Bupati Gus Muhdlor Setuju Ekspor Produk UMKM, Sidoarjo Kontribusi 20 Persen - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Gus Muhdlor Setuju Ekspor Produk UMKM, Sidoarjo Kontribusi 20 Persen

Sidoarjo, Sakilasmedia.com Produk kerajinan dan industri kreatif yang dihasilkan oleh UMKM di Kabupaten Sidoarjo telah terbukti dapat diterapkan secara internasional. Ratusan produk tersebut berhasil menembus pasar ekspor. Ada hingga 300 pelaku UMKM yang telah memasarkan produknya di negara tetangga. Demikian disampaikan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP saat menghadiri acara seremonial ekspor produk Moorlife di PT. CMN Indonesia Jln. HR Moh. Mangundiprojo No.266 Desa Banjarkemantren, Kecamatan Buduran Kamis, (25,8.). Tommy Kaihatu, Kepala Pengelola Pusat Ekspor Surabaya, turut hadir dalam pelepasan produk ekspor tersebut.

Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor mengatakan sudah saatnya UKM Kabupaten Sidoarjo berekspansi ke luar negeri. Ia melihat produk UMKM Sidoarjo tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Terbukti 300 pelaku UMKM bisa memasarkan produknya ke luar negeri. Inilah yang dibanggakan Kabupaten Sidoarjo.

“Kemarin pusat ekspor Surabaya hanya menargetkan ribuan UMKM untuk 9 provinsi go international, bayangkan 300 di antaranya adalah UMKM dari Sidoarjo atau 20 persen dari 9 provinsi dari Sidoarjo. Ini patut kita banggakan dan kita dorong ke depan,” ujarnya.

Gus Muhdlor mengatakan sejak awal ingin UMKM tumbuh dan berkembang di kabupaten tersebut. Oleh karena itu, UMKM dipromosikan menjadi salah satu visinya menjadi bupati.

“Visi awal Bupati Sidoarjo adalah mengubah paradigma bahwa UMKM di Sidoarjo perlu go international, menjadi pahlawan forex baru, bukan hanya pemain di negeri sendiri,” ujarnya.

Gus Muhdlor juga berharap para pelaku UMKM Sidoarjo terus berinovasi dalam produknya. Dikatakannya sebagai pengusaha sukses yang tidak hanya berbicara tentang kejelian melihat peluang pasar. Namun bagaimana membuat inovasi yang selalu diharapkan oleh masyarakat. Seperti yang dilakukan Moorlife kali ini.

“Menjadi pengusaha sukses bukan hanya sekedar melihat pasar, bukan hanya mental pejuang yang dibutuhkan, tapi inovasi, saya melihat itu dari dia (Founder dan President Moorlife Indonesia, Hermanto Tanoko),” ujarnya.

Founder dan President Moorlife Indonesia Hermanto Tanoko mengatakan, Pemkab Sidoarjo mendukung upayanya untuk terus berkembang di Sidoarjo. Kali ini perusahaan mengekspor produknya ke Filipina. Terdapat 10 container dengan 40 feed untuk produk Moorlife berupa peralatan makan dan minum plastik. Ia mengatakan, ekspor ini merupakan yang ketiga kalinya ke luar negeri. Jumlahnya terus bertambah. Kali ini total nilai produk yang dikirim adalah Rp 50 Milyar Rupiah

“Ini ekspor ketiga, jumlahnya naik alami, setelah Filipina, Malaysia, Singapura bisa ke negara lain,” katanya. (Busa)

Source: sekilasmedia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button