Candi Jiwa Karawang: Lokasi dan Rute - WisataHits
Jawa Barat

Candi Jiwa Karawang: Lokasi dan Rute

Bogordaily.net– Karawang, Jawa Barat memiliki destinasi wisata sejarah. Salah satunya adalah Kuil Jiwa. Konon bangunan ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu-Budha dan candi tertua di Jawa Barat.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa Candi Jiwa ditemukan pada tahun 1984. Selain Candi Jiwa, ada beberapa situs lain yang tergabung dalam komplek permandian Batujaya. Sejauh ini situs tersebut masih diteliti. Karena diyakini masih ada sisa-sisa peninggalan sejarah yang terkubur di sekitar Candi Jiwa.

Seperti dilansir Dishub.karawangkab.go.id, secara administratif berada di dua wilayah desa yakni Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya diperkirakan sekitar lima kilometer persegi dan terletak di tengah areal persawahan. Beberapa di antaranya berada di dekat pemukiman penduduk dan tidak jauh dari pantai utara Jawa Barat atau pantai di ujung Karawang.

Lokasi Batujaya berjarak sekitar 6 kilometer dari pantai utara dan sekitar 500 meter sebelah utara Sungai Citarum. Keberadaan sungai ini sangat berpengaruh terhadap kondisi lokasi saat ini, karena tanah di kawasan ini selalu kering sepanjang tahun baik pada musim kemarau maupun musim hujan.

Jika Anda bepergian dengan kendaraan dan datang dari Jakarta, Anda dapat mengakses situs candi melalui jalan tol Cikampek. Keluar di Gerbang Tol Karawang Barat dan ambil jalur Rengasdengklok. Kemudian di perempatan, ambil jalan menuju Batujaya.

Dikenal sebagai Unur Jiwa, Pura Jiwa terletak di tengah area persawahan berupa gundukan oval menjulang setinggi 4 meter di atas permukaan tanah. Bangunan berukuran 19 x 19 meter dan tinggi 4,7 meter ini tidak memiliki tangga untuk masuk dan di atasnya terdapat susunan batu bata melingkar berdiameter sekitar 6 meter yang diyakini merupakan struktur stupa. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button