Candi Borobudur jadi lokasi kegiatan G20, kunjungan wisatawan hanya di kawasan Zona 2 - WisataHits
Jawa Tengah

Candi Borobudur jadi lokasi kegiatan G20, kunjungan wisatawan hanya di kawasan Zona 2

TRIBUNTRAVEL.COM – Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur merupakan lokasi rangkaian kegiatan G20 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sehubungan dengan rangkaian kegiatan G20, kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur dibatasi.

Pengunjung mendaki Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.  Kunjungan wisatawan dibatasi ke kawasan Zona 2 seiring dengan puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022.
Pengunjung mendaki Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan wisatawan dibatasi ke kawasan Zona 2 seiring dengan puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022. (Snowscat / Unsplash)

Pengunjung Candi Borobudur hanya bisa mengikuti wisata di kawasan Zona 2, kecuali kawasan Lumbini.

Hal itu diungkapkan Pemprov Borobudur melalui akun Instagram @borobudurpark.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur, Jangan Lewatkan Momen Sunrise Chasing di Puthuk Setumbu

“Pengumuman Pengoperasian Layanan Taman Wisata Candi Borobudur. Pada 12-13 September 2022, puncak kegiatan G20 akan fokus pada kawasan Zona 1 (halaman dalam/halaman dalam Candi Borobudur) dan Zona 2 Lumbini”, tulis administrasi Candi Borobudur dikutip TribunTravel, Senin (9/12/2022).

Dengarkan juga:

“Untuk kunjungan wisatawan bisa dilakukan selain di kawasan Lumbini di kawasan Zona 2. dia menambahkan.

Diikuti oleh 900 artis lokal dan nasional

Dilaporkan oleh Kompas.comSenin (12/9), setidaknya baik lokal maupun nasional terlibat dalam pementasan yang akan berlangsung mulai pukul 7.

Dalam keterangan persnya, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menyatakan, ke depan kegiatan ini akan berlangsung setiap dua tahun sekali untuk memfasilitasi pelaku budaya dan memperluas akses masyarakat terhadap warisan budaya Indonesia.

Pemandangan Candi Borobudur yang mempesona.  Kunjungan wisatawan dibatasi ke wilayah Zona 2 sehubungan dengan penyelenggaraan KTT G20 pada 12-13 September 2022.
Pemandangan Candi Borobudur yang mempesona. Kunjungan wisatawan dibatasi ke kawasan Zona 2 bersamaan dengan puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022. (borobudurpark.com)

Baca Juga: Nyanyian Tipitaka Indonesia Akan Digelar Lagi, Ada Prosesi Mahadhatu Kencana Di Candi Borobudur Lumbini

“Seiring berkembangnya teknologi, khususnya di ruang media, kami ingin mendorong penggunaan teknologi agar masyarakat memiliki akses yang lebih besar terhadap warisan budaya kita dan memanfaatkan warisan budaya tersebut sebagai sumber pengetahuan,” kata Hilman.

Untuk menyesuaikan arus pengunjung di Taman Wisata Candi Borobudur, khususnya bagi pengunjung yang ingin melihat pertunjukan Indonesia Speaking 2022 bisa masuk dari Gerbang Kalpataru yang terletak di sebelah timur kawasan TWC Borobudur.

Bagi wisatawan biasa, menginaplah melalui gerbang utama TWC Borobudur.

Baca Juga: Presiden Federal Tur Pertama ke Candi Borobudur, Terkejut Bawa Pulang Sandal Upanat

Destinasi TWC Borobudur juga memberlakukan perpanjangan jam operasional dari pukul 15:00 – 22:00 WIB untuk 2022 pengunjung berbahasa Indonesia.

Source: travel.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button