Bukti komitmen KAI untuk cinta tanah air, Sulawesi kini hits - WisataHits
Jawa Timur

Bukti komitmen KAI untuk cinta tanah air, Sulawesi kini hits

SURYA.CO.ID, SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) berjanji cinta tanah air Indonesia.

Belakangan ini juga terdapat kereta api (KA) di wilayah Sulawesi yang tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Dalam menghadirkan jalur kereta api di Sulawesi sendiri, KAI bekerja sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel.

Saat pesan ini ditulis, sudah ada 5 (lima) stasiun yang aktif di wilayah Makassar-Parepare. Ini termasuk stasiun Garongkong, Mangilu, Maros, Pangkajene dan Rammang-Rammang.

“KAI selalu berkomitmen untuk cinta tanah air, dan buktinya kita tidak hanya fokus di Pulau Jawa. Sekarang Sulawesi sudah ada KA jalur Makassar-Parepare,” kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif kepada SURYA.CO.ID saat tiba di kantor PT KAI Daop 8, Rabu (14/12/2022). ).terjadi di Surabaya.

Sebagai informasi, Makassar Parepare Line aktif beroperasi untuk rute Kepulauan Pangkajene (Pangkep) – Maros.

Bahkan, Menhub sudah menjajal jalur ini dengan kereta wisata dari Stasiun Maros menuju Stasiun Pangkajene dan Stasiun Rammang-Rammang yang memiliki daya tarik wisata bernama Ramang-Rammang.

Padahal sebelumnya, pada Oktober 2022, jalur terbatas dioperasikan dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu sepanjang 66 km melewati 7 (tujuh) stasiun.

Jalur tersebut melayani kereta wisata dan dapat digunakan oleh masyarakat secara terbatas.

Perlu diketahui juga bahwa KA Makassar-Parepare memiliki total panjang 142 km yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan KA Trans-Sulawesi yang menghubungkan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi.

Proyek pembangunan KA Makassar-Parepare dibangun mulai tahun 2015 dan memanfaatkan berbagai instrumen pendanaan, yakni APBN, APBD, dan pendanaan kreatif di luar APBN (KPBU, LMAN, SBSN).

Perkeretaapian Makassar-Parepare menerapkan UU Perkeretaapian karena mencakup pengelola infrastruktur, operator fasilitas, dan perusahaan komersial.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button