Bukit Teletubbies Bromo, Selandia Baru jadi destinasi wisata alam - WisataHits
wisatahits

Bukit Teletubbies Bromo, Selandia Baru jadi destinasi wisata alam

Harga tiket: Rp 29.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gedong, Sariwani, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Bukit Teletubbies adalah salah satu destinasi Bromo yang paling terkenal. Ini karena keunikan namanya, serta keindahan alamnya yang hijau. Bentuknya yang berbukit-bukit sehingga mengingatkan pengunjung akan rumah para teletubbies di serial televisi anak-anak. Karena keunikannya, bukit-bukit ini menjadi tempat yang sangat populer untuk dikunjungi.

Awalnya, Gunung Bromo hanya memiliki dua destinasi populer, yaitu Sunrise dan Kawah Bromo. Kemudian, sejak dibukanya pintu masuk dari Kota Malang melalui Jalan Tumpang, kini ada dua destinasi yang lagi populer, yaitu Laut Pasir Bromo dan Bukit Teletubbies. Dengan sabana yang tidak jauh dari perbukitan, kawasan ini memberikan kesan eksotis, terutama bagi para penyuka fotografi.

Tak hanya sebagai tempat eksotis untuk berfoto, perbukitan ini juga cocok dijadikan pilihan untuk menghabiskan liburan di Probolinggo. Semakin populer destinasi wisata ini, semakin banyak pula pengunjung yang datang. Apalagi jika musim liburan panjang atau pada hari libur, destinasi wisata ini akan semakin ramai.

Daya tarik yang dimiliki Bukit Teletubbies

Atraksi Bukit TeletubbiesKredit gambar: Google Maps Cicilia Nuryati

Wisata Bukit Teletubbies kini semakin populer. Dengan berbagai atraksinya, kawasan ini semakin terkenal, terutama bagi para pecinta fotografi. Tak hanya itu, kawasan ini juga banyak diminati sebagai tempat liburan. Berikut beberapa atraksi yang membuat destinasi wisata Gunung Bromo ini ramai dikunjungi.

1. Keindahan perbukitan

Salah satu keistimewaan yang menjadi daya tarik Bukit Teletubbies adalah padang rumput yang luas di atas perbukitan. Tidak hanya rerumputan, di bukit ini juga terdapat tumbuhan paku, ilalang dan lavender yang membuat pemandangan semakin indah. Daerah ini memiliki udara segar dengan semilir angin yang bertiup untuk menyegarkan kembali semangat.

Daerah ini pasti layak untuk dijelajahi. Pengunjung yang berjalan di antara perbukitan akan merasa seperti berada di rumah hobbit. Jika punya tenaga lebih, pengunjung juga bisa mendaki bukit untuk bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Dengan daya tarik keindahannya, banyak yang mengatakan apakah kawasan ini menyerupai pemandangan di Selandia Baru atau Skotlandia.

Untuk mendapatkan view terbaik, Anda bisa datang dan berkunjung saat pergantian musim hujan ke musim kemarau. Jika Anda datang saat musim hujan, akses jalan akan jauh lebih sulit. Selama ini, jika Anda datang pada musim kemarau, rumput akan mengering dan tidak hijau. Datanglah di waktu yang tepat, maka Anda juga mendapatkan lebih banyak keindahan.

2. Badut Teletubbies

Berada di area ini, Anda akan disambut oleh badut teletubbie yang siap berfoto bersama Anda. Badut-badut ini menjadi daya tarik yang melengkapi ruang ini agar benar-benar terlihat seperti serial TV populer 90-an.Meski sedikit orang yang tertarik dengan keberadaan badut ini, kini banyak pengunjung yang diajak untuk berfoto.

Keberadaan badut teletubbies ini menjadi salah satu fasilitas yang disediakan pengelola taman nasional untuk menghibur pengunjung. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk berfoto dengan badut teletubbie ini. Karena berada di Bukit Teletubbies tentunya akan kurang jika belum berfoto dengan para teletubbies sendiri.

