Bupati Bogor: HUT RI menjadi pendorong pemulihan ekonomi - WisataHits
Jawa Barat

Bupati Bogor: HUT RI menjadi pendorong pemulihan ekonomi

Kabupaten Bogor (ANTARA) – Pj Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan momentum peringatan HUT RI ke-77 menjadi semangat bagi Pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat dalam memulihkan perekonomian.

“Dengan meredanya pandemi dan mengingat momentum HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia, kami fokus pada pemulihan, pemulihan dan kebangkitan ekonomi untuk memenuhi janji-janji pembangunan dan meletakkan fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih cerah bagi Kabupaten Bogor,” kata Ivan dalam sambutannya di Cibinong, Bogor, Rabu.

Menurutnya, upaya pemulihan ekonomi dapat dengan mudah dicapai jika pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas, karena baginya tidak akan ada kemajuan bangsa tanpa kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, sejahtera, produktif, inovatif dan berbudaya. .

“Untuk itu, kami akan terus meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan, membangun rumah sakit, meningkatkan gizi anak dan meningkatkan sanitasi untuk mencapai zero stunting pada tahun 2023,” ujarnya.

Baca Juga: Plt Bupati Bogor Minta 40 Camat Bantu Pemulihan Ekonomi Baca Juga: Pemkab Bogor Andalkan Sektor Pariwisata Pulihkan Perekonomian

Ivan mengatakan untuk menekan angka kemiskinan dan ketimpangan yang meningkat akibat pandemi, program-program yang menjadi tulang punggung siklus ekonomi daerah akan terus digalakkan.

“Kemudian mempercepat penyerapan APBD, melanjutkan pembangunan infrastruktur, olahraga dan pariwisata, industri kreatif. Kemudian Bumdes, desa wisata dan ekowisata untuk lingkungan yang lebih berkelanjutan, melanjutkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade). Optimalisasi Bogor Career Center untuk peluang kerja,” kata Ivan.

Upaya lainnya antara lain pemberian bantuan sosial (bansos), hibah dan insentif untuk meningkatkan produktivitas dan daya beli masyarakat. Selain itu, keringanan pajak, aktivasi ruang yang tidak terpakai, digitalisasi, promosi serta pemasaran dan penggunaan produk UMKM.

Dia mengklaim, pemulihan ekonomi yang dilakukan Pemerintah Bogor telah membuahkan hasil yang signifikan, seperti Indeks Pembangunan Manusia dari 70,40 poin menjadi 70,60 poin.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan sektor investasi, komersial dan industri yang menjadi penyumbang terbesar PDRB Kabupaten Bogor, Pemkab Bogor akan membangun pusat pelayanan publik tahun ini” kata Ivan.

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button