Bupati Mojokerto Pastikan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Perlu Sinergi Pentahelix - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Mojokerto Pastikan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Perlu Sinergi Pentahelix – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Bupati Mojokerto menegaskan penanganan kebakaran hutan dan lahan membutuhkan Sinergi Pentahelix

Diunggah pada: 21 Sep 2022 9:28:19 am 5

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, (kedua dari kiri) saat sesi foto bersama dalam acara Siaga Apel bersama BPBD Mojokerto dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di Lapangan Wisata Poetok Soeko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Selasa (20/9/ 2022). Foto; Info Disko Kabupaten Mojokerto

Ruang Berita Jawa Timur – Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menggelar seruan waspada kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Kabupaten Mojokerto, kawasan wisata Poetok Soeko. , Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Selasa (20/20/9/2022).

Seruan ini dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah daerah, TNI, Polri, dunia usaha, pers media dan calon relawan. Dalam siaran pers dari Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menekankan dalam arahannya bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan membutuhkan sinergi pentahelix.

“Panggilan Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dilakukan sebagai bentuk persiapan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan mitra media, karena kami menyadari bahwa penanggulangan bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja,” kata Bupati Ikfina. .

Bupati Ikfina berharap kegiatan apel siaga ini menjadi kegiatan rutin dan tidak hanya bersifat seremonial. Dia mengklaim karena applet standby yang seharusnya melakukan aksi nyata, ketika ada kebakaran hutan dan lahan harus dijalankan.

“Kegiatan standby applet ini perlu menjadi rutinitas, dan yang tidak kalah pentingnya adalah update berjalan optimal saat terjadi kebakaran hutan dan lahan yang nyata,” ujarnya.

Diketahui Kabupaten Mojokerto memiliki tutupan hutan seluas 25.021,40 hektar yang terdiri dari 10.181,10 hektar hutan lindung yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Taman Hutan Raya R. Soerjo dan 10.656,70 hektar hutan produksi, 4.183, 60 hektar hutan lindung. hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Pasuruan, KPH Mojokerto dan KPH Jombang.

Kawasan hutan di Mojokerto, khususnya di wilayah selatan merupakan daerah pegunungan dan perbukitan dengan populasi tumbuhan yang terdiri dari perdu dan tegakan hutan dengan dominasi jenis pinus dan hutan lainnya, menjadikan Mojokerto sebagai salah satu daerah rawan kebakaran di kabupaten tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina juga menyampaikan bahwa peringatan kebakaran hutan dan lahan membutuhkan pemahaman dan strategi teknis, baik untuk penanggulangannya maupun pengelolaannya secara langsung. Dimana medan yang tidak rata, untuk melawan kebakaran hutan dan lahan, penggunaan peralatan modern sulit.

“Salah satu upaya penanggulangan yang dilakukan adalah dengan mendirikan posko kebakaran hutan dan lahan di beberapa lokasi rawan kebakaran, dengan penjagaan di setiap posko yang bertugas 24 jam sehari,” katanya.

Dengan ancaman kebakaran hutan dan kebakaran hutan yang mengancam wilayah Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina berharap wilayah Kabupaten Mojokerto aman dari kebakaran dan kebakaran hutan.

“Saya sebagai masyarakat sekaligus sebagai kepala daerah Kabupaten Mojokerto berdoa dan berharap agar daerah kita aman dari kebakaran hutan dan lahan serta dari segala macam bencana dan selalu siap menghadapi segala bentuk ancaman bencana di Demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Mojokerto yang aman, nyaman dan sejahtera,” harapnya. .(vin/s)

#KabupatenMojokerto

Source: kominfo.jatimprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button