Cara menuju Pos Blok Jakarta menggunakan TransJakarta, KRL dan MRT - WisataHits
Jawa Barat

Cara menuju Pos Blok Jakarta menggunakan TransJakarta, KRL dan MRT

KOMPAS.com – Menuju Pos Blok Jakarta lebih nyaman jika menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke sana.

Apalagi jika Anda membawa kendaraan roda empat dan datang pada jam-jam sibuk, bisa jadi sulit atau bahkan tidak mungkin mendapatkan tempat parkir.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Post Bloc Jakarta, Ada Apa?

Blok Pos Jakarta terletak di Jalan Pos nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti TransJakarta atau Commuter Line (KRL).

Jika Anda ingin menerobos kemacetan dari Jakarta Selatan, Anda juga bisa naik MRT Jakarta, namun Anda harus melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain untuk sampai ke lokasi.

Kompas.com merangkum lengkap cara menuju Pos Blok Jakarta menggunakan Busway atau TransJakarta, KRL dan MRT.

Baca Juga: Itinerary Harian Pasar Baru Jakarta Pusat, Hemat ke Kuliner

Ilustrasi TransJakartaIlustrasi SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH TransJakarta

Pos Blok Jakarta dekat dengan beberapa halte atau stasiun TransJakarta. Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, memilih TransJakarta mungkin pilihan terbaik Anda.

Setidaknya ada tiga halte TransJakarta yang terdekat dengan Pos Blok Jakarta. Ketiganya berada dalam jarak berjalan kaki.

Baca juga: Post Block Jakarta Travel Guide, Jangan Datang Sore Hari

Pertama, terminal bus Juanda, yang terletak di dekat stasiun kereta Juanda. Jarak dari Pos Blok Jakarta hanya 400 meter atau lima menit jalan kaki. Anda bisa turun di depan Masjid Istiqlal lalu menyeberang untuk sampai ke tujuan.

Terminal bus ini adalah tujuan ideal jika Anda bepergian dari barat atau selatan Jakarta. Mereka yang sebelumnya berganti kereta di halte Harmoni juga bisa turun di halte Juanda.

Pilihan lainnya adalah turun di halte Pasar Baru yang berada di dekat pintu masuk kawasan Pasar Baru. Halte bus ini paling dekat dengan Pos Blok Jakarta atau hanya berjarak sekitar 270 meter.

Mereka yang datang dari Jakarta Utara atau Timur dapat turun di halte ini, tergantung rutenya. Beberapa jalur yang berangkat dari Stasiun Harmoni juga melewati Stasiun Pasar Baru. Tanyakan pada petugas agar tidak salah arah.

Baca Juga: Transjakarta Bekerja 24 Jam di 13 Koridor, Ini Daftarnya

Terakhir, Anda juga bisa turun di halte Pasar Baru Timur di Jalan Gunung Sahari. Namun, jaraknya lebih jauh dari halte lainnya, yaitu sekitar 850 meter atau 11 menit jalan kaki.

Beberapa rute TransJakarta mungkin hanya melewati halte tersebut, jadi Anda harus turun dari sana dan melanjutkan dengan berjalan kaki atau naik transportasi online.

Ilustrasi KRL di Stasiun Jakarta Kota.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Ilustrasi oleh KRL di Stasiun Jakarta Kota.

Jika Anda akan ke Pos Blok Jakarta dengan KRL, stasiun terdekat adalah Stasiun Juanda. Jaraknya hanya 500 meter atau sekitar 6 menit jalan kaki.

Penumpang yang menghubungkan Bekasi-Jakarta Kota atau Bogor-Jakarta Kota tidak perlu transfer untuk turun di Stasiun Juanda. Sedangkan kerabat lainnya harus turun di Stasiun Jakarta Kota atau Manggarai jika ingin turun di Stasiun Juanda.

Misalnya jika Anda berangkat dari arah Tanjung Priok, Tangerang atau Serpong.

Baca Juga: Revitalisasi Kota Tua Jakarta, Ini 5 Hal Baru yang Ditemukan

Ke Pos Blok Jakarta, naik MRT mungkin cara tercepat saat berangkat dari kawasan Jakarta Selatan. Karena tidak harus terjebak macet dan waktu tunggu yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan KRL.

Baca juga: Rute Menuju Stasiun BNI City Bisa Naik KRL, MRT dan Transjakarta

Anda bisa turun di pemberhentian terakhir MRT, yaitu Stasiun MRT Bundaran HI. Namun, jarak ke Pos Blok Jakarta masih sekitar 6,5 kilometer. Jadi harus melanjutkan dengan angkutan umum lain atau naik angkutan online.

Jika naik ojek online, waktu tempuhnya kurang lebih 14 menit atau 5,9 kilometer.

Di sisi lain, jika Anda naik TransJakarta, ada beberapa pilihan rute. Jika Anda mengambil bundaran Senen-Senayan (1P), Anda bisa turun di halte Pasar Baru 1. Berjalan sekitar tiga menit sampai Anda mencapai Pos Blok Jakarta.

Baca juga: Panduan Naik Transjakarta ke TMII

Anda juga dapat mengambil jalur TransJakarta Blok M-Kota (1), berganti kereta di halte Harmoni, kemudian mengambil jalur Kalideres-Pasar Baru. Turun di stasiun Pasar Baru lalu jalan kaki ke lokasi sekitar tiga menit.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button