Bupati memprakarsai wisata udara, melintasi Gunungkidul dengan pesawat ringan - WisataHits
Yogyakarta

Bupati memprakarsai wisata udara, melintasi Gunungkidul dengan pesawat ringan

Bupati memprakarsai wisata udara, melintasi Gunungkidul dengan pesawat ringan

BDG


Wonosari, (pidjar.com) – Jika mendengar kata Gunungkidul, objek wisata pantai yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri di setiap tempat pasti terlintas di benak Anda. Banyak juga wisata minat khusus dan buatan di kawasan ini, sehingga pilihan wisata menjadi semakin beragam.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, pihaknya sedang menjajaki pengembangan wisata udara di Bumi Handayani. Konsepnya terbang keliling Gunungkidul dengan pesawat kecil.

Hal itu diumumkan beberapa waktu lalu oleh seorang pensiunan anggota TNI. Sebagai langkah awal, Sunaryanta dan kolaborator lainnya berkoordinasi untuk membahas gagasan tersebut, termasuk melalui komunikasi dengan komunitas penyedia layanan.

Menurutnya, konsep ini sangat menjanjikan untuk pengembangan sektor pariwisata di Gunungkidul. Keadaan bentang alam yang luar biasa ini cocok dinikmati di udara dengan terbang berkeliling menggunakan pesawat kecil.

“Gunungkidul memiliki lapangan terbang di Desa Gading, Kapanewon Playen. Itu bisa dimanfaatkan untuk membuka opsi wisata udara ini,” kata Sunaryanta.

Tentu saja, agar tidak menjadi wacana yang tidak masuk akal, diperlukan koordinasi lebih lanjut. Termasuk mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari komunikasi dengan Panglima TNI AU, kesiapan sarana prasarana, keamanan dan sebagainya.

“Perlu kajian mendalam. Nanti akan digali potensinya, bagaimana dan dengan cara apa, termasuk bekerja sama dengan pihak terkait (swasta),” ujarnya.

Bidang pariwisata merupakan salah satu tugas Bupati Gunungkidul yang menjadi prioritas program kerja. Antara lain melalui kerja sama dengan sejumlah investor dan perekonomian nasional. Ia sendiri ingin mengembangkan pariwisata di Bumi Handayani dari berbagai sisi dengan mengangkat potensi darat, laut, udara yang ada.

“Wisata minat khusus itu potensial, jadi konsepnya harus matang,” jelasnya.

Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul (Dispar) Mohamad Arif Aldian mengatakan konsep wisata udara menarik dan inovatif. Menurutnya, hal itu akan menjadi pengalaman menarik bagi wisatawan yang ingin melihat Gunungkidul dari udara.

“Tentu perlu kajian dan beberapa pertimbangan lain. Termasuk regulasi, keamanan, dan lain-lain,” kata Arif Aldian.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button