Candi Plaosan, candi kembar Klaten yang menawan - WisataHits
wisatahits

Candi Plaosan, candi kembar Klaten yang menawan

Candi Plaosan merupakan situs budaya yang masih dilestarikan keberlanjutan di Klaten. Kompleks candi yang kaya akan pesona warisan dari pemerintahan Rakai Pikatan Kerajaan Mataram.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 07.30–16.30 WIB, Alamat: Jl.Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Candi kembar yang terletak di Jawa Tengah ini dibangun sejak pertengahan abad ke-9 dan didirikan oleh umat Hindu. Pura ini dilengkapi dengan lapangan atau biasa disebut pekarangan yang cukup luas dengan rerumputan yang subur. Tempat wisata di Klaten ini memiliki 2 candi induk yang letaknya saling berhadapan.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke sini, sebaiknya siapkan kamera atau handphone untuk mengabadikan setiap spot indah sebagai oleh-oleh. Anda juga perlu menyiapkan tenaga yang cukup untuk bisa menjelajahi seluruh area candi.

Sebelum mengunjungi tempat wisata unik ini, Anda harus mengetahui seluk beluk memenuhi ekspektasi Anda. Berikut ini beberapa informasi detail tentang objek wisata Candi Plaosan yang harus anda perhatikan baik-baik.

Daya tarik candi Plaosan

Candi PlaosanKredit gambar: Facebook Jogjaku

Pura ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Selain memiliki pesona alam yang tidak diragukan lagi, candi ini juga memiliki kelebihan lain yang hanya bisa ditemukan di sini.

1. Ada candi kembar

Tempat wisata candi ini memiliki 2 buah candi atau lebih tepatnya candi kembar yang disebut candi Plaosan Lor (utara) dan candi Kidul (selatan), keduanya juga ramai dikunjungi wisatawan. Candi yang terletak di utara ini memiliki 2 candi utama yang terletak di selatan dan utara.

Bagian selatan candi induk memiliki hiasan relief berupa gambar laki-laki. Candi utama di sebelah utara memiliki hiasan relief berbentuk wanita. Untuk candi yang terletak di selatan, kita tidak tahu relief apa yang terbentuk karena gambarnya tidak begitu jelas dan ada bagian-bagian tertentu yang sudah pudar.

2. Penataan yang rapi

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata ini adalah tata letak bebatuan yang rapi dan mengesankan. Bebatuan yang membentuk candi tersusun rapi dan sejajar dengan puncaknya. Hal ini sering membuat wisatawan heran. Pura ini akan menjadi tempat yang berbentuk teras dan akan digunakan oleh Rakai Pikatan sebagai tempat pemujaan atau pemujaan.

3. Simbol kerukunan umat beragama

Candi yang terletak di tengah persawahan ini merupakan candi yang dibangun oleh umat Hindu dan diberikan kepada umat Buddha. Pura ini pernah digunakan sebagai vihara yang merupakan tempat suci pemujaan bagi masyarakat. Relief yang terpahat di dinding candi berasal dari perpaduan dua arsitektur yang berbeda dari kedua agama tersebut.

Unsur arsitektur inilah yang menjadi cikal bakal lambang kerukunan umat beragama di candi ini. Perlu Anda ketahui bahwa kerukunan umat beragama sudah ada sejak zaman dahulu tanpa adanya perebutan wilayah dan pertumpahan darah.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Candi Plaosan

Alamat Candi PlaosanKredit gambar: Google Maps keiskue oki

Destinasi wisata candi ini terletak di kawasan perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi Plaosan terletak di dekat Candi Prambanan, tepatnya di Desa Bugisan. Meski terletak di dekat Candi Prambanan, candi ini tetap masuk dalam destinasi wisata milik provinsi Jawa Tengah.

Bagi Anda yang berniat berkunjung ke sini dengan kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena akses jalan sangat mudah. Anda hanya perlu berjalan menyusuri jalan Yogyakarta-Solo dan berbelok ke utara saat sampai di perempatan menuju kawasan candi Prambanan. Anda harus membelokkan kendaraan ke kanan saat melihat persilangan dengan tulisan Candi Plaosan.

Bagi Anda yang memilih naik angkutan umum, Anda bisa naik bus umum dari Terminal Prambanan dengan rute Yogyakarta-Solo. Anda juga bisa naik bus Trans Yogyakarta dengan nomor jalur 1A atau 2A. Anda perlu berhenti atau turun di halte Prambanan, kemudian naik kereta kuda, ojek atau berjalan kaki ke tempat wisata.

Untuk memasuki kawasan wisata pura, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Wisatawan lokal dan asing atau asing memiliki tarif yang sama. Hanya dengan membayar Rp 5.000 Anda sudah bisa menjelajahi seluruh area candi. Anda juga bisa leluasa dan leluasa mengambil foto sesuka hati. Dengan membayar tiket masuk, Anda bisa menjelajahi tempat wisata ini sepuasnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Candi Plaosan

Aktivitas Candi PlaosanKredit gambar: Google Maps Rusdi Sanad

1. Nikmati langit saat matahari terbit dan terbenam

Bagi Anda yang ingin menyaksikan matahari terbit dan terbenam, wisata pura ini bukanlah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mencari tempat untuk menikmati keindahan langit saat matahari terbit dan terbenam, maka mengunjungi tempat wisata ini sangat direkomendasikan. Pemandangan langit jingga dengan pemandangan candi akan membius Anda dan memukau Anda dengan pesonanya.

