Bupati Ngesti Nugraha meresmikan Monumen Alpukat Desa Binaan Astra di Dusun Kalibening, Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Bupati Ngesti Nugraha meresmikan Monumen Alpukat Desa Binaan Astra di Dusun Kalibening, Semarang

Kabupaten Semarang, Jawa Tengahnews.id – Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha meresmikan Kampung Alpukat di Dusun Kalibening, Desa Kebondalem, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Selasa (9/8/2022).

Peresmian Tugu Alpukat di Dusun Kalibening ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati dan penandatanganan prasasti, dihadiri oleh Koordinator Wilayah Grup Astra Semarang Paulus C. Wijanarko, Dinpermandes, Camat, Lurah untuk tokoh masyarakat dan hadir umum.

Saat diwawancarai di lokasi oleh Jatengnews.id, Bupati Ngesti menyampaikan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Semarang Astra Jawa Tengah yang telah membantu mendukung para petani alpukat di Dusun Kalibening.

Baca juga: Kabar gembira, Flora Wisata Banyukuning Bandungan resmi dibuka untuk umum

“Kami berharap melalui kegiatan ini, sumber daya para petani khususnya kelompok tani Ngudi Rahayu 2 di Kalibening dapat tumbuh dan meningkat baik produksi maupun nilai jualnya,” kata Bupati.

Selain itu, ia juga menghargai persatuan dan kesatuan kelompok tani di Dusun Kalibening. Semoga dengan berkembangnya bibit alpukat Kalibening bersertifikat ini akan terus tumbuh, berkembang dan semakin dikenal di seluruh Indonesia.

Bahkan ada tamu dari Eropa dan Nigeria yang berkunjung ke dusun Kalibening ini yang berniat memanfaatkan bibit alpukat Kalibening yang ditanam di Eropa dan Nigeria.

“Saya berharap program ini dapat terwujud dan meningkatkan nilai ekonomi di Dusun Kalibening, Desa Kebondalem, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang,” harap Bupati.

Bupati Ngesti Nugraha berfoto bersama tokoh masyarakat dan Astra usai meresmikan tugu alpukat di Dusun Kalibening, Semarang, Selasa (9/8/2022). (Foto: dok)

Kepala Desa Kebondalem, Nur Holiq, juga mengucapkan terima kasih kepada Astra dalam sambutannya atas bimbingan yang diberikan kepada para petani selama ini, khususnya atas bantuan pendirian tugu alpukat di dusun Kalibening.

“Semoga dukungan Astra dan Pemkab ini dapat menumbuhkan semangat bersama untuk terus mengembangkan budidaya alpukat Kalibening. Tidak hanya diketahui oleh masyarakat sekitar tetapi dapat diketahui oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Jadi harapannya bisa menambah nilai ekonomi dan pada akhirnya memajukan masyarakat desa,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Grup Astra Semarang Paulus C. Wijanarko mengatakan Dusun Kalibening merupakan salah satu program Desa Sejahtera (DSA) Astra. Pada kesempatan ini, peresmian Monumen Alpukat & Expo UMKM di DSA Kalibeninig menandai kontribusi Astra.

Sebagai perusahaan yang selalu berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi Indonesia, Astra secara konsisten berkontribusi melalui program kontribusi sosial berkelanjutan yang berfokus pada 4 pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Latar belakang dan pencapaian DSA sejalan dengan upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang selaras dengan 4 pilar. Astra menginisiasi program unggulan Kampung Berseri Astra (KBA) dan DSA.

Dusun Kalibening sendiri telah bergabung dengan desa sejahtera Astra sejak tahun 2021 yang dikembangkan di 10 desa di kecamatan Jambu. Fokus tahun ini adalah pada 3 desa yang kemajuannya terlihat jelas.

“Kami sangat berharap pembangunan dan keadilan di 10 desa bisa segera tercapai. 3 desa binaan tersebut dapat menjadi role model bagi desa lainnya. Sejalan dengan program Desa Sejahtera Astra, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan untuk belajar bersama untuk memajukan desa dan menjadi pilar teladan bagi masyarakat lainnya,” ujarnya.

Baca juga: LUAR BIASA, Kota Semarang Juara Umum MTQ Jawa Tengah 2022, Ini Hasilnya

Pelaksanaan program DSA di sini, berjalan di 3 desa, menawarkan dukungan Astra dalam bentuk pelatihan, pendampingan, pengembangan rumah kaca alpukat, pengembangan Kafe Bukit Kelir, presentasi beberapa ahli dan tamu sebagai pengenalan promosi desa untuk luar negeri yang Menata ulang tempat-tempat wisata di puncak dan memperoleh alat-alat untuk mendukung produksi.

Dengan informasi tersebut, Bupati Ngesti Nugraha meresmikan Tugu Alpukat di Desa Binaan Astra di Dusun Kalibening, Semarang. (01)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button