Cerobong Plesira bergema di waduk Gunung Purba Nglanggeran - WisataHits
Yogyakarta

Cerobong Plesira bergema di waduk Gunung Purba Nglanggeran

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULKeroncong Plesiran Jilid Enam digelar pada Sabtu (9/10/2022) di panggung terbuka Embung Gunung Api Purba Nglanggeran, Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. acara Hal ini tidak hanya untuk pecinta musik kerokong tetapi juga sebagai upaya untuk merevitalisasi pariwisata DIY pascapandemi Covid-19.

Klub musik Kerotjong Moeda Symphony yang beranggotakan 60 musisi muda hadir dalam acara ini. Selain itu juga didukung oleh penyanyi nasional seperti mantan vokalis Naif Band David Bayu; Topi; Boris Sirait, Okky Kumala, Danilla dan Tyok Satrio.

Meski gerimis, namun antusiasme penonton untuk menyaksikan acara dari awal hingga akhir tidak menyurutkan semangat mereka. Kepala Biro Pariwisata DIY Singgging Raharjo mengatakan acara terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak, mulai dari Pemerintah DIY, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

DIDUKUNG: Jalan Gambiran Jogja yang sempit tidak diperbolehkan untuk parkir

“Acaranya sukses,” kata Singgih kepada wartawan, Sabtu malam.

Menurutnya, setelah nama kegiatan Keroncong PlesiranJadi acara Acara ini berlangsung bergantian di wilayah DIY. “Dulu di Bantul, sekarang di Gunungkidul, lalu dilaksanakan bergantian di seluruh wilayah DIY,” katanya.

Singgih berharap acara ini tidak hanya melepaskan kerinduan para pecinta musik keroncong. Namun, harapannya juga bisa menjadi momen untuk membangkitkan pariwisata pembenahan rumah, khususnya untuk wisata malam, serta perekonomian masyarakat yang sedang dilanda pandemi.

“Tentu ada semangat optimisme dan para pecinta keroncong juga ikut ambil bagian dalam ekskursi tersebut, karena wilayah DIY sangat luas dan kaya akan potensi wisata,” ujarnya.

Wakil Sekretaris Bidang Produk Pariwisata dan Event Organizer Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Edy Wardoyo mengatakan acara Keroncong Plesiran sangat berkesan karena diselenggarakan dengan cara yang luar biasa. Ia mengaku ini merupakan kunjungan pertamanya ke Nglanggeran.

“Ini menunjukkan event pariwisata yang maju dan akan membawa sesuatu yang baik untuk semua orang, termasuk UKM,” kata Edy.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Konser Keroncong Plesiranian di Gunungkidul. Ia berharap kegiatan seni ini bisa berlangsung di destinasi wisata lain di Bumi Handayani.

Ia menilai pilihan lokasi di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran sangat tepat untuk konser ini. Destinasi wisata tersebut menjadi salah satu desa wisata terbaik di dunia yang diresmikan oleh UNWTO pada 2 Desember 2021.

“Terima kasih kepada para penggemar Keroncong yang telah membantu memajukan industri kreatif. Semoga pariwisata di Gunungkidul dan DIY pada umumnya bisa meningkat,” ujarnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button