Candi Borobudur, jelajahi sejarah dan pemandangan warisan - WisataHits
Jawa Tengah

Candi Borobudur, jelajahi sejarah dan pemandangan warisan

PeekLifestyle Celebrities – Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang cukup dikenal masyarakat. Banyak wisatawan yang datang ke Magelang, Jawa Tengah untuk melihat betapa besar dan megahnya Candi Borobudur.

Beberapa waktu lalu, mungkin ada reaksi berbeda dari masyarakat terkait harga tiket masuk Candi Borobudur. Pasalnya, tiket ke Candi Borobudur dikatakan dibanderol dengan harga Rp 750.000. Namun wacana tersebut tidak terealisasi dan harga tiket masuk candi Borobudur tidak dinaikkan secara resmi.

Di sisi lain, tahukah kamu hal-hal menarik yang bisa kamu temukan di Candi Borobudur? Jika ingin datang, simak ulasan berikut tentang Candi Borobudur.

Instagram/@borobudurpark

Foto: Instagram/@borobudurpark

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw.Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur memiliki banyak stupa yang dibangun oleh umat Buddha Mahayana pada abad ke-8 Masehi.

Ukuran dan keagungan Candi Borobudur menjadikan bangunan ini sebagai candi Budha terbesar di dunia. Dinding Candi Borobudur dihiasi relief setinggi 2.672 m dan tidak kurang dari 504 arca Buddha.

Cerita yang menarik

Instagram/@borobudurpark

Foto: Instagram/@borobudurpark

Yang menarik, Candi Borobudur sempat menghilang karena bangunan besar itu tertimbun lapisan debu dan abu vulkanik yang kemudian ditumbuhi pepohonan dan semak belukar. Sehingga candi Borobudur memiliki pemandangan yang tidak jauh berbeda dengan bukit saat itu.

Pada saat itu, setelah perang antara Inggris dan Belanda di negara itu, pulau Jawa berada di bawah kekuasaan Inggris dari tahun 1811 hingga 1816. Thomas Stamford Raffles yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal tertarik dengan sejarah Jawa.

Dia mengumpulkan artefak kesengsaraan dan menyimpan catatan sejarah. Pada saat ia tiba di Semarang pada tahun 1814, ia menerima kabar bahwa ada sebuah monumen besar di hutan dekat desa Bumisegoro.

Karena tidak dapat hadir, ia mengirim HC Cornelius, seorang insinyur Belanda, untuk memeriksa monumen tersebut. Cornelius, bersama 200 anak buahnya, mulai menebang semak-semak yang tumbuh di bukit Borobudur.

Daya Tarik Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark

Foto: Instagram/@borobudurpark

Ada hal menarik yang bisa Anda temukan di Candi Borobudur. Berikut tempat wisatanya:

1. Keajaiban kemegahan candi

Daya tarik utama Candi Borobudur adalah bangunan candi yang besar dan megah. Sebagai peninggalan sejarah, Candi Borobudur terkesan tua namun unik dan memiliki nuansa yang berbeda dari tempat wisata lainnya.

Tidak hanya bisa melihat kemegahan candi, Anda juga diperbolehkan naik dan melihatnya secara langsung. Anda akan semakin dibuat takjub dengan detail ukiran dan patung di Candi Borobudur. Maka tak heran jika banyak wisatawan mengabadikan momen tersebut.

Namun, selama masa pandemi COVID-19, wisatawan tidak diperbolehkan naik ke atas dan hanya diperbolehkan memasuki pelataran atau pekarangan pura.

Namun Anda tetap bisa berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur yang megah. Selain itu, luasnya Candi Borobudur akan semakin seru untuk dijelajahi di setiap sudutnya. Namun, Anda juga perlu memastikan kondisi fisik Anda fit untuk menempuh jarak jauh di lahan Candi Borobudur yang luas.

2. Matahari terbit

Bagi penikmat matahari terbit, di sini Anda juga bisa melihat keindahan matahari terbit dari atas Candi Borobudur. Namun, Anda harus membayar lagi. Untuk Paket Wisata Domestik Sunrise Rp 325.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak seharga Rp 162.500. Biaya ini sudah termasuk snack dan minuman.