3. Matahari terbit

Atraksi yang sangat mahal untuk dilewatkan adalah matahari terbit. Momen ini sangat diminati oleh pengunjung karena keindahannya yang mempesona. Matahari terbit akan membuat campuran yang bagus saat menyentuh rumput hijau perbukitan. Sangat eksotis dengan Gunung Bromo yang megah di latar belakang.

Sayangnya cuaca tidak selalu cerah. Terkadang perbukitan akan dipenuhi kabut. Tak perlu kecewa, karena kabut yang memenuhi bukit justru membuat suasana semakin sejuk. Udaranya juga lebih sejuk, sehingga Anda akan kembali segar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Biket TeletubbiesKredit gambar: Google Maps iis airlia

Terletak di Jawa Timur, di kawasan Gunung Bromo, Anda bisa menuju Bukit Teletubbies melalui Malang, Probolinggo, Pasuruan atau Lumajang. Pintu masuk ke Kota Malang melalui Jalan Tumpang adalah jalan yang paling dekat jika dihitung jarak dari loket masuk ke lokasi bukit. Oleh karena itu, jalan dari Tumpang melalui kota Malang adalah yang paling banyak dilalui.

Untuk rute sendiri bisa langsung menuju Tumpang jika datang dari Kota Malang, selanjutnya bisa mengambil arah Gubug Klakah. Anda akan menemukan rest area untuk memarkir kendaraan pribadi Anda karena untuk melanjutkan perjalanan Anda harus menggunakan jeep atau sepeda motor offroad karena akses jalan yang cukup sulit.

Dari rest area ini, perjalanan selanjutnya akan cukup berliku dengan banyak tanjakan. Jalan yang tersedia juga sempit. Meski tidak mudah untuk dilewati, namun sangat seru dan menyenangkan. Sepanjang perjalanan, Anda juga disuguhkan pemandangan yang sangat indah seperti pemandangan hutan dan terkadang diselingi perkebunan sayur.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke pintu masuk Coban Pelangi yang merupakan loket tiket masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Anda juga bisa beristirahat sejenak karena di halte ini terdapat toilet, serta warung makan dan minum untuk mengisi perut atau membawa belanjaan.

Perjalanan untuk mencapai lokasi tidak terlalu jauh. Setelah sampai di Desa Ngadas, Anda akan segera sampai di Jemplang yang merupakan percabangan jalan menuju lokasi dan jalur pendakian di Gunung Semeru. Belok kiri saja untuk mencapai Bukit Teletubbies. Perjalanan dari cabang ini hanya memakan waktu 15 sampai 20 menit.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Bukit TeletubbiesKredit Gambar: Google Maps Muhammad Lutfi

Untuk menuju Bukit Teletubbies, Anda tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadi, sehingga Anda harus menyiapkan dana untuk menyewa jeep atau sepeda touring. Sewa jeep berkisar antara Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta per hari. Dengan tarif ini, Anda akan ditemani oleh pengemudi yang sudah mengetahui medan.

Untuk berjaga-jaga jika Anda tidak ketinggalan, Anda dapat memesan jeep dari hostel, homestay, atau hotel yang biasanya bekerja sama dengan komunitas Bromo. Sementara itu, jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu yang mengasyikkan, Anda bisa menyewa sepeda gunung. Harga sewa rata-rata adalah Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per hari.

Sebelum pergi ke tempat tersebut, Anda juga harus membayar tiket masuk ke area taman nasional. Harga tiket berbeda antara hari kerja dan hari libur. Untuk wisatawan lokal, harga tiket di hari biasa Rp 29.000 sedangkan di hari libur Rp 34.000 per orang. Sedangkan untuk turis asing dikenakan biaya Rp 220.000 pada hari biasa dan Rp 320.000 pada hari libur.

Hal-hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Teletubbies

Aktivitas Bukit TeletubbiesKredit gambar: Google Maps KakarotoGenx

Jika Anda berkunjung ke Gunung Teletubbies Bromo, Anda tidak akan bosan karena banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan. Kegiatan ini juga sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan. Tidak hanya bisa menyegarkan kembali semangat, menghabiskan liburan di destinasi wisata ini juga akan meninggalkan kesan yang menyenangkan.