Pura ini terletak di tengah persawahan dan persawahan yang tentunya memberikan efek sejuk dan asri. Suasana senja atau fajar akan semakin lengkap jika dipadukan dengan pemandangan indah seperti persawahan. Hijaunya persawahan berpadu dengan warna jingga menjadi salah satu daya tarik yang banyak diincar wisatawan.

Untuk bisa mengamati matahari terbit dan terbenam, Anda bisa menyewa penginapan di dekat pura atau menunggu hingga sore hari. Tidak peduli berapa lama Anda tinggal di kuil ini, Anda tidak akan diusir atau membayar biaya tambahan. Oleh karena itu, objek wisata candi merupakan salah satu tempat wisata favorit dengan budget minim.

2. Bersantai

Destinasi wisata pura menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Di sini Anda bisa bersantai duduk di atas rerumputan yang lebat di halaman pura sambil menikmati pemandangan persawahan dan juga sawah penduduk. Dengan memanjakan mata, beban semangat yang Anda bawa perlahan-lahan akan mulai sembuh dengan sendirinya.

Pura ini juga masih sedikit dikunjungi karena letaknya yang tersembunyi, yaitu di tengah persawahan yang luas. Oleh karena itu, tempat wisata ini cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan melepaskan diri dari beban dan tugas untuk sementara waktu.

3. Bersepeda

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi objek wisata pura adalah bersepeda. Di sini, ada beberapa rute yang bisa ditempuh secara bebas bagi wisatawan yang ingin menjelajah dengan sepeda. Anda bisa memulainya dengan melewati kawasan Selokan Mataram.

Setiap pagi atau setiap malam, selalu ada turis atau penduduk lokal yang juga naik sepeda. Dari area parit Mataram, Anda akan dibawa memasuki kawasan perkampungan dengan beberapa sawah yang luas. Di sini, Anda akan berhak mendapatkan pesona alam yang masih bebas polusi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jalur terjauh, dimulai dari kawasan candi Sambisari. Dari candi ini, Anda akan melewati candi-candi lain dan berakhir di objek wisata Candi Plaosan. Anda akan merasa puas karena akan mendapatkan pengalaman baru menjelajahi dan melihat seluk beluk di sekitar atau di dalam area pura.

4. Tenangkan hati dan jiwa

Tempat wisata tersembunyi di Jawa Tengah ini bisa dijadikan tempat untuk menenangkan hati dan pikiran. Menghirup udara segar sambil memejamkan mata akan membuat Anda merasa agak tenang. Kicauan burung atau suara serangga dapat membawa hati Anda lebih dekat dengan alam. Sehingga beban Anda ringan terangkat dan terasa lega.

5. Perburuan Foto

Destinasi wisata Candi Plaosan memiliki banyak tempat yang unik dan pastinya cocok sebagai background foto anda. berikut adalah beberapa reruntuhan estetika yang Anda gunakan untuk mengisi feed Instagram Anda. Siapapun yang melihat foto Anda pasti akan terkesima dan ingin melihat pemandangannya secara langsung.

Tempat wisata unik ini juga sering dijadikan lokasi pemotretan model pakaian atau untuk prewedding. Bahkan ada aset yang membuat video musik di tempat ini. Hal ini menunjukkan bahwa candi ini memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan candi-candi lain di Jawa Tengah.

Anda bisa berburu foto di area yang banyak terdapat bebatuan yang terbungkus daun. Dengan berfoto di sini, Anda akan mendapatkan hasil berupa kesan mistis yang agak kental.

6. Jelajahi

Pura ini memiliki halaman atau lapangan yang sangat luas yang bisa Anda akses dengan bebas. Halaman rumput ditutupi dengan rumput hijau lebat yang bisa Anda lewati atau lewati. Bagi Anda yang suka menjelajahi bangunan atau reruntuhan bangunan di kawasan candi ini, terdapat reruntuhan bangunan yang bisa Anda jelajahi dan jelajahi.

Di sini Anda akan melihat pemandangan seperti di masa lalu karena reruntuhan bangunannya sangat alami. Reruntuhannya ditumbuhi dan ditumbuhi tanaman liar, yang semakin menambah kesan sejarah. Anda dapat menjelajahi seluruh area candi sambil menikmati udara yang sejuk dan segar.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Candi Plaosan

Fasilitas Candi PlaosanKredit gambar: Google Maps Nur Widiyono

Pengelola kawasan wisata budaya situs candi ini menyediakan beberapa sarana dan prasarana yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berada di destinasi wisata ini. Fasilitas yang disediakan telah dibangun dengan tujuan agar wisatawan merasa nyaman dan betah selama kunjungan ini.

Di sini Anda akan menemukan Pusat Kuliner Klaten yang menjual berbagai makanan dan jajanan tradisional. Anda bisa membelinya dengan harga yang relatif murah. Banyak orang yang menjajakan dagangannya berjejer rapi di sepanjang jalan menuju area pura. Anda bisa melakukan wisata budaya dan wisata kuliner.

Pengelola juga menyediakan layanan pusat informasi yang dapat membantu Anda ketika Anda ingin meminta lokasi tertentu. Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu khawatir. Karena disini juga tersedia mushola yang bisa digunakan secara bebas untuk tempat ibadah.

Fasilitas umum lainnya yang disediakan di tempat wisata ini adalah toilet umum berbayar dan juga tempat parkir yang sangat luas. Parkir di sini dikenakan sedikit biaya sebagai bentuk keamanan dan sewa ruang.

Ini adalah hal-hal penting yang harus Anda baca dan pahami sebelum pergi ke Candi Plaosan. Selama Anda tinggal, Anda harus selalu menjaga sikap dan sopan santun saat bertemu dengan penghuni. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya agar tidak mengurangi keindahan lingkungan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button