Cerita Rakyat Jawa Barat, Legenda Gunung Tampomas Penuh Misteri dan Kesaktian - WisataHits
Jawa Barat

Cerita Rakyat Jawa Barat, Legenda Gunung Tampomas Penuh Misteri dan Kesaktian

BANDUNG, iNews.id – Cerita rakyat Jawa Barat, legenda Gunung Tampomas tidak lepas dari arti atau nama gunung tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, tampomas berasal dari dua suku kata yaitu tampo dan emas.

Tampo atau tampi diartikan sebagai penyambutan. Sementara emas adalah logam mulia, emas adalah. Jadi Tampomas, gunung yang menerima (emas). Dikatakan sebagai gunung yang telah diberikan senjata pusaka terbungkus emas.

Keberadaan Gunung Tampomas sudah tidak asing lagi bagi warga Sumedang, Jawa Barat. Posisinya yang menjulang membuat gunung ini sangat terlihat dengan mata telanjang dari arah timur atau barat. Gunung Tampomas dulunya bernama Gunung Gede. Dalam perkembangannya, gunung ini kemudian disebut Gunung Geulis oleh warga sekitar.

Gunung ini merupakan salah satu gugusan gunung api di Jawa Barat yang terletak di utara kota Sumedang 6.77°LS 107.95°BT. Gunung dengan ketinggian 1684 meter di atas permukaan laut (MBPL) ini juga memiliki sumber mata air panas yang bermata air di daerah sekitar pangkal gunung. Gunung Tampomas merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tampomas dengan berbagai kekayaan flora dan fauna.

Selama ini gunung ini banyak digunakan oleh pelajar dan masyarakat umum untuk mendaki. Bertengger di salah satu puncaknya, pemandangan Sumedang dan Bandung Raya bisa dilihat dari gunung ini. Selain sebagai tempat panjat tebing, banyak warga juga memanfaatkan Gunung Tampomas untuk mencari kekuatan batin.

Penerbit: Asep Supiandi

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: jabar.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button