Bus wisata Semarang menabrak Ngarai Magetan, tujuh orang tewas - WisataHits
Jawa Tengah

Bus wisata Semarang menabrak Ngarai Magetan, tujuh orang tewas

Bisnis.comSEMARANG – Enam warga RT5/RW 2, Kelurahan Manyaran, Kota Semarang, Jawa Tengah, dilaporkan tewas dalam kecelakaan bus yang membawa rombongan warga saat berwisata di kawasan Magetan, Jawa Timur.

Pengurus RW 5 Kecamatan Manyaran Agus Kusmanto membenarkan kejadian nahas itu menimpa enam warga yang hendak melakukan perjalanan ke Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dan Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan. “Informasi yang disampaikan kepada keluarga ada enam orang meninggal dunia, 15 orang luka-luka,” katanya.

Selain enam warga Manyaran, sopir bus juga tewas.

Menurut dia, ada sekitar 80 warga RT 5 yang ikut tur ke Tawangmangu dan Sarangan. “Berangkat pagi ini dengan dua bus ukuran sedang. Pulang sore ini, tidak menginap,” katanya.

Ia mengatakan sejumlah anak muda ikut dalam kegiatan tersebut, termasuk ketua RW 5.

Ia mengatakan, anggota keluarga korban kecelakaan dikoordinir oleh Kelurahan Manyaran untuk proses penjemputan.

Sementara itu, warga RT 5/RW 2 menyiapkan tenda sendiri di sepanjang Jalan Gedongsongo Raya, Manyaran, Semarang Barat untuk tempat pemakaman para korban yang meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Sebelumnya, bus yang ditumpangi rombongan warga RT 5/RW 2, Kelurahan Manyaran, Kota Semarang, kawasan Magetan, Jawa Timur, mengalami kecelakaan.

Tujuh orang dilaporkan tewas setelah bus yang ditumpangi rombongan wisata tersebut terjun ke jurang sedalam 20 meter di Jalan Raya Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (12/4/2022).

“Data awal menunjukkan bahwa tujuh orang meninggal, termasuk pengemudi. Kami masih menyelidiki penyebab pastinya. Saat ini fokus awalnya pada evakuasi dan penanganan korban,” kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, Minggu di Magetan, Jawa Timur.

Evakuasi korban sulit dilakukan karena bangkai bus berada di jurang. Selain itu, kondisi sopir bus yang tegang membuat petugas gabungan membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk evakuasi.

Bus Transindo Semeru Putra bernomor polisi H-1470-AG itu membawa puluhan penumpang tujuan Telaga Sarangan, Magetan. Rem bus diduga blong sehingga pengemudi kehilangan kendali saat menuruni tanjakan terjal dari Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, menuju Magetan.

Bus tersebut kemudian menabrak besi pembatas jalan dan terjun ke jurang. Tujuh korban tewas dan puluhan luka-luka dievakuasi ke RSUD Sayidiman Magetan dan Puskesmas Plaosan. Kasus kecelakaan tersebut masih diproses oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Magetan untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button