Bupati Jombang buka bakti sosial internasional bekerjasama dengan Unair dan Pemkab Jombang - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Jombang buka bakti sosial internasional bekerjasama dengan Unair dan Pemkab Jombang

Jombang l Jejakcase.info – Pembukaan Kegiatan Amal Internasional bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jombang dan Universitas Airlangga Surabaya pada Selasa pagi (20/9/2022) di Anjungan Kabupaten Jombang.

Mewakili Rektor Universitas Airlangga, Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban, Lingkungan (LKKL) Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Karnaji; Turut hadir Wakil Ketua Program, Komunikasi dan Kemitraan (UIGM) Green Metric UI, Dr. Junaidi, SS, MA dan sekitar 50 mahasiswa internasional dari berbagai negara termasuk Mesir, Nepal, Afghanistan, Malaysia dan Pantai Gading. Perwakilan dari Tun Hussein Onn Malaysia University (UTHM), Prof. Staff Dr. Mohammad Zainizan Bin Sahdan; Perwakilan dari Management and Science University (MSU), Dr. Muhammad Irsyad Abdullah; Jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang; Kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Universitas Airlangga Surabaya atas terselenggaranya program pengabdian masyarakat internasional di Kabupaten Jombang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, saya menyampaikan apresiasi atas kegiatan amal internasional ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Airlangga Surabaya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Bupati Mundjidah.

Pemimpin di Kabupaten Jombang berharap kegiatan amal ini dapat membawa manfaat bagi semua pemangku kepentingan, terutama dengan mendukung program pemerintah Kabupaten Jombang untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Program dan kebijakan pemerintah daerah dapat dikomunikasikan kepada masyarakat dan dilaksanakan. Karena sivitas akademika dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperolehnya di masyarakat. Sehingga masyarakat dapat menimba ilmu dan menjalankan program pemerintah dengan baik,” imbuhnya.

Bupati juga menyebutkan Kabupaten Jombang memiliki ekowisata yang salah satunya berada di kawasan hutan lindung Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kabupaten Wonosalam yaitu Ekowisata Permata Hati (Konservasi Hutan Berbasis Mata Air dan Partisipasi).

“Ekowisata berdiri sejak tahun 2014 hingga sekarang. Berbagai pengakuan dan penghargaan telah diterima oleh Mendiros Permata Hati Ecotourism. Ekowisata ini masuk dalam nominasi Top 25 Kovablik (Tingkat Provinsi Jawa Timur) tahun 2019 dan Top 99 Sinovik (Tingkat Nasional) tahun 2020. Dan meraih juara 1 lomba Wanalestari tingkat nasional 2022 kategori kelompok tani hutan,” jelasnya.

“Saya berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan. Mari kita kembangkan pariwisata Jombang dengan tetap menjaga alam dan menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban, Lingkungan (LKKL) Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Karnaji dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan nirlaba ekowisata berbasis masyarakat untuk masa depan yang berkelanjutan akan diadakan pada 20-23 September. Program ini merupakan kelanjutan dari kegiatan amal tahun lalu.

“Tahun lalu kami memulai kegiatan ini di desa Panglungan Wonosalam, kemudian dilanjutkan tahun ini,” ujarnya.

International Charitable Activities atau yang lebih dikenal dengan ICS (International Community Services) merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jombang dengan Universitas Airlangga Surabaya yang melibatkan masyarakat internasional yaitu mahasiswa dari UTHM University dan MSU Malaysia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah transfer ilmu civitas akademika dari dalam dan luar negeri terkait upaya peningkatan promosi pariwisata ramah lingkungan di Kabupaten Jombang. Karena nanti juga akan ada Group Discussion Forum (FGD) dengan peserta dari SKPD dengan materi pengembangan dan promosi pariwisata di Jombang,” jelasnya.

Karnaji berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang. Sehingga program yang digagas Universitas Airlangga Surabaya ini dapat memberikan dampak positif bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat Jombang.

“Kami berharap program ini terus menjadi Istiqomah. Sehingga potensi wisata di Jombang bisa berkembang dan mendunia,” pungkasnya.

(Aan jk)

Posting dilihat: 11

Source: jejakkasus.info

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button