Candi Borobudur Akan Dihijaukan Dengan Penanaman 800 Pohon - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Candi Borobudur Akan Dihijaukan Dengan Penanaman 800 Pohon – ANTARA News Yogyakarta

MAGELANG (ANTARA) – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) bersama beberapa BUMN kembali membuka kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan menanam 800 pohon.

Sekretaris Perusahaan PT TWC AY Suhartanto, Kamis di Magelang mengatakan, kegiatan difokuskan di Dusun Kamal di Desa Giritengah kemudian dilanjutkan dengan pembagian bibit ke desa Borobudur dan Sambeng.

Sebagai bagian dari Program Kerjasama Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT TWC menggandeng PT Pegadaian, Perum Perhutani dan AirNav Indonesia untuk merealisasikan penanaman pohon ini.

“Jumlah bibit yang diberikan sebanyak 800 pohon beserta pupuk humus aktif padat dan cair,” ujarnya.

Dikatakannya, Borobudur sebagai Destinasi Wisata Prioritas Utama (DPSP) dinobatkan sebagai generator penggerak pengembangan ekosistem pariwisata di Indonesia, salah satunya dengan penerapan “green tourism” dan “sustainable tourism”.

Penerapan green tourism, kata dia, untuk melestarikan Candi Borobudur sekaligus menciptakan keseimbangan ekosistem dalam konteks kawasan pariwisata Borobudur, bertujuan untuk memajukan program green tourism menuju pariwisata yang berkelanjutan dan berkualitas.

“PT TWC sebagai pengelola warisan budaya Indonesia berkomitmen penuh untuk mengelola destinasi warisan dan budaya yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi. Dengan demikian, tidak hanya fokus pada tujuan utama, tetapi juga pada pelestarian dan pengembangan kawasan sekitar,” ujarnya.

PT TWC berkomitmen untuk melakukan pariwisata warisan yang berkelanjutan melalui “pengelolaan terintegrasi dari kegiatan warisan dan pariwisata” berdasarkan tiga faktor utama, yaitu “pelestarian warisan”, “investasi ekonomi dan keterlibatan masyarakat sipil”.

Ia mengatakan, tentunya hal ini memerlukan dukungan berbagai pemangku kepentingan melalui berbagai sinergi kerjasama.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button