Cepogo Cheese Park, destinasi wisata keluarga baru di Kota Susu Boyolali - WisataHits
Jawa Tengah

Cepogo Cheese Park, destinasi wisata keluarga baru di Kota Susu Boyolali

TEMPO.CO, jakarta – Kabupaten Boyolali kini memiliki destinasi wisata yang sesuai dengan julukannya sebagai Kota Susu. Destinasinya adalah Taman Keju Cepogo yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, Desa Genting, Kecamatan Cepogo.

Cepogo Cheese Park diresmikan pada Senin 12 Desember 2022 oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat didampingi pemilik PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory) Indonesia Bambang Sutantyo sebagai investor. Destinasi tersebut menawarkan wisata edukasi untuk keluarga dengan udara pegunungan yang sejuk.

Bambang Sutantyo, pemilik PT Cimory Indonesia, mengatakan pembangunan taman keju Cepogo diawali dengan pertemuan dengan mantan Bupati Boyolali Semo Samodro. Saat itu mereka sedang berdiskusi bagaimana merevitalisasi ikon Boyolali sebagai kota susu.

Sebagai produsen makanan dan minuman berbahan dasar susu, Cimory berkomitmen terhadap cita-cita Boyolali. “Saat itulah saya mendapat kesempatan untuk mencoba membangun peternakan sapi perah dan objek wisata. Namun, baru sekarang saya menyadari bahwa saya membuka peternakan pariwisata terlebih dahulu karena pandemi Covid-19,” ujarnya.

Atraksi Taman Keju Cepogo

Taman Keju Cepogo meliputi area seluas 7 hektar. Namun saat ini, hanya 4,7 hektar yang dibudidayakan.

Di dalamnya terdapat berbagai wahana untuk wisata alam sekaligus edukasi. Di Taman Cepogo Xheese terdapat berbagai macam hewan seperti kuda poni, merpati, kelinci, domba, ikan, kura-kura, ular sawa, berang-berang, kakatua dan spesies burung lainnya yang dapat Anda ajak berinteraksi. Pengunjung juga diajak untuk belajar lebih jauh tentang proses hewan ini, dari kecil hingga besar, dan menjadi sumber ekonomi.

Taman Keju Cepogo memiliki dekorasi seperti taman di luar negeri, cocok sebagai background foto. Dekorasinya pun semakin menarik dengan pemandangan indah udara pegunungan yang sejuk.

Ada juga berbagai wahana ramah anak seperti ATV, kereta kelinci, dan permainan anak lainnya. Ada juga wahana untuk belajar memanah.

Ada juga sejumlah toko minuman dan makanan ringan Cimory. Taman keju Cepogo juga menawarkan UKM lokal kesempatan untuk mendapatkan pijakan di sana.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat berharap dengan hadirnya Cepogo Cheese Park dapat memberikan dampak yang luas bagi perekonomian masyarakat sekitar dan menambah pengetahuan masyarakat. “Semoga dengan dibukanya Cepogo Cheese Park ini dapat membawa manfaat dan manfaat bagi masyarakat Boyolali khususnya, dan menjadi media bagi anak-anak untuk belajar tentang dunia hewan dan hewan ternak serta dapat berinteraksi dengan berbagai jenis hewan, ” dia berkata.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, ada 100 paket wisata Nusantara untuk wisatawan lokal

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button