Anda bisa membelinya langsung mulai pukul 4.30 pagi di Manohara Hotel. Namun, kabarnya paket Sunrise ini belum dibuka selama masa pandemi COVID-19.

3. Safari Gajah

Anda mungkin tidak menyangka bisa melakukan safari gajah di Candi Borobudur. Wow, itu akan sangat menyenangkan. Biasanya itu tergantung pada paket yang Anda pilih. Jika ingin menaiki gajar selama kurang lebih 10 menit dikenakan biaya Rp 50.000.

Anda dapat mengambil foto, naik gajah untuk memberi makan gajah. Tidak hanya itu, bagi Anda yang hobi berkuda, Anda juga bisa bersepeda mengelilingi kompleks candi Borobudur.

Tentunya pengalaman ini akan menyenangkan dipadukan dengan pemandangan candi borobudur dan keindahan alam sekitarnya.

Fasilitas Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark

Foto: Instagram/@borobudurpark

Untuk fasilitasnya sendiri, Candi Borobudur sudah termasuk lengkap. Ada toilet, kereta kelinci untuk berkeliling kompleks candi, dan warung-warung kecil yang menjual makanan. Anda juga bisa membeli oleh-oleh atau oleh-oleh yang dijual oleh pedagang kaki lima.

Selain itu juga terdapat tempat ibadah seperti mushola dan tempat parkir yang luas, sehingga tidak perlu khawatir jika anda datang dengan kendaraan pribadi.

Tiket Masuk Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark

Foto: Instagram/@borobudurpark

Sempat dikabarkan akan ada kenaikan, namun harga tiket masuk Candi Borobudur tidak mengalami kenaikan. Namun, harga tiketnya berbeda antara turis domestik dan turis asing. Berikut harga Tiket Masuk Candi Borobudur:

1. Tiket masuk wisatawan lokal (dewasa): Rp 50.000
2. Tiket masuk wisatawan lokal (anak-anak): Rp25.000
3. Tiket masuk turis asing (dewasa): Rp 362.500 atau 25 USD
4. Tiket Masuk Wisatawan Asing (Anak-anak): Rp 217.500 atau USD 15

Lokasi Candi Borobudur yang tidak terlalu jauh dari wisata candi Prambanan dan Ratu Boko membuat harga tiket tersedia untuk bundling. Berikut daftar harganya.

1. Harga Tiket Masuk Borobudur & Browsing Canal (Dewasa): Rp 75.000
2. Tiket Masuk Kanal Borobudur & Ratu Boko (Dewasa): Rp 75.000
3. Harga Tiket Masuk Kanal Borobudur & Ratu Boko (Anak): Rp 35.000
4. Tiket Masuk Kanal Borobudur & Perambanan (Anak): Rp 35.000

5. Tiket Masuk Kanal Borobudur & Perambanan (Dewasa): Rp 625.500 atau USD 45
6. Tiket Masuk Kanal Borobudur & Perambanan (Anak-anak): Rp 391.500 atau 27 USD
7. Tiket Masuk Kanal Borobudur & Ratu Boko (Dewasa): Rp 625.500 atau USD 45
8. Tiket Masuk Kanal Borobudur & Ratu Boko (Anak-anak): Rp 391.500 atau USD 27

Namun perlu diketahui bahwa harga yang tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, kami berharap harga ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin menentukan biaya liburan.

Berikut ini adalah kumpulan informasi tentang sejarah Candi Borobudur, harga tiket dan atraksinya. Sekali lagi diingatkan bahwa harga-harga yang tercantum di atas dapat mengalami kenaikan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan manajemen.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di dan juga membeli tiket secara online. Anda juga bisa mengunjungi Instagramnya di @borobudurpark yang membagikan informasi terbaru dari Candi Borobudur.

Sebagai penutup, semoga artikel timeless di atas bermanfaat untuk Anda dan Selamat Berlibur!

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button