataan mana yang tidak sesuai dengan isi tabel?

sebuah. Jakarta dan Yogyakarta memiliki kunjungan yang tidak singkat tapi bukan yang tertinggi.

b. Medan dan Manado memiliki kunjungan yang relatif sedikit, namun jumlah kunjungan ke Medan masih lebih tinggi dibandingkan daerah Manado.

c. Jumlah kunjungan ke Yogyakarta setiap tahun tidak selalu lebih tinggi dari wilayah Jakarta.

Baca Juga : 20 Contoh Soal TPA Mandiri UTBK TPA Iptek 2022 Lengkap Dengan Kunci Jawaban

yaitu Medan dan Manado adalah daerah yang paling jarang dikunjungi karena alasan berikut:
Geografi

e. Sejak 2009, jumlah kunjungan ke Bali selalu lebih tinggi dari daerah lain

Kunci jawaban:c. Jumlah kunjungan ke Yogyakarta setiap tahun tidak selalu lebih tinggi dari wilayah Jakarta.

Pembahasan : Berdasarkan isi tabel, jumlah kunjungan ke Yogyakarta tidak selalu lebih tinggi dari Jakarta, hal ini terlihat dari jumlah kunjungan ke dua daerah tersebut pada tahun 2011. Jumlah kunjungan ke Jakarta lebih besar dari Yogyakarta.

Nah, ini dia contoh soal UTBK IPA 2022 materi tes berpikir umum untuk belajar di rumah untuk ujian. Jangan lupa berdoa sebelum mulai belajar, semangat!***

Pengarang: Rika Wulandari

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button