Bupati Afif: TMMD mendukung pengembangan ekonomi masyarakat dan mengembangkan sektor pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Bupati Afif: TMMD mendukung pengembangan ekonomi masyarakat dan mengembangkan sektor pariwisata

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III sangat membantu masyarakat dalam pembangunan ekonomi.

Di Wonosobo, TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung (TMMD) Tahap III difokuskan pada optimalisasi pengelolaan pariwisata di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat disamping sektor pertanian.

“TMMD Sengkuyung III di Desa Maron, Kabupaten Garung fokus pada pengembangan sektor pariwisata. Kami berharap melalui program ini, potensi wisata di Desa Maron dapat dioptimalkan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat di samping sektor pertanian,” kata Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat pada pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III 2022 Selasa lalu (Nov.2022) di Alun-alun Desa Maron, Garung Wonosobo.

Menurut Bupati Afif, dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan gelombang inflasi yang mencapai 6,78 persen pada Agustus 2022, fokus kebijakan Pemkab pada program pengentasan kemiskinan, stunting dan isu lainnya difokuskan pada dimensi wilayah dan mencakup lintas sektor. -dimensi sektoral.

Untuk itu, jelas Bupati Afif, program strategis TMMD ini merupakan bagian dari semangat gotong royong dan pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan di tingkat desa berbasis partisipasi masyarakat. Sebagai bentuk sinergi dan persatuan TNI dengan masyarakat untuk memajukan desa, menggali dan memanfaatkan potensi yang ada.

Selain itu, Bupati Afif mengajak untuk mewujudkan Wonosobo Maer dengan memperbaiki infrastruktur, Wonosobo Sehat dengan menerapkan paradigma sehat dan meningkatkan pelayanan kesehatan, Wonosobo Pinter dengan mengembangkan kemajuan berbasis literasi, religi dan literasi.

“Saya mengajak untuk bersama-sama mewujudkan Wonosobo Maer dengan meningkatkan infrastruktur, Wonosobo Sehat dengan menerapkan paradigma sehat dan meningkatkan pelayanan kesehatan, Wonosobo Pinter dengan mengembangkan kemajuan berbasis pendidikan umum, agama dan literasi yang sama, Wonosobo Aman dengan Mewujudkan Kelayakan Daerah dan Wonosobo Makmur dengan mengedepankan ekonomi yang kuat berbasis pertanian, pariwisata dan UMKM,” ujarnya.

Senada dengan Bupati Afif, Kapten Arm Suyitno dari Danramil 14/Sukoharjo mengatakan bahwa TMMD Sengkuyung Tahap III bertujuan untuk membantu pemerintah pemerintah Wonosobo dalam percepatan pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan persatuan insan TNI dalam penyiapan Ruang, Alat dan Perangkat Keras. berjuang untuk mendukung kondisi.

Lebih lanjut Suyitno menjelaskan kegiatan fisik yang ditujukan pada pekerjaan pengaspalan jalan antar desa Maron Menjer berupa pembetonan yaitu beton 1 dengan panjang 275,25 meter, lebar 3,4 meter dan tebal 0,12 meter, sedangkan beton 2 dengan panjang 31 meter, lebar 3,4 meter dan tebal 0,12 meter. Juga pekerjaan derek di 5 lokasi, rehabilitasi saluran pembuangan di 1 lokasi dan jembatan di 1 lokasi.

Kegiatan non fisik meliputi Pengarahan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Hukum dan HAM, Sosialisasi Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan Stunting, Penyuluhan Pertanian dan Peternakan, Pengelolaan Sampah, Destinasi Nasehat Wisata, Pemuda Fasilitas, Pelayanan Keluarga Berencana, Kesehatan dan manajemen kependudukan.

Sementara itu, Letkol Inf Rahmat, Dandim 0707/Wonosobo menambahkan, persekutuan melalui TMMD Sengkuyung III dilaksanakan dari 11 Oktober hingga 9 November 2022, di mana 40 elemen TNI, 10 POLRI, 10 pemerintah daerah dan 100 orang berpartisipasi Media diciptakan dalam upaya mempererat kerjasama dan sinergi antar elemen yang dilandasi semangat dan nilai gotong royong yang tinggi.

“TMMD merupakan wadah yang berupaya untuk mempererat kerjasama dan sinergi antar elemen yang dilandasi semangat dan nilai gotong royong yang tinggi,” ujarnya. (wonosobokab.go.id)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button