1. Ambil gambar

Tempat yang eksotis akan sayang jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Tentu saja, Anda harus datang pada waktu yang tepat untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Bahkan karena keindahannya, tak jarang kawasan ini dijadikan tempat pre-wedding. Anda juga bisa menelusuri destinasi wisata ini untuk mendapatkan spot foto terbaik lainnya.

Jangan lupa berfoto dengan para badut teletubbies. Kehadiran badut ini tidak hanya menambah kemiripan tempat ini dengan serial televisi anak-anak sehingga menghibur Anda dengan nostalgia, tetapi juga bisa dijadikan oleh-oleh sebagai tanda jika Anda sudah pernah berkunjung ke destinasi wisata ini. Plus, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berfoto bersama mereka.

2. Berburu saat matahari terbit

Jika Anda sangat menyukai momen saat matahari terbit, maka Bukit Teletubbies sangat cocok untuk menunggu momen tersebut. Keindahan di depan Anda begitu indah sehingga Anda tidak akan menyesal harus datang ke daerah ini lebih awal. Perpaduan sinar matahari yang menyinari perbukitan pasti akan memanjakan mata Anda.

Matahari terbit juga akan memberikan keindahan yang lebih. Hamparan rerumputan dan pakis akan terlihat lebih jelas dengan latar belakang perbukitan yang berbaris. Terkadang tebing di sekitarnya akan diselimuti kabut, namun hal ini juga akan menambah keindahan pemandangan dan membuatnya lebih sejuk saat dilihat.

3. Tenang

Kegiatan menarik di Bukit TeletubbiesKredit Gambar: Instagram Bromo Romantic Breakfast

Tidak jauh dari Gunung Teletubbies Bromo terdapat padang sabana. Lokasinya cukup dekat dengan Gunung Bromo dan cukup terpencil. Anda bisa datang ke area tersebut untuk bersantai dan menyegarkan diri. Kawasan ini memang cukup luas, sehingga meski banyak pengunjung yang datang tidak akan terasa sesak. Anda masih bisa merasakan ketenangan dan kesegaran udara di sekitarnya.

4. Berkuda

Menunggang kuda adalah olahraga yang menyenangkan. Banyak juga yang memiliki hobi menunggang kuda. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa mencoba menikmati sensasi berkendara di antara perbukitan hijau yang sejuk dan asri dipandang mata. Ada persewaan kuda di kawasan yang telah disediakan bagi pengunjung yang datang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Bukit TeletubbiesKredit gambar: Google Maps Dzikrulli Ibrahim

Fasilitas yang tersedia di kawasan Bromo sebenarnya cukup lengkap. Di tempat istirahat di mana Anda perlu berganti kendaraan, tersedia tempat parkir mobil besar yang aman untuk meninggalkan kendaraan pribadi Anda, roda dua atau empat. Fasilitas disana pasti sewa mobil jeep dan motor trail untuk melanjutkan perjalanan.

Ada juga mushola, pos keamanan, dan toilet umum. Di rest area juga terdapat warung makan sehingga Anda bisa mengisi perut dan membawa bekal untuk dibawa ke Bukit Teletubbies karena tidak ada lagi warung di sekitar lokasi. Selain persewaan kendaraan berupa jeep dan sepeda touring, juga tersedia persewaan kuda.

Namun, tidak ada pohon peneduh di sekitar kawasan perbukitan ini, hanya hamparan rerumputan yang luas. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan kacamata hitam, topi, serta tabir surya untuk melindunginya dari sinar matahari. Jika udara dingin, Anda juga membutuhkan perlengkapan penghangat tubuh seperti jaket, sarung tangan, syal dan sejenisnya.

Gunung Teletubbies Bromo saat ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler dengan menampilkan hamparan perbukitan hijau. Seperti diangkut ke rumah para teletubbies yang merupakan karakter dari serial televisi anak-anak. Dengan keindahannya yang eksotis, tempat ini menjadi pilihan untuk mengambil foto yang indah dan sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button