Bukit Guungan Candidasa, Wisata Alam yang Mempesona di Karangasem - WisataHits
wisatahits

Bukit Guungan Candidasa, Wisata Alam yang Mempesona di Karangasem

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Nyuh Tebel, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Bukit Guungan Candidasa merupakan objek wisata alam yang cocok dikunjungi wisatawan untuk tujuan hunting foto selfie. Mungkin Anda sendiri masih asing dengan nama tersebut, karena belum banyak diketahui orang. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam waktu singkat akan semakin banyak dikunjungi dan ramai pengunjung.

Salah satu penyebabnya adalah ekspos media online yang saat ini tak terbendung. Wisatawan yang sebelumnya datang untuk foto-foto mempostingnya di media sosial, yang membuat wisatawan lain juga penasaran. Memang dari segi daya tarik tidak bisa diremehkan, keindahan alamnya sungguh mempesona dan nyaris mendekati kesempurnaan.

Tempat wisata yang kita bahas kali ini berlokasi di Bali, tepatnya di Karangasem. Keberadaan objek wisata ini menyimpang sekaligus Bali menarik hanya dengan pantainya. Hal yang menarik jika anda berkunjung ke tempat ini adalah anda juga bisa melihat keindahan pantainya. Karena lokasinya berada di atas bukit yang berarti Anda memandangnya dari ketinggian.

Atraksi Bukit Candidasa Gunungan

Objek Wisata Bukit Candidasa KarangasemKredit gambar: Google Maps Trio Putra

Kami akan membahas terlebih dahulu daya tarik Bukit Candidasa Guungan, sehingga diharapkan akan semakin banyak dikunjungi. Kontur alam Bali memang banyak perbukitan sebagai objek wisata. Masing-masing memiliki pesona yang membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.

1. Suasana hijau dan asri

Karena lokasinya berada di atas bukit, daya tarik pertama tentu saja suasananya yang asri dan nyaman. Hampir semua titik dipenuhi semak belukar, sebagian kecil memakan rerumputan dan ilalang serta tanaman yang tidak terlalu tinggi. Di lokasi, hamparan rerumputan hijau selalu mengiringi setiap langkah.

Sementara di beberapa tempat dihuni oleh bebatuan yang cukup besar. Batu-batu ini juga tak luput dari tumbuhan hijau yang menyejukkan mata. Tak cukup sampai di situ, bukit-bukit yang tampak jauh ke mata berwarna hijau. Pasalnya, deretan pohon tumbuh hingga hampir menutupi seluruh bebatuan di bukit tersebut.

2. Pemandangan ketinggian yang indah

Lokasinya yang berada di dataran tinggi otomatis memberikan pemandangan Bukit Guungan Candidasa yang sangat indah. Keindahan yang dimiliki belum tentu ditemukan di tempat lain. Bagaimana tidak, di depan mata terlihat jelas pantai dengan warna airnya yang kebiruan. Di tengah pantai terdapat batu besar yang terlihat seperti pulau kecil.

Menengok sedikit ke samping, Anda disuguhi pemandangan eksotis berupa kontur tanah seperti anak tangga. Tanah berundak ini tidak bertingkat karena hanya terdapat di sawah. Anak tangganya memang asli tercipta dari proses alam khas perbukitan Bali.

3. Dekat objek wisata lainnya

Pemandangan dari pantai yang terlihat jelas dari atas bukanlah laut lepas, melainkan pantai Candidasa. Daya tarik Bukit Candidasa Gunungan memang masih berhubungan dengan pantai, namun kali ini bukan keindahan pemandangannya. Karena letaknya yang dekat, Anda bisa singgah di pantai cantik ini.

Jarak ke pantai sekitar 15 menit berjalan kaki. Pastinya akan lebih cepat jika Anda mengendarai kendaraan bermotor. Hanya saja akses jalannya masih belum memikul beban, sebagian berupa tanah yang dipenuhi kerikil. Objek wisata lain yang cukup dekat adalah Lotus Lagoon.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Guungan Candidasa KarangasemKredit gambar: Twitter Mas Brooo

Alamat Bukit Candidasa Guungan berada di Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika saat ini Anda berada di pusat kota, maka jarak yang ditempuh kurang lebih 25 kilometer. Anda bisa menggunakan jalur alternatif melalui Jalan Raya Bugbug kemudian ke Jalan Dharmawangsa dan Jalan Saren Kauh.

Lanjutkan ke Jalan Bungayah Tengah, lalu belok kanan ke Jalan Candidasa. Sepanjang jalan ini Anda akan melewati Pura Sang Hyang Ambu, harap gunakan ini sebagai landmark utama Anda. Lanjutkan di jalan utama menuju pantai, lalu belok kanan menuju Lotus Lagoon. Setelah sekitar 800 meter, belok kanan di perempatan.

