Catatan! Naik Bus Wisata Kota Malang kini bisa dipesan melalui aplikasi - WisataHits
Jawa Timur

Catatan! Naik Bus Wisata Kota Malang kini bisa dipesan melalui aplikasi

Catatan!  Naik Bus Wisata Kota Malang kini bisa dipesan melalui aplikasi

WAKTU INDONESIA, MALANG – Bus Wisata Kota Malang (Macito) merupakan salah satu moda transportasi gratis yang digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Sejak beroperasinya Bus Macito, tak sedikit masyarakat Kota Malang yang rela mengantri untuk menggunakan angkutan wisata gratis ini.

iklan

Untuk memudahkan masyarakat mengakses Macito, Dinas Perhubungan Kota Malang telah menyediakan aplikasi bernama “Macito” yang dapat diunduh melalui Playstore.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengatakan, untuk menaiki Macito, masyarakat tidak perlu lagi repot mengantre di titik keberangkatan di kawasan Jalan Majapahit.

“Kalau orang mau pakai Macito, bisa lewat aplikasi. Di aplikasi, masyarakat bisa melihat jadwal keberangkatan, rute, dan kursi yang tersedia (kosong),” kata Widjaja, Selasa (24/1/2023).

Pengoperasian aplikasi pemesanan kursi Macito telah dilaksanakan sejak awal Januari 2023. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi mengantri dan mendaftar di situs untuk mengendarai Macito.

“Macito menawarkan ruang untuk 20 orang. Dari total kapasitas tersebut kami selalu menyiapkan bangku khusus untuk penyandang disabilitas. Biasanya 18 hingga 19 orang ditempati. Anda juga bisa melihatnya,” katanya.

Ada 5 bus Macito, hanya 1 yang beroperasi

Widjaja mengatakan memiliki 5 bus Macito. Namun sejauh ini, hanya 1 bus Macito yang beroperasi dan 4 bus lainnya belum beroperasi.

Dia membenarkan hal itu dengan mengatakan, empat bus Macito yang belum beroperasi karena masih dalam proses pengurusan nomor kendaraan.

“Satu dan dua bus baru sedang digunakan, pengaturan nomor kendaraan belum selesai. Kalau sudah waktunya, bisa langsung dikemudikan,” ujarnya.

Kemudian dua bus lainnya belum juga jalan karena masih menunggu pihak ketiga menyerahkannya ke Pemkot Malang.

Dia memastikan, akhir Januari 2023 seluruh bus Macito akan beroperasi dan diperuntukkan bagi masyarakat dan wisatawan di Kota Malang.

“Dua bus lainnya akan diserahterimakan. Tanggal 31 Januari Insya Allah ya karena itu CSR. Setelah itu selesai, semuanya bisa berjalan,” katanya.

Sebagai informasi: Pada Desember 2022, dua unit bus Macito baru diresmikan Pemkot Malang. Sekarang tunggu penyelesaian nomor kendaraan.

Kemudian dua bus lainnya diketahui merupakan bus CSR dari sebuah perusahaan besar yang ditujukan ke Kota Malang. Kedua bus tersebut tinggal menunggu pihak ketiga menyerahkannya ke Pemkot Malang.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button