Dari sini silakan bertanya kepada penduduk setempat karena saat ini tidak banyak petunjuk arah. Jika Anda membawa ponsel, manfaatkan aplikasi GPS seperti Google Maps. Obyek wisata ini sudah ada di peta digital, Anda tinggal mengetikkan nama tempat atau alamat yang sudah disebutkan di atas.

Harga Tiket Masuk Bukit Candidasa

Tiket Bukit Guungan Candidasa KarangasemKredit gambar: Google Maps Kharisma Putra

Setelah menemukan tempat parkir, siapkan sejumlah uang untuk tiket masuk. Bukit Guungan Candidasa terbuka untuk umum dan resmi menjadi objek wisata, jadi tidak gratis. Harga tiketnya sendiri masih sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan, Anda bisa parkir di Pantai Candidasa atau di dekat bukit.

Sedikit informasi tambahan, akses jalan menuju bukit ini kurang bagus. Selama ini masih didominasi tanah dan kerikil. Untuk sepeda motor masih bisa sampai mendekati bukit. Berbeda dengan mobil yang bisa jadi rumit. Selain itu jalannya juga tidak terlalu lebar, jadi harus berhati-hati.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Bukit Gunungan

Kegiatan Guungan Candidasa Hill KarangasemKredit Gambar: Google Maps Bagus Megantoro

Bukit Guungan Candidasa merupakan gundukan raksasa dengan segala keindahannya. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membosankan, karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Di antara beragam aktivitas, berikut adalah aktivitas paling umum yang dilakukan turis di sana!

1. Naiki puncak bukit

Rekomendasi kegiatan menarik selama kunjungan Anda yaitu panjat tebing. Tidak perlu membayangkan pendakian yang sulit dengan medan yang berbahaya, karena terdapat jalan setapak sebagai akses utama. Ketinggiannya tidak terlalu tinggi dibandingkan pegunungan, hanya membutuhkan waktu minimal 15 menit.

Kegiatan di Bukit Candidasa ini sangat populer bagi mereka yang menyukai tantangan. Karena cukup mudah, wisatawan datang dari berbagai kalangan. Tak hanya pria, banyak wanita juga yang mampu menaikinya. Semangat cantik saat mencapai puncak juga menjadi motivasi.

2. Nikmati pesona alam yang indah

Sesampainya di puncak, aktivitas yang bisa dilakukan adalah menikmati pesona alamnya yang indah. Sayang sekali jika kecantikan yang sempurna ini hanya dipandang sebelah mata. Pantai dengan air biru jernih menjadi pemandangan utama di sini. Perbukitan hijau semakin menambah pesonanya.

Juga udara di sekitar lokasi sangat segar, kualitas oksigen sangat baik. Sangat sedikit kendaraan yang beredar di lokasi tersebut. Menikmati suasana asri di sekitar lokasi biasanya dilakukan di bawah pohon yang rindang. Memang tidak semua tempat teduh ditumbuhi deretan semak belukar, namun sebagian besar cukup sejuk.

3. Kamp

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di Bukit Guungan Candidasa adalah berkemah. Memang bukan di lokasi utama objek wisata ini, tapi sangat dekat. Ada bumi perkemahan khusus bagi yang ingin bermalam. Lokasinya selalu di atas dataran tinggi, suasananya sejuk dan sejuk.

4. Foto lokasi hunting

Bagi yang menyukai fotografi, tempat wisata ini juga cocok untuk dikunjungi. Itu karena banyaknya keindahan yang telah disebutkan sebelumnya. Setiap sudut lokasi dijamin mempercantik tampilan foto. Misalnya latar belakang pantai dan perbukitan hijau yang semakin indah saat cuaca sedang cerah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan perbukitan

Pemasangan Bukit Guungan Candidasa KarangasemKredit gambar: Google Maps Decky Novian Saputra

Selanjutnya kita akan membahas fasilitas yang ada di Bukit Candidasa, mungkin sedikit kurang menguntungkan jika berada di puncak. Fasilitas hanya ada di area lokasi tiket. Fasilitas yang dimaksud antara lain tempat parkir, toilet dan warung kecil yang menjual makanan dan minuman non alkohol.

Mengunjungi tempat wisata alam dengan keindahan sebagai daya tarik utamanya memang tidak pernah membosankan. Khasiat yang didapat pun beragam, salah satunya untuk penyembuhan menyegarkan semangat. Berdasarkan ulasan Guungan Candidasa Hill di atas, tempat ini layak untuk dikunjungi sebagai alternatif meski minim fasilitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button